Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

X18 Tank Boat Indonesia (2016)

X18 Tank Boat Merupakan Kebanggaan Anak Bangsa Karya Indonesia dari PT LUNDIN INDUSTRY INVEST (North Sea Boats) dan PT PINDAD yg Bekerjasama dengan Perusahaan Teknologi BELGIA dari OIP Optique et de Instruments Precision dan Cockerill Maintenance Ingenierie CMI Defence.

Pengerjaan di Laksanakan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Indonesia.

Indonesia Kita kenal memiliki banyak sekali Pulau, Sungai, Selat, Rawa, dan Lautan nan Pantai yg membentang Luas di Nusantara. Menjadikan X18 Tank Boat Sangat Ideal dan Cocok untuk Kebutuhan Kedaulatan Indonesia.

Oh ya, ada Banyak web/blog Berita-Berita yg bilang dan Menyebutkan Bahwa X18 Tank Boat Sebagai Kapal Tank Boat Pertama di dunia. Sebenarnya ya, Tank Boat X18 bukanlah hal yg Asing dalam dunia Militer.

Pada Tahun 1990. Negara Finlandia dan Norwegia Melalui Perusahaan PATRIA Telah Lebih Dahulu Menciptakan Tank Boat dengan Produk yg disebut WATERCAT M12. Tetapi mereka hanya memproduksi 50 Unit aja.

X18 : TANK BOAT INOVATIF, CEPAT, STEALTHY dan MANUVER TINGGI


Tugas Utama X18 adalah Membantu Operasi Pembukaan Jalan Misi Pendaratan Amfibi untuk Tentara TNI YONTAIFIB atau KOPASKA. Atau dapat digunakan sebagai Pemberi bantuan Tembakan.

1 Unit X18 mampu membawa 4 Kru Tentara dengan 20 Pasukan TNI.


X18 di adopsi dari Desain CATAMARA. Mengingat Turret menggunakan CT-CV 105p. Pilihan Catamara di Yakini mampu menahan goncangan Tembakan Meriam yg biasanya dapat mengguncang kapal dan membuat gaya arah Tolak Balik. Jadi X18 bisa Lebih Stabil walaupun dalam Keadaan ketika menembak.

Selain itu, Kapal Boat yg Berupa Gabungan antara Tank ini juga di Lengkapi System Gyro Stabilizer. Memastikan Keadaan bisa lebih baik dalam hal Kestabilan.

KEKUATAN & PERSENJATAAN X18 TANK BOAT
John mengatakan :

Kami mendesain kapal ini tahan peluru karena di sungai atau rawa kapal akan sangat dekat dengan musuh.

Untuk Persenjataan :

Di Lansir dari Northseaboats.com :


Tank Boat X18 ini di Lengkapi dengan Turret CT-CV 105p NATO-Standar 105 mm. Yg Terintegrasi dengan Kecanggihan Autoloader (Otomatis Pengisian Amunisi).

Meriam ini dapat menembak hingga sejauh 5 meter – 5 Km.

Senjata Meriam ini juga dapat menembakkan Rudal FALARICK 105 dari moncongnya.

Di Bagian Atas, Di Lengkapi Senapan mesin Bofors Lemur RWS (Remote Weapons Systems) 7,62 mm.


*********

Untuk Situasi yg Lain, Tanpa Bekal Tambahan Meriam Berat Sekalipun ya. Sebenarnya X-18 dapat di Bekali dengan Rudal Genggam Seperti QW3, KONKURS, AT-5, NLAW, dan RBS-70 yg justru dapat menembak lebih jauh hingga 8 Km.

rbs-70.jpg (640×448)
Foto : RBS-70
rudal.jpg (600×400)
Foto : QW3
Tentu saja Rudal-Rudal ini Lebih Ringan, Fleksibel, dan Tanpa Membutuhkan Turret CT-CV 105p yg Berat dan Memakan Banyak Tempat dalam Body Kapal.

Cukup menggunakan Penyanggah Panggung Bahu dari Prajurit TNI saja. Sebenarnya Persenjataan Rudal-Rudal dapat di Tembakkan dari X18.  

Artikel Lainnya :

SPESIFIKASI :

Nama : X18 Tank Boat

Material : Infused Vinylester Composite

Panjang : 18 meter

Kecepatan : 40 Knots (74 Km/Jam)

Kru : 4 Tentara Kru dan 20 Tentara TNI

CMI Turret : 105 mm

Elevasi Sudut Tembak Meriam : +42°

Alat Komunikasi & Peralatan : VHF Radio, SSB Radio, Transas, dan Datalink

Mesin : 2 x MAN 1200 HP dan Propulsor 2 x MJP450 WATERJET

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU