Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Tingkatkan Kemampuan Rudal Pertahanan Udara Barak 8 ER Menjadi 150 Km (2017)

Barak 8 adalah Rudal Pertahanan Udara yg di Ciptakan oleh Israel Aerospace Industries Bekerjasama dan Didanai oleh Pemerintah India Melalui DRDO Defence Research and Development Organisation.

Barak dalam Bahasa Ibrani artinya Petir. Di Rancang untuk mempertahankan Terhadap semua objek udara. Seperti Pesawat Tempur, Rudal, Roket, Rudal Anti-Kapal, Drone, UAV, Rudal Jelajah, Helikopter. Dll

India Melalui DRDO Berharap bekerjasama dengan Israel dengan Tujuan utama untuk dapat melindungi Segenap Kapal-Kapal Angkatan Laut India. Yang Pertama di Lantik Menggunakan Rudal Pertahanan Udara ini adalah Kapal Perusak Destroyer INS Kolkota Seberat 7.500 Ton.

Beberapa Kapal Perang India Pada Tahun 2016 yg Lain Telah di Install Rudal Barak 8. Seperti INS Chennai, INS Ranvir, INS Kochi dan Menyusul Lainnya.  

Varian yg digunakan oleh India adalah BARAK 8 Versi Jarak Tembak Hingga 90 Km.

ISRAEL MENINGKATKAN KEMAMPUAN BARAK 8 MENJADI VERSI ER MEMILIKI DAYA TEMBAK PERTAHANAN UDARA HINGGA 150 KM

Israel Aerospace Industries (IAI). Telah Mengkonfirmasikan Secara Resmi Telah Mengembangkan Apa yang Kita Sebut Sebagai Rudal Barak Generasi ER Extended Range.

Berbeda dengan yang digunakan oleh Pemerintah India yg berkisar di rentangan jarak tembak 90 Km, Barak 8 ER memiliki Kemampuan Jarak Tembak hingga 150 Km di Perpanjang.


Hal ini Berkat ada Penambahan Solid Propelan Jettisonable yg mampu Memperkuat Daya Booster Jelajahnya. Tak ayal, Panjang Rudal Bertambah dari yg Tadinya 4,5 meter menjadi 6 meter.

Selanjutnya, ngga ada hal lain yg berbeda dibandingkan versi sebelumnya yg Sebenarnya memiliki Arsitektur yg hampir sama. Termasuk Sistem Bimbingannya Tetap Masih sama menggunakan IAI Elta ELM-2248 S-Band Digital Aktif bertahap Array dan MF-STAR 360° Radar.

Jika diumpamakan. Barak-8 ER  Sebanding dengan apa yg dimiliki oleh Amerika Serikat dengan Sistem Pertahanan AEGIS. Mengacu Kepada Standard Missile SM2 dan SM2 ER. 

Foto : SM2
Bedanya, Milik Israel Jauh Lebih Ringan dan Jauh Lebih Langsing Ketimpang AEGIS Combat System milik Amerika Serikat walaupun AS Tetap Memiliki Keunggulan Tersendiri dengan Daya Tembak Lebih Jauh dan Lebih Cepat. 

BARAK-8 ER UNTUK PERTAHANAN MULTI TIER
Foto : Platfrom Peluncur Rudal Barak 8

Barak-8 ER di Ciptakan oleh Pemerintah Israel untuk Pertahanan Udara Bertingkat-tingkat melengkapi Rudal Python, Rudal Spyder, Rudal C-Dome, Rudal Iron Dome, Rudal David Sling dan Rudal Arrow3.

Barak-8 ER Sepenuhnya dikembangkan oleh Israel Aerospace Industris Tanpa melibatkan India dalam Kontribusinya.

Barak-8 ER dapat di Aplikasi di Darat dan Lautan. Memiliki Active Seeker yg dapat berjalan pada kondisi cuaca buruk dan memiliki Radar Pencari Mandiri Homing Aktif Pada Moncong Rudal. Rudal dapat menemukan Target Sendiri Meskipun Terputus dari Radar Bimbingan Utama.

Barak-8 ER diklaim dapat mengatasi beberapa ancaman dan rudal-rudal lawan yg memiliki tingkat manuver tinggi nan parah. Sayangnya, belum dikonfirmasi berapa tingkat keakuratannya.

Spesifikasi :
Nama : Barak 8 ER

Buatan : Israel Aerospace Industries IAI

Panjang : 6 Meter

Jarak Tembak  Horizontal : 1 – 150 Km

Jarak Tembak Vertical : 16 Km

Peluncuran : 8 Cell VLS Modul

Sistem Bimbingan : 2 Arah Data Link dan Aktif RF / IIR Seeker

Artikel Lainnya :

Youtube : ISRAEL BARAK 8

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat. GBU