Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Azolla Microphylla untuk Penjernih Air Kolam Ikan dan Bermanfaat bagi Peternakan + Pertanian (2017)

Azolla adalah Tanaman Jenis Paku-Pakuan yg Hidup di atas Permukaan Air. 

Sejak Tahun 1990. Tanaman Ajaib ini sudah dijadikan sebagai sahabat bagi Petani. 

Untuk memelihara Azolla, Tak Lah sulit.


Langkah Pertama kita menyediakan Kolam dengan Ketinggian air berkisar 5 - 10 Cm. dan didalam Kolam Campurkan Media Tanah berupa Pupuk Kompos dengan Ketebalan kurang lebih 5 Cm dengan Perbandingan (Tanah : Kompos sebesar 70 : 30).

Kolam dapat terbuat dari Beton atau Terpal. Kalau Kita ngga pengen repot-repot menaruh media atau membeli Pupuk Kompos.

Kita dapat menggunakan Air bekas Kotoran & Lumpur Kolam Ikan seperti Lele, Nila, Gurame, Mas, Bawal, dll. 

Ada baiknya, Azolla ngga ditempatkan di atas Kolam Ikan secara langsung, melainkan membuat kolam lain yg aliran airnya mengalir menggunakan Sistem Pompa RAS (Recirculating Aquaculture System).

Karena kalau ditempatkan bersama Kolam ikan, nanti Tanaman Azolla di Lahap habis oleh si Ikan 

AZOLLA SANG PENJERNIH AIR KOLAM IKAN

Bagi Petani Ikan biasanya bermasalah dengan Kualitas Air akibat Penumpukan Zat-Zat Kimia Beracun Seperti Amoniak, Nitrit, Nitrat dan berbagai Kotoran Lumpur lainnya yang dapat membuat Air menjadi Keruh, Berbau dan Tak Sedap di Pandang Mata karena mirip seperti Air Sup Kacang Ijo. he he.., 

Alhasil, banyak petani ikan memilih untuk menguras air kolam dan membuang lumpur kotor tersebut agar Air kembali Jernih. 

Padahal Air Kotor dari Kolam Ikan Tersebut adalah Harta Karun Terpendam.

Kolam+kotor.jpg (660×518)

Selayaknya Air Biru diatas ngga boleh dibuang. 

Melainkan diberikan saja kepada Tanaman Azolla Microphylla yg diketahui justru melahap Air Kotor. Semakin Kotor air Kolam maka semakin pesat tumbuhnya tanaman Azolla. 

Dalam Dunia Ilmu Pengetahuan. Kemampuan Azolla ini disebut FITOREMEDIASI. 

FITOREMEDIASI berasal dari Kata Phyto artinya Tanaman.

dan Remediation artinya Menyembuhkan.


Jadi Fitoremediasi adalah Tanaman yang mampu menyembuhkan, menjernihkan, menstabilkan dan menghancurkan bahan-bahan polutan atau pencemaran baik itu senyawa organik maupun an-organik di Air. 

Jenis-Jenis Tanaman Fitromediasi adalah Pohon Manggrove, Eceng Gondong, Kiambang, Apu-Apu, Azolla, dll. 

Namun yg membuat Azolla memiliki Nilai Ekonomi adalah Sisi Kandungan Proteinnya yg Tinggi hingga 35%. Bandingkan dengan Tanaman Air Lainnya yg hanya memiliki Protein sebesar 1.5% saja. 

Walaupun Azolla memiliki Keunggulan. Azolla tetap memiliki Kelemahan dibandingkan dengan Tanaman Fitoremediasi lainnya. seperti Kemampuan Azolla menyerap Racun di dalam Air Lebih Lambat. 

Azolla juga dapat berbahaya bagi Ikan. Karena Azolla mengikat N di udara.


Apabila dalam waktu 4-5 minggu Pertumbuhan Azolla tak diperhatikan sehingga dibiarkan membludak maka menimbulkan masalah. 

Contohnya seperti Kandungan Oksigen di Kolam Ikan kita menjadi Berkurang dan Kadar Amoniak meningkat kembali akibat banyaknya Akar dan Daun Azolla yg memasuki usia tua yg Telah Mati.

untuk mengatasi hal ini sebenarnya mudah. Azolla dapat diberikan kembali kepada Ikan dan Hewan ternak Seperti Sapi, Ayam, Bebek, Kambing, Ikan, dll sebagai Pakan Hewan Ternak.


Hewan Ternak akan melahap Tanaman Azolla. Kemudian menghasilkan Pupuk.

Pupuk dapat digunakan untuk Pertanian. 

KANDUNGAN NILAI GIZI AZOLLA

Protein 35%, Nitrogen 5%, Phospor 0,9%, Kalium 4,5%, Calsium 1%, Magnesium 0,6%, Ferum 0,26%, Mangaan 0,16%, S 0,73%, Si 3,35%, Na 1,31%, Cl 0,90%, Al 0,59%, Zn 989 (ppm), Co 2994 (ppm), Gula Terlarut 3,5%, Serat Kasar 9,1%, Klorofil 0,55%, Abu 10,5%, Lemak 3,3%, Karbohidrat 6,5%.

PENANGANAN AZOLLA YANG BARU DI BELI

Bibit Azolla dapat di Beli di Tokopedia atau Bukalapak.

Ketika Baru datang, Azolla langsung di buka dan dikeluarkan dari plastik dan ditaruh di wadah/ember yg berisi air adem dengan ketinggian air 10 cm (Untuk menampung Sementara).

Hindari dari Sinar Matahari Langsung selama 1 minggu. bila azolla sudah terlihat menghijau, barulah Azolla di simpan di Kolam Sesungguhnya yg berisikan Air mengalir dari Sistem RAS Kolam Ikan. Ada baiknya Azolla mulai di Tempatkan di Tempat yg Terkena Sinar Matahari Langsung.

Laju Pertumbuhan Azolla sangat cepat. 35% Setiap Hari.

Apabila Kita memiliki 200 gram Azolla di Kolam yg Penuh dengan Lumpur Kotoran Ikan. Maka dalam waktu 7 Hari Azolla berkembangbiak menjadi 10 Kg.

Artikel Lainnya :

Youtube : Tanaman Azolla milik Afrid di Kolam Ikan

Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU