Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Kuat Tapi Utang Menumpuk. Kekuatan Militer Argentina Melemah (2016)

Pada Saat Artikel ini Saya Tulis Bagi Anda Pada Tahun 2016. Tepatnya di Bulan Juli 2016.

Jumlah Total Utang Luar Negeri Argentina Apabila di Gabung dengan Utang Pemerintah Argentina Mencapai Sekitar $ 164 Miliar Dolar (atau sekitar Rp 2.181 Triliun Rupiah).

Padahal Pada Era Tahun 1980-an. Argentina memiliki Ekonomi yg Bagus dan Militer yg Keren. Ekonomi dan Militer Mereka Kuat. Hal ini di Buktikan Pada Perang FALKLAND. Antara Argentina vs Inggris dalam merebut Pulau Falkland.  

Pada Tahun 1982. Argentina mengirimkan Pesawat Tempur untuk Membombardir Kapal-Kapal Perang Inggris yg berada di Zona Pulau Falkland.

Inggris Takjub dengan Kekuatan Udara Argentina Pada Masa itu. Pesawat Argentina berhasil menghancurkan 75% Kapal Inggris.

Tentunya Inggris Tak Tinggal Diam melihat nasib kapal perangnya Hancur.

Inggris Kemudian membalas dendam dengan menyerang balik Kekuatan Udara Argentina dengan menggunakan Pesawat Harriers Andalan Kerajaan Inggris. Akhirnya 134 Pesawat Tempur Argentina Terbakar dan Hancur.

Tanggal 14 Juni 1982. Argentina Melambaikan Bendera Putih di Bawah Teriakan Gaungan Mesin Menderu Pesawat Harriers di Angkasa.  

INGIN MENJADI KUAT TETAPI UTANG MENUMPUK
Foto : Tentara Armada Argentina

Argentina Pada Masa Lalu, Memang Pernah Memiliki Kekuatan Militer yg Membuat Decak Kagum Banyak Orang Ketika Berani Menghadapi Angkatan Bersenjataan Kerajaan Inggris. Dulu, Armada Argentina Terkuat di Amerika Latin Pada Masanya.

Setelah Perang Inggris VS Argentina berakhir.

Pemerintahan Argentina Berniat untuk Mengembalikan Masa-Masa Jaya Seperti Dulu Lagi. Banyak Rencana Masa Depan dan Prototipe Persenjataan Made in Argentina di Gelar untuk Kembali menunjjukkan Taringnya.  

Hal ini Terbukti Dengan Berhasil Menciptakan Produk Persenjataan Sendiri dari Industri Perusahaan Dalam Negeri Karya Anak Bangsa.

Seperti Berhasil Menciptakan Pesawat Drone Lipan M3, Radar RASIT, Kendaraan VCTP, Patagon, Mampu Membuat Tank TAM (Tanque Argentino Mediano), Berbagai Macam Artileri dan Berhasil Meluncurkan Peluncur Rudal Anti-Tank.

Peluncur Roket, Granat Tangan, Bom Ranjau, Kapal Perang Korvet MEKO 140A16, Pesawat Tempur PUCARA, PAMPA dan Masih Banyak Lagi yg Sukses di Ciptakan.  

Senjata Impian Masa Depan Made in Argentina ini Berhasil Masuk Dinas di Layanan Angkatan Bersenjata Argentina. Tetapi Banyak juga Prototipe Senjata yg Gagal Karena udah ngga ada Uang Lagi dalam Proses Pembuatannya.



Sekarang Pemerintahan Argentina Menghadapi Masalah utang Menumpuk Seperti Gunung yg Sulit Terbayarkan Hingga Beberapa Keturunan.

KEKUATAN MILITER ARGENTINA 2016
Memiliki Rencana untuk Kembali Menjadi yg Terkuat di Amerika Latin. Mungkin Impian ini Masih Jauh Saat ini Karena masalah Finansial Utang.

Banyak Tentara Argentina yg kini ngga Bisa di Lengkapi Rompi Peluru. Senjata yg di Gunakan juga Masih Banyak Era Tua Peluru yg digunakan Bahkan Tertulis Label di Buat Tahun 50-an.

Angkatan Laut Argentina (Armada Argentina) Pada Tahun 2016. Hanya Mampu Memiliki 41 Kapal Perang saja. Andalannya yaitu :

3 Kapal Selam Kelas Santa Cruz dan Salta

4 Kapal Perang Penghancur (Destroyers) Kelas Almirante

9 Kapal Perang Corvettes Kelas Espora

Sisanya adalah Kapal Pendukung. Seperti Kapal Pengangkut Tentara, Kapal Pembawa Logistik, Pembawa Bahan Bakar, dan Kapal Bengkel Laut.

Jika Kita Lihat Spesifikasinya. Angkatan Laut Argentina masih cukup kuat. hanya saja kendalanya jumlah yg digunakan sedikit mengingat luas lautan Argentina mencapai Jutaan Kilometer.


Sedangkan Angkatan Udara Argentina. Pada Tahun 2016. Mengoperasikan 250 Pesawat tempur. Kabar buruknya kebanyakan model era tua juga yg seharusnya sudah pensiun tetapi masih di pakai.

Untuk Model Pesawat Tempur yg Tercanggih adalah :

5 UNIT : DRONE LIPAN M3

10 UNIT : DASSAULT MIRAGE 5

110 UNIT : FMA IA 58 PUCARA

75 UNIT : A-4B/C SKYHAWK

Mirage adalah yg Tercanggih di Lini Tentara Argentina. Sedangkan FMA IA 58 PUCARA yg dibuat oleh Industri Dalam Negeri walaupun masih banyak keterbatasan dalam Kecepatan dan daya Terbang Tetapi cukup ampuh untuk serangan darat.

Sisanya yg Lain Merupakan Model Pesawat Latih, Helikopter dan Pesawat Transportasi. Ada Harapan dari Pemerintah Argentina untuk menjalani maintenance pada Pesawat A-4B/C SKYHAWK agar masa tugasnya bisa lebih lama.

ANGKATAN DARAT ARGENTINA
Pada Tahun 2016. Argentina menghadapi masalah dalam negeri dengan Para Geng Preman Kriminal Seperti NARKOBA dan Penyeludupan Senjata Ilegal Geng-Geng Obat-Obat Terlarang.

Kabar Baiknya, untuk Angkatan Darat Argentina cukup baik. Sejauh ini Argentina mampu memproduksi VCTP dan Tank TAM Versi Buatan Argentina yg dibantu oleh Perusahaan Israel Elbit System dalam Kelola upgrate Kecanggihan Teknologi.

Argentina juga membeli Kendaraan Lapis Baja ZBL08 dari Buatan China.


Jika di Total Keseluruhan untuk Angkatan Darat Armada Argentina. Mengoperasikan Sekitar 412 Tank, 828 Kendaraan Lapis Baja, 332 Artileri, 32 Kendaraan Peluncur Roket dan Sekitar 75.000 Personil Tentara Aktif Bertugas.

Artikel Lainnya :

MASA DEPAN ARGENTINA
Pemerintahan Argentina Saat ini Lebih Fokus untuk Kebutuhan Ekonomi di Bidang Pangan Makanan dan Listrik.

Di Harapkan Semoga Keadaan ini Bisa Berbalik, Utang Bisa Lunas dan Militer Bisa Kembali Kuat Seperti Era Sebelum Tahun 1980 yg Merupakan Raksasa Militer di Amerika Latin Pada Masa itu.

Youtube Trailer

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU