Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cloud Shadow : Pesawat Drone Siluman Canggih Terbaru China (2016)

Pemerintahan China Melalui Perusahaan Plat Merah BUMN Aviation Industry Corporation of China AVIC akhirnya resmi memperkenalkan untuk Pertama kalinya Kepada Publik di Ajang Airshow di Zhuhai 2016

Pesawat Tempur Robot Drone Tersebut di Juluki CLOUD SHADOW. dengan kemampuan Anti Stealthy (Siluman atau Sulit Terdeteksi oleh Radar Biasa).

Catatan Persaingan dengan Amerika Serikat
Selama beberapa Tahun Jauh ke Belakang, China Terus Secara gesit Bersaing habis habisan melawan, membangun, dan mempertahankan dirinya dalam menghadapi Persaingan Pasar dengan Negara Amerika Serikat.

Berbagai Produk Mulai dari Makanan, Mainan, Smartphone, Internet, Elektronik, Komputer, Startup, Bahkan Hingga Persenjataan Seperti Rudal, Pesawat tempur, Pesawat Komersial Sipil, bahkan hingga ke lini Produksi Pesawat Drone.

China Berniat tinggi untuk mengalahkan Dominasi Pasar Amerika Serikat Tersebut dengan menawarkan kepada Pelanggan Negara Lain dengan Desain Teknologi Made by China yg berbeda dan Tentu saja dengan Harga yg Lebih Murah.

Pada Tahun 2009. Pemerintahan Amerika Serikat memperkenalkan Desain Pesawat Drone Siluman PREDATOR C AVENGER.

Foto : PREDATOR C AVENGER

Dgadang-gadang untuk menggantikan Pesawat Robot Drone PREDATOR B REAPER.

Predator C Avenger yg dibuat oleh General Atomoic Amerika Telah ada di dunia ini ya.

Sejak 2009 – 2016. AVENGER Telah Terbang Mengumpulkan 13.000 Jam Test Penerbangan Operasional Pengujian dan Uji Coba. Rencananya siap di Perkenalkan ke Publik dan bertugas Dinas Mulai Tahun 2018 nanti.

AVENGER memiliki Arti sebagai : DRONE PEMBALASAN.

Foto : Predator C Avenger


Dulu Jika Banyak Drone yg di Tembak Jatuh oleh Pesawat Tempur, AVENGER akan menjadi Pembalasanya. Giliran AVENGER yg akan mengejar pesawat tempur, menembak dan menjatuhkannya.

Ngga Mau Kalah,

Tanpa Perlu menunggu Lama-Lama ya…

Foto : Cloud Shadow
Pemerintah China menyalip AS lebih dulu dengan memperkenalkan CLOUD SHADOW. Dan mengklaim Drone Siluman Made By China ini Telah Siap Bertugas dan Siap untuk di Jual ke Pasar Ekspor.

Kemampuan Siluman CLOUD SHADOW
CLOUD SHADOW memiliki Fitur Siluman membuat dirinya menjadi Pesawat Drone Modern Pertama China yg Sulit Terdeteksi oleh Radar Biasa dan berkecepatan tinggi.

Cloud Shadow ngga lagi mengadopsi baling-baling konvensional seperti layaknya drone tempur biasa. Ia Telah mengadopsi Mesin Powered Turbojet Engine Berjenis WP11C. Yg di Kembangkan oleh Beijing University of Aeronautics and Astronautics.

Sehingga Daya Dorong Kecepatannya nyaris hampir setara seperti Kecepatan Pesawat Tempur Latih.

Cloud Shadow memiliki 2 Fungsi
Pesawat Drone Cloud Shadow ngga di Lengkapi dengan “Internal Bay”. Sehingga Kemampuan dibeda menjadi 2 Fungsi akibat dari Perbedaan Daya muat Tersebut.

Cloud Shadow Terdiri dari Versi Pengintai Tanpa membawa Senjata melainkan membawa Peralatan Radar, Sistem Foto, Kamera, Komunikasi, Sensor Elektro Optik Inframerah (EO/IR), Sensor Turret For Target Designation and Post Strike Battle Damage Assessment, Sensor Synthetic Aperture Radar, dan alat-alat ISR lainnya untuk Pengumpulan Intelijen.


Sedangkan Versi Cloud Shadow yg Kedua adalah Sebagai Pembawa Berbagai Macam Rudal Jelajah YJ-9E Bom, Rudal  FT-7 dan Rudal Anti-Tank.

Batas Kemampuan Cloud Shadow :
Cloud Shadow akibat menggunakan Fitur Siluman. Membuat Kemampuan Jelajah Terbatas Hanya Sejauh 290 Km dari Pusat datalink, Line of Sight konektivitas komunikasi & GCS. Pengaruh jangkauan MTCR (Missile Technology Control Regime) juga ikut adil dalam membatasi jarak gerak jangkauannya.

Spesifikasi :

Kru : 0

Kecepatan : 620 Km / Jam

Ketinggian Terbang : 14 Km

Jarak Jangkau : 290 Km

Ketahanan Terbang : 6 Jam

Daya Angkut : 400 Kg

Panjang : 9 meter

Tinggi : 3,6 meter

Bentangan Sayap : 17,8 meter

Tipe : Drone Siluman

Buatan : China

Perusahaan : AVIC 

Artikel Lainnya :

Youtube : CLOUD SHADOW

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat. GBU