Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknologi Mesin Mesin Perang dari Israel (2016)

Mesin Merupakan Sebuah Alat Terpenting dan Utama dalam Komponen Alustista Militer. Tanpa Mesin ngga mungkin Pesawat tempur, Pesawat Drone, Kapal Perang, Tank dan Helikopter dapat bergerak lincah.

Untuk Membuat Sebuah Mesin Mumpuni Bukanlah Perkara Mudah, Begitu Sulit dan Sangat Kompleks.

Pada Tanggal 14 Mei 1948. Saat Berdirinya Israel dengan Mencaplok wilayah Palestina. Israel diserang oleh berbagai Negara di Timur Tengah. Israel membeli berbagai Persenjataan untuk dipakai sebagai alat Perang.

Atas Kejahatan Perang yg di Lakukan oleh Israel. Eropa kemudian melakukan Embargo Persenjataan.

Kesal dengan hal ini. Israel berinisiatif menciptakan mesin-mesin perang buatan sendiri.

Karena kala itu ngga punya apa-apa dan memiliki waktu yg sangat sempit di saat Peperangan awal-awal berdirinya Israel.

Israel akhirnya mempelajari dan mencuri mesin Eropa untuk di Tiru. Disisi lain, Israel juga menangkap mesin-mesin perang buatan Rusia hasil rampasan dari dunia Arab. mempelajari mesin Rusia tersebut dan menirunya.

Ada juga Mesin dari Amerika Serikat yg dikirim ke Israel atas Bantuan Amerika Serikat untuk menghadapi Perang Koalisi Arab. Israel juga menyelidiki mesin AS ini mempelajari Kelemahan dan Keunggulannya.

Mesin dari Eropa, Rusia dan Amerika Serikat di Pelajari oleh Ilmuwan Israel dengan waktu yg sangat cepat. Akhirnya, Jadilah Mesin Perang ala Israel yg Sebenarnya adalah Keunggulan dari 3 Raksasa Dunia. Yaitu : EROPA, AMERIKA SERIKAT dan RUSIA.

KEADAAN INDUSTRI MESIN PERANG ISRAEL 2017 

Foto : Mesin Jet Tempur Buatan Israel

Di Israel saat ini. Berdiri Lebih dari 100 Perusahaan Teknologi Militer. Tak hanya mengacu pada Pembuatan Alustista Konvensional Seperti Mesin saja ya, Tetapi juga dalam Berbagai Bidang Software, Homeland, ISR dan Cyber Security.

Sumber Pertahanan Israel mengatakan ada 4 Perusahaan Teknologi Terbesar di Israel. Yaitu :

1]. Elbit System

2]. Israel Aerospace Industries

3]. Rafael

4]. Israel Military Industries

Foto : MRO di IAI Israel Aerospace Industries

Ke 4 Perusahaan ini Merupakan Milik BUMN Pemerintahan Israel. Kecuali Elbit System yg 50% Sahamnya di Kuasai oleh Swasta. Tapi Pemerintah Tetap memegang Kendali Terbesar untuk Elbit System.

Sisanya adalah Industri Senjata Skala Kecil-Kecil milik Swasta dalam Negeri yg di Bawah Pengawasan Pemerintahan Israel. Mereka Termasuk dalam Bidang Industri Mesin.  

Dalam Bidang Mesin ada 3 yg Ahli.

Yaitu Carmel Forge, Blades Technology dan Beit Shemesh Machine.

1]. CARMEL FORGE
CARMEL FORGE adalah Pembuat Baja Titanium, Suku Cadang TurboFan, Mesin Turbo Shaft, Auxiliar Power Units untuk Mesin Pesawat atau Tank, Mesin Turbo Chargers, Cases, Disks, Compressor, dan Rotating Parts.

CARMEL FORGE Telah Berdiri Sejak 50 Tahun yg Lalu. Kini Perusahaan Teknologi Mesin ini Telah di Caplok oleh Perusahaan Amerika Serikat United Technology Corporation atau disebut juga sebagai UTC.

2]. BET SHEMESH ENGINES

BSEL adalah Perusahaan Mesin Jet MRO, Casting, Machining dan Perakitan Turbin untuk Pesawat Tempur, Pesawat Sipil, Pesawat Drone dan Helikopter. Memiliki Motto : We Make Things Fly Better.

Perusahaan ini saat ini di miliki oleh FIMI. Sejenis orang-orang yg ahli di bidang Investor Investasi Keuangan di Israel yg gemar mencaplok Perusahaan lain hanya melalui Saham Kepemilikan.

3]. BLADES TECHNOLOGY
Didirikan Pada Tahun 1968 Saat Perang Enam Hari. Blades Technology adalah Perusahaan Pembuat Mesin Utama Pada Semua Jenis Pesawat Sipil dan Pesawat Tempur, Termasuk Helikopter untuk Bagian Fan Blades, Stator Vanes, Cluster Vanes dan Lowpressure Turbine. 

Blades Technology Telah di Gunakan Hampir di Banyak Penerbangan Dunia.

Perusahaan Seperti Rolls Royce Inggris, Samsung Korea, General Electric Amerika, Boeing Amerika, Mitsubshi Jepang, dll Telah menggunakan Produk dari Blades Technology hingga saat ini.

Pada Tahun 2014. BLADES TECHNOLOGY Telah di Akuisisi oleh Perusahaan asal Amerika Serikat UNITED TECHNOLOGIES CORPORATION.

Berdasarkan Perjanjiaan. BLADES TECHNOLOGY walau telah di Caplok oleh UTC. Pabriknya Tetap akan beroperasi di Israel.

Jika ada Permintaan Layanan Pembuatan Mesin. 35-40% Bagian Mesin akan di buat di Israel kemudian jika telah selesai akan dikirim via Transportasi Udara ke Amerika Serikat untuk di Gabungkan atau di Install dengan Memasok Komponen Bagian Mesin-Mesin Lainnya dari Pabrik AS.


Selama 10 Tahun dalam Bidang Penjualan Mesin-Mesin Militer. Israel Meraup untung Hingga $ 11 Miliar atau sekitar Rp 146 Triliun. Belum Termasuk Nilai Akuisisi. 

Salah Satu Pesawat Tempur yg Menggunakan Mesin Bagian dari Blades Technology adalah F-22 RAPTOR dan F-35 LIGHTINING.

Artikel Lainnya :

Youtube Trailer Blades Technology

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat. GBU