Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel, Italia, Ferancis Luncurkan Satelit Militer OPTSAT-3000 dan Satelit Venus Penelitian Sains Pemanasan Iklim Global (2017)

Pada Tanggal 1 Agustus 2017. Jam Pukul 10 : 58 waktu Ferancis. 

2 Satelit Berhasil Meluncur dan mengorbit di Luar Angkasa.

Satelit dan Peluncuran Roket Luar Angkasa Tersebut. Merupakan Bentuk Kerjasama antara 3 Negara. Yaitu Israel, Ferancis dan Italia

PELUNCURAN : 

Roket Seberat 137 Ton dengan Tinggi 30 Meter dibuat 100% oleh Perusahaan Arianaspace dengan menumpang di Roket Berkode Flight VEGA VV10. Meluncur dari wilayah Guinea Ferancis. 

Kira-kira membutuhkan waktu 1 Jam 37 Menit untuk mengorbitkan 2 Satelite Sekaligus.

CEO Arianaspace, Stephane mengatakan :

Peluncuran Sukses, Tercermin dari Catatan Operasional 10 For 10 Vega yg baru yang mencakup keberhasilan yg telah dikerjakan selama 11 bulan terakhir ini.

Satelit OPSTAT-3000 merupakan kandidat pertama yg dilepas di Luar Angkasa. 

Youtube : Peluncuran 

SATELIT OPSTAT-3000 :

OPSTAT-3000 Merupakan Satelit Pesanan Pembeliaan dari Kementerian Pertahanan Italia yang dibuat oleh Perusahaan Israel melalui IAI, Elbit System dan Rafael.


Satelit ini memungkinkan Militer Italia dapat melakukan dan memperoleh pencitraan Gambar Beresolusi tinggi dan Pemetaan Kawasan dimanapun diseluruh bumi. 

Alih-alih satelit militer berukuran besar.

Bobot Berat OPSTAT-3000 hanya sebesar 368 Kg. Sehingga Sangat Bermanuver dan memiliki Fleksibilitas Operasional Tinggi. Hal ini berkat Teknologi Miniaturization yg dikembangkan di Israel. 


untuk mencegah hal yg tak diinginkan oleh Pemerintah Italia. Contoh Seperti Perangkat Penyadapan dan Spionase. mengingat Israel salah satu negara yg Ahli di Bidang ini.

Italia tetap menjadikan Perusahaan Lokal untuk menjadi Kontraktor Utama Pembangunan Satelite melalui Telespazio, anak perusahaan Leonardo, Italia. 

OPSTAT-300 dapat bertugas melayani Dinas Militer Italia selama 7 Tahun.

sebelum akhirnya perangkat satelit diganti dengan yg baru.

Enzo Vecciarelli, Jenderal Staf Angkatan udara Italia mengatakan di pusat kendali Spaceport : 


ini menandai langkah maju di Luar Angkasa. merupakan sesuatu yang benar benar negara Italia butuhkan. karena saat ini kita hidup dalam masa masa kritis di bidang Keamanan dan stabilitas. dimana kita masih kekurangan Kesadaran Situasional.

Youtube : OPTSAT-3000

SATELIT VENUS :

Satelit VENUS merupakan kandidat kedua yg dilepas di Luar Angkasa pada ketinggian 720 km di Orbit Heliosynchronous.

Ini Merupakan bentuk Kerjasama antara Ferancis dan Israel. Israel mengerjakan pembuatan & membiayai 100% anggaran untuk Satelit. dan Ferancis membangun & membiayai di bidang Peluncuran Roket. 

Satelit tersebut bernama VENUS atau singkatan dari Vegetation and Environment monitoring on a new micro satellite.


Setelah VENUS mengorbit di Luar Angkasa. Semua Data dan Informasi SAINS akan masuk ke Pusat Control di Israel. berdasarkan perjanjiaan. Israel bertanggung jawab mengirimkan informasi tersebut ke Ferancis.

Satelit VENUS memetakan seluruh geografi di bumi menggunakan 12 Cahaya Panjang Multi-Spektral dan Sinar Infrared. Termasuk melakukan aktifitas Foto berwarna yg sangat presisi tanpa terhalangi oleh Kabut & Awan.


VENUS diciptakan untuk meneliti Kehidupan jenis-jenis tanaman, tempat-tempat Lokasi Panas, meneliti perubahan iklim lingkungan, menghitung ketinggian salju, menganalisa penyebab tanah menjadi gersang, mencari sebab kekeringan air, perubahan flora, mendeteksi perairan pantai, pemanasan global, meneliti kenaikan air laut, atmosfer, perkembangan Hutan, Mencari tahu wilayah yg terserang banyak Hama Tanaman dan menganalisa Tanah pertanian di seluruh dunia.

Artikel Lainnya :

Youtube : VENUS

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU