Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

19 Teknologi Alustista yg dapat di Produksi massal Indonesia (2017)

Indonesia Merdeka dari Penjajahan Belanda & Jepang Pada Tahun 1945 yg Lalu. Senjata Terkenal Buatan Indonesia Kala itu adalah “Bambu Runcing”. Peninggalannya dapat Anda saksikan di Monumen Yogya Kembali.

Nah, Sudah 72 Tahun Indonesia Merdeka. Anak Bangsa Lokal Terus Berbenah diri. Dari yg Tadinya pake Senjata Tradisional yg diambil dari Alam. Kini Insinyur & Ilmuwan-Ilmuwan Lokal Indonesia Telah dapat menciptakan sendiri beberapa Alustista Persenjataan Modern Tanpa Lagi mengekspor dari Luar Negeri.

Kita Pada Awalnya Memang Belajar dari Pihak Asing dan Membeli Lisensi & ToT dari Mereka. (NB : Lisensi dan ToT (Transfer of Technology) apabila Telah dimiliki berarti juga telah menjadi hak bagi Indonesia).  

Di Bawah ini adalah Daftar Persenjataan & Teknologi Alustista yg dapat dibuat dan diproduksi massal oleh Indonesia. Jika ada yg kurang. Silahkan teman-teman tambahkan ya.

1]. Kendaraan Lapis Baja dan Tank Roda Rantai Medium MMWT
Sebut saja ANOA, BADAK, SANCA dan KOMODO. merupakan Nama-Nama Kendaraan Lapis Baja buatan Indonesia. Yang Paling Terkenal di Kancah dunia Internasional adalah Panser ANOA 6x6 buatan PT PINDAD yg ikut berlaga di dalam misi Perdamaian di Sudan dan Lebanon.

Terkhusus untuk SANCA Telah memiliki Kemampuan Sebagai Kendaraan Anti-Ranjau. Pada Tanggal 2 Oktober 2016. Indonesia juga telah memperkenalkan Varian Tank Roda Rantai Medium yg disebut MMWT.

2]. HULU LEDAK BOM PT.DAHANA
PT Dahana merupakan Perusahaan BUMN “Plat Merah” Milik Pemerintah Indonesia. Keahliaannya dalam membuat Bom yg di Tembakkan melalui Pesawat Sukhoi. Jenis Bom Tersebut meliputi P100 Live mampu meluluhlantahkan setara 1 Lapangan Sepak Bola.

3]. ROKET RHAN 122B
Roket Rhan Berdiameter 122 mm. Kemampuan Jarak Jangkau Tembakan mencapai 20 Km. Menurut Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, ingin agar suatu saat nanti Roket Rhan di Produksi Massal hingga 1.000 Unit.

4]. KAPAL BOAT X18
Tank+Boat+TNI.jpg (640×362)
Sejak Lama Indonesia Telah Mampu Memproduksi Sendiri Secara Massal Kapal Boat Melalui PT Lundin Industry Invest (North Sea Boats) untuk Kebutuhan TNI AL. Varian Terbaru Tercanggih saat ini adalah jenis X18. Yang di Lengkapi Turret CT-CV 105p NATO-Standar 105 mm.

5]. RADAR ADS-B TEKNOLOGI
ads-b.jpg (607×527)

Alat yg Memancarkan Gelombang Sinyal dan Transponder yg memberikan kode informasi tentang posisi, jenis pesawat, ketinggian terbang, dan kecepatan pesawat secara Real Time ke satellite dan ATC. Daya Pancar dapat mencapai sekitar 300 Km.

ADS-B di Produksi Massal oleh Perusahaan PT INTI dan BPPT Bekerjasama dengan Thales Ferancis.

6]. PESAWAT DRONE TANPA AWAK
Ada Banyak Drone Telah di Ciptakan oleh Anak Bangsa Indonesia, Seperti Gagak, Pelatuk, Rajawali, Target Drone Elang, dll.

Yang Terkenal di Indonesia adalah Wifanusa yang dapat mendarat di air dan Wulung yg diciptakan Pada Oktober 2012 dan di resmikan oleh Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhono. Wulung UAV kini menjadi salah satu andalan Skuadron TNI.

7]. APLIKASI MILITER
Ahli+IT+Indonesia.jpg (664×444)
Memang Bukan Berbentuk Fisik. Tetapi dalam Varian Perangkat Lunak, Aplikasi IT dan Software. Ini adalah Kekuatan Dimensi Cyber Warfare yg Tak Terlihat Tapi Sangat Penting.

Indonesia melalui anak bangsa telah sanggup menciptakan Berbagai Aplikasi yg memudahkan TNI. Pelacakan Logistik, Civil Mission System, Bitjuklap Bot Petunjuk Lapangan, Sistem Informasi Gudang Virtual TNI, Informasi cepat tanggap, Aplikasi Verifikasi Anggota TNI, dll.

8]. SENAPAN GENGGAM SERBU
jusuf+kalla+kunjungi+pindad.jpg (620×355)

Variansi Senjata Genggam Indonesia Sudah Sangat Lengkap pada tahun 2017 ini. Meliputi SS2-V7 SUBSONIC, SPR-2, SMB-1, SBI-V2, SG-112 GAUGE, SPG1-V3, Pistol G2 Premium, PM3, dan masih banyak lagi. Mulai dari untuk Kalangan SNIPER hingga Kepolisian. Semuanya Telah Lengkap Tersedia oleh PT PINDAD.

