Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MU90 : Torpedo Pintar Abad 21 Mampu Hindari Perisai Kapal Selam Ferancis Italia (2017)

Kapal selam menjadi momok yg menakutkan bagi banyak negara. Bagaimana ia dapat muncul tanpa diduga di wilayah perbatasan laut negara dan kemudian dapat menembakkan Rudal-Rudal Jarak Jauh menghantam sebuah kota yg menjadi Lawannya.

Untuk Mendeteksi Kapal Selam juga bukan Perkara Mudah. Ini Ibarat Mencari Tusuk jarum di Tumpukan Jerami yg Besar.

Peperangan bawah laut memang ngga dapat lepas dari yg namanya Teknologi Kapal Selam. Untuk mengatasi hal ini, banyak negara berusaha menciptakan berbagai Senjata untuk menghancurkan Kapal Selam dengan berbagai jenis merk “TORPEDO”.

Jika Radar Telah Mendeteksi & Menemui Kapal Selam. Kerahkah saja Kapal Perang atau Helikopter atau Pesawat Maritim. 


Kemudian (drop) menjatuhkan Senjata TORPEDO ke bawah laut. Maka hancurlah Kapal Selam Tersebut secara Fire and Forget dengan Mudah.

Benarkah Pendapat Demikian…?

Jika yg membaca Pendapat artikel ini adalah dari Pemerintah Rusia, Pemerintah China, atau dari Ilmuwan-Ilmuwan Industri Pertahanan Terkemuka. Mereka Bisa Tertawa Geli Terbahak-bahak hingga Terpintal-pintal sampai terjatuh ke Lantai.

Menghancurkan Kapal Selam ngga semudah yg dibayangkan hanya dengan menembakkan Torpedo begitu saja ya.

Pemerintahan yg Peduli Terhadap Alustista Kapal Selam Seharga Miliaran Dolar Tersebut. Akan Berinvestasi pada berbagai Senjata Perisai Pertahanan Bawah Laut. 

Entah itu dengan Pengembangan Sensor yg Lebih Baik, Kemampuan Silent Steahlty, Decoy, Peperangan Elektronik Bawah Laut, Jammer, Countermeasure, Teknik Manuver ZigZag, Gelombang Manipulasi, Combat System, bahkan menciptakan Torpedo anti Torpedo itu sendiri. Sehingga Ada Benarnya, menghancurkan Kapal Selam sama Sulit Seperti Mendeteksinya.

MU90 TORPEDO PINTAR YANG DIKLAIM MAMPU MENEMBUS PERISAI KAPAL SELAM
Untuk Menembak Hancur Kapal Selam Lawan. Sebenarnya merupakan Pekerjaan Sulit. Apabila Lawannya memang Tangguh. Lawan Tersebut pasti akan menciptakan PERISAI yg akan membuat Tembakan Torpedo yg mengarah kepadanya menjadi ngga berdaya.

Sadar dengan Hal ini. Industri Pertahanan FERANCIS & ITALIA Bersatu dalam pembangunan Senjata MU90 yg dapat mematahkan Perisai Kapal Selam Tersebut.

MU90 adalah TORPEDO CANGGIH dan PINTAR yg di Kembangkan Selama 15 Tahun dengan Lebih dari 200+ Kali Kegagalan dan menelan biaya Pil Pahit akibat kerugian uang yg sangat besar akibat Trial and Error.


MU90 di Klaim mampu menghindari serangan PERISAI ANTI-TORPEDO. Karena di Bekali Kemampuan Acoustic untuk mengendus Sinyal Digitized dan Data Processing. MU90 juga dapat mendeteksi keberadaan Jammer, Bom Ledak, dan Decoy di Sekitarnya Sehingga dapat Berputar Haluan Menghindari ke Lokasi arah yg Lebih Jauh. Tetapi dengan Tetap Berfokus Pada Sasaran Target Utama.


MU90 memiliki mesin Pompa Jet Electric yg Silent. Sehingga Bunyi dan Arus Gelombang dapat di Redam Sunyi untuk mencegah Kebisingan. 

MU90 Sengaja dirancang Berbentuk Langsing dan Kecil. Tujuannya memang untuk mengganggu Sensor Pendeteksian Lawan. Tetapi walaupun Berbentuk Kecil, MU90 dapat berenang hingga kedalaman 1.000 meter hingga jarak Horizontal sejauh 23 Km.

MU90 membawa hulu ledak seberat 32 Kg dengan Jenis PBX Shaped Charge Warhead yg di Klaim mampu menembus Lambung Body Kapal Selam.

2 JENIS :
MU90 Di Bangun Memiliki 2 Jenis Tipe. Yaitu :

1]. MU90 IMPACT : Torpedo Jenis ini Mampu Menghindari Perisai atau senjata-Senjata Pengecoh untuk Melumpuhkan Kapal Selam Lawan.

2]. MU90 HARD KILL : Torpedo yg dirancang bangun untuk menembak Hancur Torpedo yg berasal dari Tembakan lawan.

Oh ya, Harga Tiap Unit Senjata MU90 Pada Tahun 2012 Berkisar Seharga $ 5.000.000 atau Sekitar Rp 67 Miliar. Persenjataan ini sudah Terjual ke Italia, Ferancis, Jerman, Polandia, Denmark, Australia dan Maroko. Daftar Negara Pembeli mungkin bertambah di kemudian hari.

Artikel Lainnya :


Terima kasih. Semoga Bermanfaat. GBU