Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

India Beli Pesawat Radar & Drone Israel Total Seharga Rp 18 Triliun (2016)

Pada Tahun 2016. Pemerintah India Melakukan Kesepakatan Akuisisi Dengan Bangsa Yahudi Israel. Dengan Menyetujui Pembeliaan Pesawat Tempur Radar & Pesawat Robot Drone Berjenis Heron TP EITAN.

Sebenarnya, Negara Pemerintah India Tempat Kelahiran Abang aktor Artis Shahrukh khan dan Amitabh Bachchan ini merupakan pelanggan setia Persenjataan dari Israel. Pesawat Drone dari Israel Telah Pernah di Beli India dari Israel Sebelumnya Sebanyak 176 Unit, Tapi Sudah Versi Lawas.

Kini Bangsa Bollywood membeli lagi model Pesawat Drone yg memiliki spek lebih tinggi dari Model HERON TP. Perencanaan Pengiriman Serah Terima dari Israel ke India Berkisar Pada Tahun 2018-2019.

SPESIFIKASI PESAWAT DRONE HERON TP ISRAEL 

Heron TP adalah Pesawat Robot Tak Berawak dari Perusahaan Manufaktur Teknologi Militer BUMN Plat Merah. 100% Saham milik Pemerintah Israel IAI.

Ilmu Pengetahuan & Teknologi yg ada di Pesawat ini juga di Gunakan oleh Amerika Serikat dengan nama yg berbeda (ORION). Heron TP menggunakan Pratt & Whitney PT6A yg Sebenarnya milik Israel Tetapi dijual kepada Perusahaan Mesin Amerika Serikat.  

HERON TP Mampu membawa Payload 2.000 Kg, Panjang 12 Meter, Lebar Sayap 26 Meter, Kecepatan Terbang Berkisar hingga 370 km/Jam dan mampu Menempuh Jarak Terbang hingga 7.400 Km Selama 70 Jam Nonstop Tanpa Isi Bahan Bakar.


India Sebenarnya Telah Berminat Membeli Drone ini Sejak Tahun 2012. Tapi Baru Tahun 2015 Telah Memulai dan 2016 Telah di Sahkan. Sebanyak 10 Unit Robot Drone HERON TP dibeli oleh Pemerintah India Seharga $ 400.000.000 atau Sekitar Rp 5,4 Triliun. (Kurs Rp 13.500).

Drone Heron TP. Nanti di Operasikan oleh IAF Angkatan Udara India. Drone ini akan digunakan untuk Tugas Misi Intelijen, Pengawasan, Pengintaian, Termasuk di Persenjatai Rudal Udara ke Darat dan Rudal Taktis Ringan.

Heron TP memiliki Komunikasi & Intelijen Sistem, Pencari Deteksi, Sinyal Parameter, Klasifikasi Emitor, Kemampuan Geo-Lokasi, Pengawasan Elektronik, Deteksti Otomatis dan Identifikasi Target.

(Mantan) Pejabat India Pradeep Vasant Naik :


Mengatakan : Drone ini di Kerahkan ke dalam Kontra Pemberontakan / Terorisme yg berada di Luar Wilayah India. Hal ini sangat baik. Alih Alih mengirimkan Pilot Manusia ke daerah yg berisiko tinggi. Yang Terbaik adalah menggunakan Drone Bersenjata. Sahutnya.

*****

NB : Sebagai Informasi Tambahan ya. Di Israel. Sebenarnya HERON TP yg dibeli oleh India Termasuk Baru Bagi India, Tapi di Israel Termasuk Model Drone Lawas. Pada Tahun 2016. Model yg Lebih Baru disebut SUPER HERON.  

Youtube : Drone Heron TP Israel

MEMBELI PESAWAT RADAR PERINGATAN DINI AWACS ISRAEL  
Ngga Hanya Drone. India juga membeli Pesawat Radar Phalcon W-2090 AEW/C System.



Total Pembelian Sebanyak 2 Unit dari Israel. Tujuan Pembelian untuk mendeteksi Keberadaan Terorist / Pemberontak yg Bersembunyi di Hutan.

Pembelian ini di Laksanakan Pada Tanggal 16 November 2016. Di Hadapan Menteri Pertahanan India G Mohan Kumar.



Pejabat Tersebut mengatakan :

Pesawat AWACS PHALCON memiliki Kemampuan yang Luar Biasa. Kami Sebelumnya Telah memiliki Pengalaman yg sangat baik Terhadap Pesawat ini.


Selama 5 Tahun, India mengidamkan mimpi untuk memiliki pesawat ini. Baru sekarang dapat terealisasikan.

Total Pembelian Keseluruhan 12 Pesawat Militer dari Israel Tersebut Berkisar $ 1,4 Miliar atau Sekitar Rp 18 Triliun Rupiah (Kurs Rp 13.500). 

Artikel Lainnya :

Youtube : AWACS PHACLON ISRAEL

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU