Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Hutan bagi kesuksesan Ekonomi, Pertanian, Peternakan dan Perikanan (2016)

Ada Banyak Blog/Web yg Membahas Tentang Manfaat Hutan. Tetapi Pembahasannya Kebanyakan secara umum.

Hari ini, Saya Rindu Berbagi Artikel Kepada Anda Tentang Manfaat Hutan untuk Kesuksesan Ekonomi, Pertanian, Peternakan dan Perikanan Air Tawar. Ada Sebuah Rahasia Informasi Bernilai Miliaran Dolar yg Tersimpan dalam Hutan yg Tak di Ketahui oleh Banyak Orang.

Menurut Siti Nurbahaya. Menteri LHK (Lingkungan Hidup & Kehutanan). Mengatakan Jika di Indonesia. Telah di Anugerahi Kekayaan yg Luar Biasa. Hutan Seluas 120.000.000 Juta Hektar.


Sayangnya, Penebangan Illegal logging, Pertambangan, Pembakaran, dan Perusakan Hutan Terus Terjadi di Lakukan oleh beberapa Rakyat Indonesia.

Jika kita membaca Artikel ini. Saya Percaya, Pasti akan ada Rakyat Indonesia yg Tersentuh hatinya untuk ngga Lagi melakukan Penebangan Liar.

Di Bawah ini adalah Artikel Manfaat Hutan untuk Kesuksesan Ekonomi, Pertanian, Peternakan dan Perikanan.

HUTAN SEBAGAI PENGHASIL AIR TAWAR
Bukankah Hutan menghasilkan Kayu untuk di olah sebagai Furniture dan Juga Menghasilkan Bahan Makanan berupa Buah-Buah dan Dedaunan. Ngga hanya itu aja ya. Sebenarnya Hutan adalah penghasil Air Tawar Terbesar di dunia. Selain air Hujan.

Pada Malam Hari. Hutan akan menghasilkan embun-embun uap air. Suhu menjadi Dingin. Mengikat Embun dari Udara dan Akhirnya Terjadilah apa yg disebut Titik-Titik Air Pada Tiap-Tiap Helai Dedaunan. Ini Terus Terjadi Setiap Hari.


Titik Titik Air akan Jatuh ke Tanah dan menghasilkan Aliran Air. Hutan adalah Penghasil Air + Oksigen yg Rahasia ini Tak Banyak di Ketahui oleh Orang.

Di Bumi, Jumlah Air Sangat Berlimpah di Dunia. Tetapi 97,5% adalah Air Asin Laut. Air Asin Beracun Bagi Manusia dan Makhluk Hidup di Darat. Hanya beberapa Binatang, Tanaman dan Ikan Laut yg Kebal Terhadap Air Asin.

Bagi Manusia, Air Asin Sangat Mematikan apabila di minum Terus Menerus ya. Manusia hanya mengkonsumsi Air Tawar yg berasal dari Air Hujan, Sungai, Waduk, dan Danau.

Sayangnya, Hujan hanya datang Pada Musimnya saja. Apabila memasuki Musim Kemarau. Terjadilah Kekeringan Sesembari Menunggu Musim Hujan Berikutnya.

Masa ini disebut PACEKLIK.

Foto : Saat Kemarau Waduk ini Kering Karena Hutan Banyak di Tebang
Paceklik dimana ngga ada Air di Sungai,  ngga ada Air di Waduk, dan Danau menjadi Kering Kerontang.


Jika Air Tawar ngga ada. Maka Petani Kesulitan menanam Padi, Petani Kesulitan menanam Tanamannya akibat Kekeringan Air.

Foto : Petani ini mengeluh ngga ada lagi air di sungai ini
Jika ngga ada Tanaman yg ditanam. Maka Praktis. Peternak jadi Stress.

Karena Pakan Makanan untuk Ikan, Sapi, Kambing, Ayam, Domba, dll Sedang Kosong Karena Kemarau. Maka Praktis Pemilik Ternak akan Bangkrut atau Kolaps.

Foto : Kekeringan
Kalau udah seperti ini ya. Maka Harga Beras, Daging, Ikan, Tanaman, Buah-Buahan di Suatu Negara Bakalan Melambung Tinggi 

Harga Melambung Tinggi, menyebabkan INFLASI.

INFLASI dapat menyebabkan sebuah Negara akan Kolaps atau Terjebak dengan Utang yg Menggunung atau Rakyat Menderita Kelaparan (Gizi Buruk/Malnutrisi). 

Inflasi juga menyebabkan Kemiskinan sehingga banyak orang yg ngga sanggup membeli makanan. Akibatnya mereka hanya makan nasi tanpa daging dan tanpa sayuran.

Ngga Banyak Orang Sadar Jika Penyebab Inflasi. Salah Satunya Karena Pengrusakan Hutan.

KOK BISA HUTAN MENJADI PENYEBAB INFLASI
Peternakan dan Perikanan ngga bakalan Sukses Tanpa Pertanian dan Perkebunan yang Sukses.

Pertanian dan Perkebunan-lah yg menghasilkan buah-buah dan Pakan untuk Ternak Hewan.

Tetapi Pertanian dan Perkebunan ngga bisa sukses Tanpa Air Tawar. Jika Air Tawar ngga ada. Maka Mustahil Tanaman Petani dapat hidup dengan Subur.

Tetapi darimanakah Air Tawar Berasal….?



Air Tawar Berasal dari Hujan Pada Saat Musim Hujan.

Di Saat Musim kemarau. Air Tawar di Dapat dari Aliran Sungai-Sungai yg Berasal dari Resapan Hutan dan Embun-Embun Daun.

Hutan hanya dapat Tumbuh apabila manusia merawatnya dengan Baik.

Hutan juga membutuhkan Pupuk dari Hasil Kotoran Peternakan dan Kotoran Perikanan

Hutan juga mampu mengikat CO2 (Karbondioksida) Efek Pemanasan Rumah Kaca diubah menjadi Kayu. Sehingga Lingkungan jadi Sejuk dan Bumi akan berlimpah Air Tawar.

Jika Air Tawar berlimpah, Maka Semua Kehidupan akan Mengikuti…,

Hutan Selain dapat Menghasilkan Air Tawar. Hutan juga dapat menjadi Sumber Energi Biomassa untuk menggerakan Peralatan Listrik dan Elektronik. 

Artikel Lainnya :


HUTAN adalah Sumber Kehidupan bagi kita semua.

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU