Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Percepto Aerialguards : Teknologi Chip Computer Vision Drone Otomatis (2016)

Pada Masa Depan. Di Perkirakan Robot dapat Mengambil Alih Pekerjaan Manusia. Termasuk Drone. Drone saat ini Telah di Jual Bebas ke Seluruh Dunia. Anda dan Saya Telah dapat membelinya di Toko online. Seperti di Lazada, Bukalapak atau Tokopedia.

Ada Teman-Teman Kita yg Telah Membeli Drone. Hanya untuk Sekedar Hobi, Iseng-Iseng untuk Bermain menggunakan Remote Control.

Laporan dari Techcrunch.com : Melaporkan Bahwa Pada 10 Tahun ke Depan. Drone dapat Menciptakan & mengambil Alih 100.000 Pekerjaan manusia yg menghasilkan Keuntungan uang hingga Milyaran Dolar bagi Perusahaan Tersebut.

Potensi Robot Drone di Bidang Ekonomi sangat besar. Ia dapat Potensial memasuki Industri Seperti Energi, Militer, Keamanan, Asuransi, Pertambangan, Listrik, Transportasi Pertanian, dll.

Drone dapat mengubah semua wajah bisnis di dunia. Drone dapat melakukan Pemeriksaan, Pengukuran, Pengawasan, Pengiriman, dll. Masalahnya saat ini, Drone masih Bersifat Manual dan Belum Otomatis. Masih di Kendalikan oleh Operator Sistem oleh Manusia Melalui Remote Control.

Bayangkan di masa depan ada Drone yg bisa berjalan otomatis, melakukan inspeksi Pipa Gas, Radiasi, Inspeksi Listrik, bahkan dapat menjadi Armada untuk tim Pencari Penyelamatan Bencana Alam secara Otomatis.

Sebuah Perusahaan (Bukan Startup lagi) yg Berasal dari Negara Kecil Israel. Telah Berhasil mengembangkan Hadware & Chip Computer Vision membuat Drone Biasa menjadi memiliki Kemampuan Automatic.

Mereka adalah  Perusahaan : PERCEPTO dan AERIALGUARDS.

PERCEPTO
Percepto merupakan Perusahaan yg membuat Control, Algorithms, Drivers, Hardware menjadi 1 unit ringkas kendali yg dinamakan PERCEPTO.

Ukuran CHIP Sebesar 72 x 70 mm atau setelapak tangan orang dewasa dengan berat kurang dari 50 Grams. Menggunakan Basis Sistem Operasi OS LINUX UBUNTU yg Terbuka. Terhubung dengan OPEN SDK yg dapat di Aplikasikan ke berbagai Sensor yg ada di Drone.

Processor PERCEPTO menggunakan NVIDIA® Tegra® K1 SoC (quad-core ARM® CortexTM-A15 CPU, KeplerTM GPU with 192 CUDA® cores) Dengan Memori 2GB DDR3L 933MHz.

Sistem Koneksi menggunakan 2 PCle Card Slots, 1 Nano Sim Slot (Untuk Jaringan LTE dan WIFI).

Alat Percepto Telah di Pasarkan Seharga $ 5.000 (atau Sekitar Rp 50.000.000). Tetapi Bukan untuk Rakyat Sipil Biasa ya. Melainkan ke Perusahaan Industri Besar Seperti Perusahaan Listrik, Penyedia Generator Angin, dan Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Matahari.

Youtube : PERCEPTO

AERIAL GUARD SYSTEMS
Merupakan Startup Perangkat Lunak yg mengembangkan Sistem Navigasi Otonom untuk Drone. Membantu Mengotomatisasikan dan Menyediakan Kemampuan Otonom Seperti Mengikuti, Menghindari, dan Beberapa Perintah Navigasi Lainnya.


Dengan Aerial Guard. Drone Kita dapat Mengikuti Keberadaan Kita Secara Otomatis.


Startup ini didirikan oleh Nadav Eyal dan Itai Orr di Israel. Terhubung juga ke Penyimpanan Cloud Computing. Cocok digunakan bagi Anda para petualang maniak yg gemar Travelling Sesembari mendokumenkan diri melalui Video & Foto.

Tetapi menurut saya, Hobi Drone menggunakan Otomatisasi merupakan Sesuatu Permainan yg Cukup Mahal ya untuk saat ini. 

Artikel Lainnya :

Youtube : AERIAL GUARD SYSTEMS

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat. GBU