Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Turki Beli 52 Pesawat Latih Super Mushshak Pakistan Total Seharga Rp 670 Miliar (2016)

Kabar Gembira datang dari Negara Pakistan. Perusahaan Pakistan Aeronautical Complex (PAC) (Saham 100% di Pegang oleh BUMN Plat Merah Pemerintah Pakistan). Telah Menyetujui Kerjasama dengan Penandatangan Kepada Negara Turki.

Angkatan Udara Turki (TAF) dan Pemerintahan Turki yang di Pimpin oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan. Diketahui pengen melakukan Upgrade Alih Teknologi untuk Pesawat Latih Militer Yaitu Dari Leonardo Light Buatan Italia yg sudah Tua dan Usang.

Untuk di Gantikan dengan Pesawat Latih Baru : SUPER MUSHSHAK Buatan Pakistan.


TOTAL HARGA PEMBELIAAN PESAWAT LATIH SUPER MUSHSHAK
Untuk Saat ini, Turki masih belum memiliki Perusahaan Pembuatan Pesawat Latih.

Nah, Sedangkan Pemerintah Pakistan Termasuk Salah Satu Negara Pemimpin dalam Pembuatan Pesawat Terbang Militer. Bersaing dengan Negara Tetanggannya India yg juga memiliki PESAWAT TEMPUR TEJAS.

Pakistan Sanggup dan Handal dalam Memproduksi Pesawat Tempur Kelas Dunia Sejak Tahun 1990. Kita Sebut Saja ya KARAKORUM-8. Merupakan "Jet Pertama" yg Berhasil dibangun oleh Pakistan.


KARAKORUM-8 Telah di Produksi hingga 500 Unit dan Terjual Laris ke Berbagai Negara Meliputi Bangladesh, Mesir dan Myanmar.

Kemudian ada JF-17 THUNDER. Sebuah Pesawat Tempur Berkecepatan 1.600 Km/Jam yg Telah di Produksi hingga 100 Unit.

Foto : Jet Thunder

Dan yg Terakhir adalah SUPER MUSHSHAK yg Telah di Produksi Sebanyak 200 Unit Sebagai Pesawat Tempur Latih ini juga Telah Terjual ke Negara Oman, Arab Saudi, Iran, Suriah, Qatar, Irak, Africa Selatan, Nigeria, dan saat ini Turki ikut dalam Tender Pembeliaan.

Foto : SUper Mushshak
Turki membeli sebanyak 52 unit. Dengan Harga Mahar Sebesar $ 50.000.000 (atau Sekitar Rp 670 Miliar Rupiah) Kurs Rp 13.500.

[NB : Yang Menjual adalah 100% Perusahaan Plat Merah BUMN Pakistan]

PEMBANGUNAN & SERAH TERIMA TAHUN 2018
Pejabat Pemerintah Pakistan berjanji sesuai Kesepakatan di Bidang Pertahanan. Pesawat Super Mushshak akan di Bangun dan di Jadwalkan dalam 3 Periode Pengiriman Produksi. 

Yaitu Pada Tahun 2017, Tahun 2018, dan yg Terakhir Tahun 2019.

KEMAMPUAN SUPER MUSHSHAK
Super Mushshak memiliki Fitur Mesin Baru dan Sistem Kontrol Penerbangan Baru. Ia juga di Lengkapi 6 Cantelan di Bawah Sisi Sayap. Pesawat dapat di Persenjatai dengan Roket Latihan dan Rudal Latihan.

Tersedia 3 Tempat Duduk untuk Siswa dan Instruktur Pelatih.

Super Mushshak mampu Terbang dengan Kecepatan 365 Km/Jam Selama 5 Jam 10 Menit Sejauh 814 Kilometer.

KOMPONEN LAIN :
Super Mushshak walaupun dimiliki oleh Pemerintah Pakistan. Namun Beberapa Komponen Bagian-Bagian Lain meliputi Mesin masih Berasal dari Luar Negeri.

Ada 2 Negara Lain yg berperan dalam Pembuatan Super Mushshak. Yaitu Amerika Serikat dari Perusahaan Teknologi Textron dan Hartzell. Lalu ada Negara SWEDIA dari Perusahaan Teknologi Raksasa Militer SAAB Swedia. Selebihnya, milik Anak Bangsa Pakistan.  

Artikel Lainnya :

Youtube : Super Mushshak

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU