Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Robot Kendaraan Militer Otonom Israel Guardium Pensiun dihentikan (2016)

GUARDIUM adalah Robot Kendaraan Tak Berawak Otonom. Spesialis Penjaga Tembok Perbatasan Israel Berbasis Darat yg Telah Bertugas Sejak 2008.

Israel melalui Perusahaan yg membentuk GUARDIUM. Yaitu G-NIUS dikembangkan dari Patungan antara Israel Aerospace Industries (IAI) dan Elbit Systems. Mengklaim Jika Robot GUARDIUM ini akan di Hentikan dan Harus Berakhir.

Keputusan Pengakhiran ini Telah di Koordinasi dengan Kementerian Pertahanan Israel. Sehingga GUARDIUM Tak akan Lagi di Gunakan untuk Masa Masa yg akan Datang.

Selama ini, GUARDIUM Telah Lama dalam Pelayanan Dinas Bertugas di Gugus Patroli dan mendukung dalam peran Keamanan Perbatasan Israel.

Tetapi Masalah Muncul dalam Hal Biaya Keuangan, Penelitian, dan Pengembangan. Lebih dari $ 66 Juta Dolar (atau Sekitar Rp 877 Miliar) Telah Habis Karena GUARDIUM hanya di Bidang Penelitian saja.

Masalah Lain yg Muncul adalah 10 Tahun Tak ada Pembeli Internasional yg membeli Guardium. Sehingga Operasional Robot ini dinyatakan di Tutup oleh Kementerian Israel.   


TENTANG ROBOT GUARDIUM
GUARDIUM Di Gunakan Sebagai Robot Penjaga Perbatasan dan Pencegah Seseorang dari Pihak Asing yg ingin Menembus Wilayah Darat Israel.

Ia di Kendalikan dalam 2 Cara. Yaitu :

1]. TELE OPERATED MODE
Yaitu dioperasikan Melalui Jarak Jauh Via Jaringan Koneksi Nirkabel melalui Transmisi datalink. Tentara Berada Berkilo-kilometer jauhnya mengendalikan Robot ini dan Mengarahkannya di Server Stasiun Perintah (GCS) melalui Layar Komputer.

2]. OTONOM
Robot Guardium Bergerak Secara Sendiri, Mandiri, Tanpa di Perintahkan atau Tanpa di Kontrol oleh Tentara Manusia Lagi.

Ia Bergerak Berdasarkan Keputusan Otak Komputer Kecerdasan buatan (AI) Artificial Intelligence otonomnya sendiri.

Walaupun Berbentuk “Otonom”. Tetapi Robot ini Belum Sepenuhnya Cerdas. Karena sebenarnya Guardium hanya bergerak berdasarkan Perintah Algoritma, Sensor dan Rute Perjalanan Patroli yg Telah di Tetapkan.


Guardium dapat membedakan Tentara IDF dan dapat mendeteksi Orang Asing yg Melewati Batas Rute Patrolinya. Apabila ada Sesuatu hal yg Tak Wajar. GUARDIUM dapat Menghubungi Tentara Manusia Israel melalui Telepon untuk Tindak Lanjut.

Guardium juga dilengkapi dengan Mikrofon dan Speaker. Kecerdasan buatan yg ia miliki dapat memberikan Peringatan kepada orang lain atau melakukan Percakapan seperti seolah-olah yg berbicara adalah manusia. Padahal Robot. 


PENGGANTI GUARDIUM
Robot GUARDIUM di Nyatakan untuk di Hentikan oleh Pemerintah Israel. 

Tetapi Berdasarkan Perjanjian. Ilmu Pengetahuan yg berasal dari G-NIUS GUARDIUM. Boleh digunakan untuk Bidang Robotika dengan Kegiatan Lainnya yg Independen. 

Pada Saat ini, Perusahaan Israel Aerospace Industries (IAI) (100% Saham di Miliki Pemerintah Israel). IAI Telah Mengembangkan 3 Varian Produk Kendaraan Otonom Tak Berawak. Yaitu : TAXIBOT. Di Gunakan untuk membantu membawakan Pesawat Terbang ke Tempat Tujuan. Taxibot digunakan untuk Keperluaan Pelanggan Sipil Internasional.

Untuk Kendaraan Otonom Militer.  Ada REX FIELD PORTER dan ROBATTLE.

Foto : Robattle
Sedangkan Perusahaan Elbit System (50% Saham Swasta dan 50% Saham di miliki Pemerintah Israel). Juga Telah Mengembangkan Varian Robot dengan menggunakan Mobil Truck Pick Up Biasa. Yang Dapat di Modifikasi. Contohnya Seperti Ford F-350.

Atau di Sebut Juga Board Protector Unmanned Ground Vehicles.


mobil+canggih+israel.jpg (512×332)
Foto : Ilustrasi Mobil Ford Modifikasi dari GNIUS
******** 
Artikel Lainnya :

Saat Artikel ini Saya Tulis Bagi Anda Pada Tahun 2016. Robot-Robot Pengganti Berbasis Darat ini Baru di Produksi 1 Unit

Youtube Trailer : Robot Guardium Israel

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU