Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Pesawat Tempur Aktif Militer TNI Indonesia (2016)

SUPER TUCANO EMB-314

Pesawat Bermesin Turboprop sayap rendah (Low Wing) berkemampuan COIN Counter Insurgency.

Jumlah : 8 (Dalam Pemesanan Tambahan 8)

F-5E TIGER/F-5F

Pesawat Tempur Supersonik Ringan Berkecepatan 1.700 Km/Jam. Termasuk Dalam Jajaran Pengembangan Generasi kedua.

Jumlah : 9

F-16 A/B/C/D Fighting Falcon

Pesawat Tempur Multirole (Multi Peran) Supersonik berkecepatan Tinggi 2.410 Km/Jam. Di Desain untuk Penyerangan Segala Keadaan. Baik Serang Darat Maupun Udara. Bahkan Tetap Prima dalam Kondisi Cuaca Buruk Sekalipun.

Jumlah : 18 (Dalam Pemesanan Tambahan 15)

Hawk 209/109

Pesawat Berkecepatan 1.028 Km/Jam. Mampu Mengemban Misi Air Superiority dan Ground Attack.

Jumlah : 20

SUKHOI Su-27/30


Pesawat Tempur ini mampu Membawa Persenjataan Berat dan di Rancang untuk melakukan Interseptor dan Memangsa Jet-Jet Tempur Musuhnya di Udara. Termasuk mengincar F-16 dan Semua Pesawat yg Tertulis di Artikel ini menjadi Target Mangsanya.

Di Rancang dari Negara Rusia Beruang Merah. Kemampuan Sukhoi Berkecepatan 2.500 Km/Jam dan mampu menjelajahi Terbang Jauh hingga 3.530 Km Jauhnya Sekali isi bahan bakar.

Jumlah :  16   

BOEING 737 SURVEILLER


Di Indonesia di Juluki Sebagai Camar Emas. Kemampuannya Erat dengan Faktor Radar Intelijen, Pengintaian, Informasi, Reconnaissance, Pemantauan, dan Surveillance.

Jumlah :  3   

CN235/C295


CN235 Merupakan Pesawat Turboprop Keluaran BUMN PT DI yg di Produksi oleh Indonesia Berkerjasama dengan Spanyol. Dan C295 Merupakan Keluaran dari Perusahaan AIRBUS (Di miliki oleh Gabungan Eropa). Indonesia memiliki kedua Varian ini Sebagai Pesawat Angkut Militer dan juga untuk mengemban Misi Khusus Intelijen.

Jumlah :  15 (Dalam Pemesanan Tambahan 3)    

DRONE WULUNG dan AEROSTAR


Merupakan Pesawat Tanpa Awak yg Dapat Melakukan Proses Pengintaian, Intelijen dan Akuisi Target Secara Real Time. (Waktu Nyata). 

Sayangnya Belum ada Informasi Mendetail Berapa unit Indonesia telah memiliki. Selain itu, Jumlah Model Drone yg Beredar di Indonesia Terdiri dari berbagai banyak sekali Jenis & Model Sehingga Data Resmi Kepemilikan Drone di Indonesia masih simpang siur Karena Pemerintah Belum menginformasikannya. Namun Informasi yg beredar Wulung dan Aerostar TUAV menjadi Garda Terdepan. 

HERCULES CN130H/L-100


Pesawat Terbang Angkut Militer yg Mampu Mendarat di Lapangan Bandar Udara Sempit dan Pendek. Beberapa unit Pesawat ini berumur Tua tapi tetap masih dapat berfungsi.

Jumlah :  18

C212

Di Produksi oleh Anak Bangsa Indonesia Melalui BUMN PT DI di Bawah Lisensi Spanyol. Indonesia merupakan satu-satunya di dunia yg memproduksi Pesawat Angkut ini yg juga digunakan untuk kalangan militer dan untuk Spesial Mission (MPA).

Jumlah :  29 (Dalam Pemesanan Tambahan 6)    

Fokker F27

Pesawat untuk Transportasi Militer. Versi ini udah banyak yg Pensiun. Tapi masih ada beberapa unit yg aktif di Tahun 2017. Fokker F27 Telah di Gunakan Sejak Tahun 1976.

Jumlah :  3

PILATUS PC-6


Pesawat berkecepatan 244 Km/Jam yg di Gunakan untuk Transportasi Militer atau Sebagai Penyedia Pasokan bagi Rakyat yg Terisolasi di Pedalaman Nusantara.

Jumlah :  2

GROP G120TP

Pesawat berkecepatan 454 Km/Jam. Di Desain dan di Gunakan untuk Pelatihan.

Jumlah :  18

KOREAN TRAINER 1/B


Hampir sama dengan Pembahasan di atas ya. DI Gunakan untuk Latihan. Korean trainer 1 atau KT-1 memiliki Kecepatan 574 Km/Jam. Pembuat Asal dari Korea Selatan BUMN Plat Merah Korean Aerospace Industries.

Jumlah :  14 (Dalam Pemesanan Tambahan 2)    

Beechcraft T-34

Pesawat dari Model 35 Beechcraft Bonanza Bermesin Piston Tunggal. Di Gunakan untuk Pelatihan Militer.

Jumlah :  15

T-50i GOLDEN EAGLE

Pesawat Tempur Berkecepatan 1.500 Km/Jam. Pemerintah Republik Indonesia biasanya menyebutnya sebagai Adik F-16 si Elang Biru untuk mengemban Misi Lapisan kedua. T-50i juga digunakan untuk Tugas LIFT (Lead in Figter Trainer) yg artinya bisa digunakan untuk siswa baru sebelum menjajal F-16 dan Sukhoi yg Sesungguhnya yg menjadi Garis Terdepan Pertahanan udara Indonesia.

Jumlah :  16

PREMIER 1 

Ini adalah Pesawat Ringan Berkecepatan 853 Km/Jam yg didesain untuk Transportasi TNI AD.

Jumlah :  1

TURBO COMMANDER

Pesawat Angkut Militer Berkecepatan 346 Km/Jam

Jumlah :  1

NORMAD 22/24

Pesawat Operasi Khusus untuk mempertahankan dan mengamankan kedaulatan Perairan Yurisdiksi Nasional Indonesia.

Jumlah :  30

R1-001 INDONESIA ONE

Dan yg Terakhir adalah Pesawat Kepresidenan Indonesia R1-001 untuk menunjang & membawa Presiden Jokowi Keliling Dunia dalam Tugas Penting mengemban bagi & untuk amanat 260.000.000 Juta Rakyat Indonesia. 

Pesawat ini di Lengkapi Berbagai Alat Komunikasi yg Terhubung dengan Pengaman Jet-Jet Tempur Indonesia yg Lainnya. Tersedia juga ruang VVIP, Ruang Meeting Room, Ruang Tidur Presiden, 12 Kursi Pejabat Eksekutif, dan 44 Kursi Staff Kepresidenan.

Jumlah :  1

Artikel Lainnya :

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat GBU