Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Australia Beli 12 Kapal Selam DCNS Ferancis Seharga Rp 675 Triliun (2016)

Pada Tanggal 20 Desember 2016. Australia Resmi Menandatangani Perjanjiaan Pembeliaan Kerjasama Senjata Militer. Berupa Kapal Selam Merk SHORTFIN BARRACUDA BLOK 1A. dari Ferancis.

Sebenarnya, Pembeliaan Kapal Selam Tersebut Telah Terjadi Pada Tanggal 26 April 2016. Tetapi Pemerintah Australia Masih Belum Resmi Menandatangani.

Nah Barulah. Pada Tanggal 20 Desember 2016. Secara Resmi di Tanda Tangani & di Umumkan Kepada Publik. Pemenang Tender yg dipilih oleh Australia adalah dari Negara Ferancis dengan Perusahaan Teknologi Militer DCNS Ferancis.

Sebelumnya ya, Ada 2 Negara Kandidat Pesaing Ferancis yg Berjuang Merayu Pemerintah Australia dalam Pemilihan Proyek Tender. Yaitu Jepang dengan Teknologi Kapal Selam Soyru dan Jerman.

Jerman & Jepang akhirnya Pupus Harapan. Ferancis Menang & Terpilih.

Ferancis Ketiban Rezeki $ 50 Miliar (atau sekitar Rp 675 Triliun) Untuk Pembeliaan Pengadaan 12 Kapal Selam Shortfin Barracuda Blok 1A Pesanan Australia.



KAPAL SELAM PENTING BAGI AUSTRALIA
Kami memiliki sebuah Negara Kaya. Konsekuensinya Kami Memiliki Tanggung Jawab untuk menjaga bagian Kami.”

Penerimaan Pendapatan Negara Australia. Kebanyakan Berasal & di Ambil dari Sumber Daya Alam di Laut. Memelihara Bagian Kami. Jelas Merupakan Kebutuhan Ekonomi Bagi Australia.

Kapal Selam Penting untuk Negara Austalia. Dengan Garis Pantai yg Luas dan Kepentingan Strategis di Wilayah Tersebut Berbasis Tatanan Internasional.



Selain Permasalahan Ekonomi.

Turnbull juga mengartikan Pentingnya Sebuah Kapal Selam Mukakhir untuk Jaminan Masa Depan Keamanan Australia di Tengah Maraknya Ketegangan Dunia yg Saat ini Semakin Kompleks. Penuh Tantangan yg Sulit di Prediksi Semakin Menantang ke Arah Tahun-Tahun yg akan Datang.

Turnbull menegaskan : Kapal Selam canggih adalah PONDASI yg dibutuhkan untuk memastikan Keamanan & Kedaulatan Australia.  

KAPAL SELAM DIBUAT SELAMA 30 TAHUN
Shortfin Barracuda Blok 1A Merupakan Teknologi dari Perusahaan DCNS (DCSN adalah Perusahaan Militer Terbuka dari Ferancis. Namun Pemilik Saham Terbesar dikuasai oleh Pemerintah Ferancis)



Foto : Perusahaan DCNS
Shortfin Barracuda Blok 1A Sebenarnya ya Jika Kita Telisik merupakan Kapal Selam bertenaga berbasis NUKLIR dari varian type Barracuda.

Tetapi untuk Australia. Ferancis membuatnya dalam Tipe Varian Berbasis Diesel Electric dengan Tenaga 7 MW (9.400 hp) dan bentuknya lebih kecil dikit dengan Panjang 97 meter.

12 Kapal Selam Pesanan Australia dikerjakan hingga 30 tahun Lamanya. Berdasarkan Perjanjiaan. Pengerjaan Kapal Selam bukan di kerjakan di Negara Ferancis. Tetapi di Australia itu sendiri. Tepatnya di bangun di Galangan Kapal di Adeilaide, Australia.


DCNS ngga Sendirian Mengerjakannya. Di Bantu & di Rakit juga oleh ASC Pty Ltd dari Perusahaan Perkapalan Lokal Australia. Sehingga dapat mendorong banyak Ilmuwan, Insinyur, & Tenaga Kerja Pegawai Karyawan dari Lokal. Namun Tetap di Bawah Mandat Bimbingan Arahan DCNS untuk Memproduksi Kapal Selam ini.

Shortfin Barracuda Blok 1A akan digunakan untuk menggantikan 6 Kapal Selam Tua milik RAN Royal Australian Navy dari Merk : Collins Class.

Foto : HMAS Rankin Collins Class
Untuk Persenjataan Kapal Selam. Berupa Torpedo & Hulu Ledak Rudal. Pemerintahan Australia Telah Membeli dari Perusahaan Lockheed Martin Asal Amerika Serikat Senilai $ 1,5 Miliar (atau sekitar Rp 20 Triliun). 

Artikel Lainnya :

Youtube : Shortfin Barracuda Blok 1A


Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU