Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ADS-B Teknologi Surveillance Pengganti Radar Penerbangan Indonesia (2016)


Dunia Teknologi Penerbangan Terus Berkembang Hari demi Hari. Hal ini di Tandai Karena ada Nilai Bisnis Komersial Triliunan Rupiah yg Berasal dari sektor Transportasi udara ini.

Sekaligus. Tentu saja membantu banyak orang untuk berpindah tempat dengan biaya yg lebih murah dan lebih cepat.

Setiap hari kita selalu menyaksikan Pemandangan Lalu Lintas Pesawat di Langit Terus Menjalankan Roda Bisnisnya. Membawa ratusan penumpang setiap hari, gemuruh bunyi Pesawat terus terdengar. Bahkan Terkadang sampai Malam Hari.

Buat Teman-Teman yg Sering Berpergian menggunakan Pesawat Terbang. Pasti udah ngga asing dengan Situs Website Flightradar24.com

Foto : Screenshot Flightradar24.com
Terkadang beberapa orang bertanya..? Kok Bagaimana bisa ya. Website Flightradar24.com dapat mengakses dan memantau semua Penerbangan Pesawat-Pesawat di Seluruh dunia secara Jelas, Terperinci, dan Real Time. Termasuk di Indonesia

ADS-B TEKNOLOGI SURVEILLANCE PENGGANTI RADAR

Jawabannya adalah Karena ADS-B

ADS-B atau AUTOMATIC DEPENDENT SURVEILLANCE BROADCAST adalah Sebuah Teknologi Surveillance Pemancar atau Penyiar Data Posisi dan Informasi yg dapat di Lacak oleh Pesawat Lain, Satelit, dan Stasiun Menara Kontrol Lalu Lintas Udara untuk Saling Berbagi Data dan Saling Melacak Data Ke Posisian secara Otomatis Tanpa Memerlukan Arahan dari Pilot.


ADS-B di Buat oleh Perusahaan Amerika Serikat Pada Tahun 2001 oleh Perusahaan ADS-B Technologies. Alat ini Telah di Produksi Massal Sejak 2004. Dan Telah di Distribusikan ke Seluruh Dunia untuk Keamanan Penerbangan yg Lebih Baik.

Negara Kanada dan Arab UEA Merupakan Negara yg Telah Mengadopsi Fitur ADS-B Secara Penuh ke Seluruh Armada Pesawatnya. Sedangkan Negara Eropa Pada Akhir 2017 semua Pesawat akan Terinstall ADS-B.

Di Indonesia. Pada Tahun 2016. Telah ada 31 Menara Stasiun Ground Station ADS-B  yg Telah di Aplikasikan. Idealnya mendirikan Sekitar 30-40 Menara Penerima untuk menutup seluruh ruang udara Indonesia dari Aceh hingga Papua. 

1 unit ADS-B dapat memancar sinyal hingga 300 Km.

PENERBANGAN SIPIL DI SELURUH DUNIA DI TETAPKAN UNTUK MENGGUNAKAN ADS-B SEBAGAI SISTEM RADAR


ICAO atau International Civil Aviation Organization yg merupakan bagian dari PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa). Menetapkan kepada Seluruh Penerbangan Sipil di dunia entah bagaimana caranya semua Pesawat di dunia di wajibkan beroperasi menggunakan ADS-B Pada Tahun 2020 nanti.


ICAO menyadari Teknologi ADS-B dapat memberikan hak keselamatan kepada Penumpang yg jauh lebih baik, selain itu ADS-B lebih murah ketimbang Radar, lebih efisien, Dapat Menghindari Tabrakan Antar Pesawat, Memudahkan Pencarian Titik Lokasi Kecelakaan, dan ramah Lingkungan.

Sebagai Perbandingan apabila menggunakan Radar butuh biaya Perawatan hingga Rp 50 miliar artinya 10 Kali Lipat Lebih Mahal dari ADS-B. ADS-B juga menggunakan Konsumsi Energi yg jauh lebih hemat dapat menyelamatkan Lingkungan Alam.

JENIS PESAWAT SIPIL YANG TERPANTAU ADS-B

Sukhoi Superjet 100, MD-11, McDonnell Douglas, Fokker 70/100, Boeing 737, 747, 757, 767, 777, 787, BAe ATP, BAe Avro RJ70, RJ85, RJ100, Airbus A380, A350, A321, A330, A319, A310, A100, dan lain lainnya

CARA KERJA ADS-B

Alat di Pasang Pada Pesawat Terbang. Ketika Pesawat Terbang ke Langit. Alat Kemudian Memancarkan Gelombang Sinyal dan Transponder yg Memberikan Kode Informasi Tentang Posisi, Jenis Pesawat, Ketinggian Terbang, dan Kecepatan Secara Real Time ke Satelite atau ATC.

Tiap Detik Data di Perbaharui.

Data yg Di Pancarkan Dapat juga di Terima oleh Penerima Pengguna ADS-B yg Lain yg Berada di Dekatnya (Sekitar 300 Km). Entah itu Pesawat yg Lain yg ada di Dekatnya atau Bahkan dapat di Terima oleh Mobil Truck yg di Instal Pemancar & Penerima Sinyal ADS-B.



Dari Keseluruhan Hal ini maka akan Saling Memancarkan, Saling Melengkapi, Saling Melayani Informasi Navigasi Penerbangan, dan Saling Menerima Data antara Keterikatan Satu dan yg Lainnya.

Sehingga Terjadilah Keterhubungan yg sangat luas ke seluruh bumi yg dapat Kita Lihat dengan mudah di Situs di Website Flightradar24.com

ADS-B di INDONESIA
Di Indonesia. ADS-B di Produksi secara Lokal oleh Perusahaan PT Industri Telekomunikasi Indonesia Inti (INTI) (PERSERO) dan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). Bekerjasama dengan Raksasa Teknologi Militer THALES asal Ferancis.

Alat ADS-B Teknologi Telah Mulai di Aplikasikan di Indonesia. 

Artikel Lainnya :

Youtube : Cara Kerja ADS-B


Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU