Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknologi Israel ini mampu menerobos & menganggu Sistem Pertahanan udara Pantshir, S-300 dan S-400 (2017)

Di Medan Peperangan Kompleks saat ini. Mengandalkan Pesawat tempur berbasis Siluman saja belum tentu dapat diandalkan.

Sistem Pertahanan udara turut berkembang pesat dalam menanggulangi ancaman serangan angkatan udara dan system-system Radar kini mampu mengendus Pesawat Tempur Siluman Stealthy.

Pantshir, Buk, Tor, S-200, S-300, S-400, MIM-104 Patriot, S-350E Vityaz, HQ-9/FD, Tieng Kung III NCSIST, Sea Ceptor MBDA, NASAMS, Aster, THAAD, dll.

Adalah nama-nama Rudal Pertahanan Udara di dunia yg dikembangkan oleh berbagai Negara yg tentu saja mengancam keberadaan Pesawat Tempur lawan apabila memasuki Zona Wilayah Kedaulatan mereka.

Israel, Sebagai Sebuah Negara Kecil yg sering menerobos dan menyusup masuk Kedaulatan Negara Lain. Menciptakan 3 Teknologi Militer Canggih yg mampu menerobos. Yaitu Skyshield, LiteShield dan X-Guard.

TEKNOLOGI SKYSHIELD

Sky Shield adalah Sistem Electronic Weapon yang mampu menciptakan kilatan petir kasat mata untuk merusak, memacetkan, menganggu, menyadap dan membuat layar monitor pada radar Pertahanan udara yg terkena serangan menjadi Layar “hitam putih”.

Jammer Sky Shield menggunakan Pemancar MBAT berbasis Teknologi DRFM dan Solid State Stering Array (ESAT). Rentangan Spektrum Radar dari D Band ke KU Band. Mencakup Sistem Interferometer Digital untuk mendeteksi Keberadaan Sinyal Lawan.

SkyShield memiliki Daya Jelajah Deteksi dan Serangan Luas. Sehingga memungkinkan Skuadron Pesawat Tempur dapat menerobos Sistem Pertahanan udara dengan membuka Perjalanan Udara yg Lebih Aman.


Untuk Menginstall Sky Shield ngga membutuhkan Pesawat Khusus karena berbentuk Pod Kecil yg Kompak. Tetapi Pesawat yg bertugas bersama Sky Shield diharuskan membawa cadangan energy dalam jumlah besar.

Kelemahan Sky Shield Jika udah diaktifkan untuk menyerang Radar Lawan ngga dapat bertahan lama, Hanya aktif untuk beberapa menit saja.


Waktu berharga ini dapat digunakan untuk melakukan Penyerangan secepat mungkin. Sebelum Daya Kekuatan Sky Shield habis.

TEKNOLOGI LITE SHIELD

Lite Shield dan Sky Shield memiliki metode hampir sama. Apabila Sky Shield memiliki Cakupan yg Luas untuk melindungi Seluruh Skuadron.

Maka Lite Shield memiliki Cakupan yg lebih Kecil untuk melindungi beberapa kelompok Pesawat tempur saja.

Lite Shield diperuntungkan untuk Cadangan Pengawalan.

Apabila Sky Shield Telah Kehabisan Energi.

TEKNOLOGI X-GUARD

Apabila Sky Shield dan Lite Shield Telah Habis Daya Energi. Tetapi Pesawat Tempur masih dalam Zona Wilayah Lawan. X-GUARD dapat menjadi Alternatif Pengawalan Terakhir.

X-GUARD sebenarnya adalah DECOY. Berfungsi untuk memikat Rudal-Rudal untuk menuju kearah tembakan yg salah.

Sky Shield, Lite Shield dan X-Guard adalah Teknologi-Teknologi yg diperuntungkkan untuk menerobos Sebuah kedaulatan Negara Lain.


Teknologi ini sebenarnya bukan hal yg asing.

Rusia merupakan Pemimpin Nomor #1 Terdepan di Bidang ini melalui KRET. Lalu ada Amerika Serikat. Biasanya di Instal di Pesawat tempur EA-18G Growler.

Kemudian ada Teknologi BRITECLOUD yg diciptakan oleh Perusahaan Raksasa Militer LEONARDO COMPANY yg bermarkas Pusat di FERANCIS-ITALIA bersama SAAB Swedia yg bersatu dalam UNI EROPA (UE)

Di Israel ada 2 Perusahaan Teknologi Militer yg Fokus di Bidang ini. Yaitu ELTA SYSTEM dan RAFAEL ADVANCE DEFENSE SYSTEM. Ke 2 Perusahaan ini Berplat Merah milik Pemerintah Israel.  


Semoga Bermanfaat ya. GBU