Indonesia dirasa seharusnya ngga usah lagi mengimpor Barang-Barang Persenjataan Genggam dari Luar Negeri. Karena justru dapat mengurangi keuangan APBN Negara Indonesia malah menambah Devisa bagi Keuntungan Negara Lain.

Bukankah Menjadi Juara Umum Tembak di Australia Army Skill (AASAM) Pada Tahun 2015 menunjjukkan kualitas senjata RI Terbaik di Kelasnya.

9]. KAPAL PERANG
kri+makassar.PNG (610×235)

Maha Karya Pembangungan Kapal Perang Terbesar Indonesia Yaitu Berjenis LPD (Landing Platform Dock) atau bisa juga disebut Kapal Induk Amfibi untuk Helikopter dengan Total Bobot Hingga 8.400 Ton dan Panjang 125 meter.

Selain Jenis LPD, Indonesia melalui Anak Bangsa juga kini Telah Sanggup Memproduksi Kapal Perang Jenis Patroli hingga Kapal Perang Jenis PKR (Perusak Kawal Rudal). Awalnya Belajar dari Bangsa Asing, Kini Indonesia sanggup memproduksi di dalam negeri. Beberapa Pembeli Seperti Filipina Tertarik membeli Kapal Perang dari Indonesia.

10]. PESAWAT TERBANG
PT DI Telah Memproduksi Pesawat Sayap Tetap untuk Patroli Maritim Yaitu CN-235 yg Bekerjasama di bawah Lisensi AIRBUS (Dulu namanya CASA Spanyol).

Di Indonesia, Varian Terbaru adalah dari hasil rancangan BJ Habibie yang disebut R 80.

Dulu, BJ Habibie melalui Perusahaan IPTN Pernah Kecewa dengan Kegagalan N-250 akibat Krisis Keuangan oleh Intervensi Pihak Asing IMF yg ingin menutup IPTN. Sehingga N-250 diciptakan hanya 2 unit saja dan masih berbentuk Prototipe

Namun, Kini IPTN bangkit kembali menjadi PT DI. Rencananya N-219 dari Lisensi NC-212 dan RAI R80 akan menjadi Pesawat Buatan Indonesia yg akan di Produksi Massal untuk membangkitkan kembali industri dirgantara Indonesia yg pernah tumbang karena Krisis Keuangan.

12]. POSKO DAHANUD MOBILE
Platform Mobile berupa Kendaraan yg ringkas, taktis dan multiguna untuk menjalankan fungsi sebagai Command & Control center, Intelijen, Pusat Informasi dan Kontrol Tembakan.

13]. BATERAI TANK BMP-3F
Alat yg Terdiri dari Sel Elektrokimia yg mengubah Energi Kimia yg Tersimpan menjadi Energi Listrik Sebagai Daya BMP-3F untuk menjalankan Alat-Alat Berbasis Elektronik dan Digital.

14]. SIMULATOR LATIHAN TEMBAK & MERIAM

Mempermudah Tentara TNI dalam melakukan Latihan Menembak Meriam yg Lebih Baik dan Efesien.

15]. AMUNISI PELURU

Indonesia Memiliki Bahan Baku Sumber Daya Alam yg Sangat Melimpah untuk Pembuatan Amunisi. Mulai dari 5,56 mm – 12,7 mm.

Produk Amunisi Peluru di Indonesia Terkenal Murah & Berkualitas. Tak ayal, Ratusan juta Amunisi Telah berhasil di jual ke Luar negeri mendatangkan Devisa. Kebanyakan Pembeli diklaim berasal dari Timur Tengah.

16]. ELEKTRONIK SUPPORT MEASURE (ESM)

Di Buat oleh Perusahaan Indonesia Infra-rcs.co.id Bekerjasama dengan Lockheed Martin Amerika Serikat.

Berfungsi untuk mengidentifikasi dan menentukan arah (Angle of Arrival / AoA) Emisi Elektromagnetik perangkat elektronik lawan yg dipancarkan seperti Radar, Peralatan Komunikasi, Rudal dan Jammer, Satelit, Pesawat Terbang, Drone, dll.

17]. WCP-WPU

Peralatan Manajemen Persenjataan Pesawat Tempur Hawk 200 untuk memilih jenis senjata dan merilis penembakan yg dipilih

18]. LEN IFF

IFF atau Identify Friend of Foe adalah Identifikasi Target Menggunakan Radar Pencari Menentukan Apakah Teman atau Lawan. LEN IFF dibuat oleh PT Len Industri. (Perusahaan 100% milik Pemerintah Indonesia)

Artikel Lainnya :

19]. KAPAL SELAM TANPA AWAK
Di Ciptakan oleh PT Robo Marine Indonesia (RMI). Memiliki Gelar Sebutan : HIU MERAH. Merupakan Robot Kapal Selam Tanpa Awak (Remotely Operated Vehicle).

Beberapa versi lain disebut Sotong dan Kaledupa. Tugas utama untuk penginderaan bawah air, perekam bawah air dengan resolusi HD dengan alat-alat Pencahayaan LED.

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU