Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Negara Super Power Adidaya Ketahanan Pangan 2017 Versi Foodsustainability (2017)

Ketahanan suatu Negara ngga selalu identik dengan Senapan Mesin, Pesawat Tempur, Kapal Induk, Artileri, Tank, Pasukan dan Alustista Pertahanan Lainnya. 

Tak banyak orang menyangka ya, Jika Ketahanan Negara juga Identik dengan Lombok, Beras, Gandum, Jagung, Ayam, Daging Sapi, Susu, Ikan, Wortel, Kopi, Teh, Sorgum, Bebek, dan Lain-Lain Sebagainya.

Kok Bisa…? Inilah yg di Sebut Sebagai “Ketahanan Pangan”.

11 Negara Adidaya Ketahanan Pangan Berkelanjutan

Ketahanan Pangan adalah Ketersediaan Pangan dan Kemampuan Suatu Negara agar Seluruh Rakyat di dalam Negara Tersebut dapat mengakses, membeli dan mendapatkannya dengan Harga Terjangkau.

Ciri-Ciri Negara yg memiliki Ketahanan Pangan yg Jelek adalah Ketika Suatu Bahan Makanan yang di Jual di Pasar atau Supermarket. Harganya Melejit Naik Tinggi.

Sehingga Sulit Terbeli oleh Dompet Rakyat Karena Harganya yg Merangkak Naik.

Rakyat hanya bisa Menantap Makanan itu saja, Karena ngga Sanggup lagi Membelinya, Sehingga Rakyat Sering Lapar dan Kekurangan Gizi (Malnutrisi) akibat Makan dalam 'Porsi Dosis Kecil'. 

Pun jika bisa.

Makan 3 kali sehari sudah merupakan suatu KEMEWAHAN.

Atau Seringnya, Ketersediaan Makanan Lauk Pauk dan Buah-Buahan menjadi KOSONG.

Negara Adidaya Ketahanan Pangan dicirikan oleh Pemerintahannya yg Baik dan memperhatikan Segenap Rakyatnya agar Setiap orang di Negara Tersebut memiliki Makanan yang berlimpah dan mampu untuk membeli.

Di Bawah ini adalah 11 Negara Adidaya Ketahanan Pangan Berkelanjutan Versi Food Sustainability. Walaupun dibawah ancaman Perubahan Iklim Global.

Analisis Peringkat Dibantu oleh Intelligence Unit dan BCFN Barilla Center For Food Nutrition Pada Tahun 2017 dengan 58 Indikator.


1. FERANCIS


2. JEPANG


3. KANADA


4. JERMAN



5. UNITED KINGDOM


6. ITALIA


7. KOREA SELATAN


8. AUSTRALIA


9. ISRAEL


10. KOLUMBIA


11. AMERIKA SERIKAT

Ke 11 Peringkat ini Terpilih dari Hasil Indeks yg Telah Teruji.

Sumber : http://foodsustainability.eiu.com/country-ranking/

Skor Tertinggi Pada Peringkat #1 diduduki oleh FERANCIS. Berarti Negara Tersebut Merupakan Adidaya Ketahanan Pangan, Nutrisi, Limbah Pertanian, Gizi Berkelanjutan dan diikuti oleh Gabungan Total 58 Seluruh Keseluruhan Indikator.

Jepang menduduki Posisi Peringkat ke #2 di Dunia.

Foto : Petani Berteknologi Tinggi di Jepang
Berkat Kombinasi Teknologi Hidroponik yang didukung oleh Alam yang Subur dan Kaya akan Sumber Air dari Pegunungan Bersalju Seperti Gunung Fuji, Gunung Sakurajima, Gunung Asama, Ontake, Gunung Haku, dan Lainnya-Lainnya Membuat Jepang menjadi Adidaya Pertanian dan Perikanan Seperti Ikan Koi.

Iklim Jepang yg Kurang Panas dan Sering di Landa Hujan menjadi Faktor Keberhasilan.

Beberapa Negara Lain. Seperti FERANCIS, KANADA, JERMAN, UNITED KINGDOM, ITALIA, KOREA SELATAN, AUSTRALIA, KOLUMBIA dan AMERIKA SERIKAT Di Topang oleh SDA (Sumber Daya Alam), Tanah Subur, Sumber mata Air, dan Hutan yang Sangat Luas.

Foto : Hutan di Jerman sebagai Penyanggah Air
Di Bantu oleh Kemampuan Teknologi Agrikultur yg Mumpuni. Menjadikan Negara-Negara ini Makmur dalam Bidang Ketahanan Pangan.

Dari Keseluruhan daftar di atas. Ada 1 Negara Unik yang berasal dari ISRAEL.

Lokasi Negara ini berada di Timur Tengah.

Kawasan yg Terkenal sebagai tempat Padang Pasir dan Gurun Panas justru masuk ke Sektor PERTANIAN SUPER POWER di Dunia.

alam+israel.png (609×402)
Foto : Hutan di Israel Tepat di Dekat Hamparan Padang Pasir
Israel memang Kawasan Tandus.

Namun Berkat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Negara ini mampu merubah Lahan Kering menjadi Hutan Buatan Terbesar di dunia dan Tempat Tumbuh Berkembangnya Bermacam-macam Tanaman dan Hewan ternak.

Artikel Lainnya :

Youtube : Pertanian Berteknologi Tinggi di Israel

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU