Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Negara Terluas di Dunia (2017)

1]. RUSIA
Luas : 17.098.242 Km Persegi


Yang Pertama adalah Rusia. Negara ini Luas Sekali. Membentang sepanjang kawasan Perbatasan Eropa dari Norwegia dan Finlandia sampai ke Asia yg berakhir di Perbatasan Korea Utara dan Jepang.

Keadaan alam Rusia dianugerahi kekayaan yg Luar Biasa. Hutan yg Luas banyak Beruang diiringi dengan Cadangan Minyak & Gas yg Lebih Besar dari Arab Saudi. 

Saat ini Rusia enggan manja dengan Alamnya. Tak heran mengapa Minyak & Gas belum di tambang secara Maksimal.

2]. KANADA
Luas : 9.984.670 km persegi


Kanada walaupun memiliki Luas Wilayah Terbesar di dunia. Tetapi ternyata hanya memiliki 10 Provinsi saja. Keberadaan Kanada berada di Amerika Utara. Berbatasan Langsung dengan Amerika Serikat.

Wilayahnya Dingin banget. Ada banyak Lembah, Sungai dan Danau-Danau Es. Disana juga ada banyak Pegunungan yg dilapisi oleh Es.

3]. CHINA
Luas : 9.596.960 Km Persegi


China dipimpin oleh Partai Komunis adalah Negara Terbesar ke 3 di dunia. Penduduk China kebanyakan tak beragama (Atheis). Mereka Tinggal di Tempat nan Hijau Subur didominasi oleh Bukit-Bukit Hijau dan Jajaran Gunung-Gunung rendah yg dialiri oleh Sungai.

Di beberapa Lokasi, Wilayah China ada Gurun Pasir Gobi dan Takla Makan. 

4]. Amerika Serikat
Luas : 9.363.520


Amerika Serikat dianggap memiliki Keajaiban sehingga disebut Megakeragaman. Karena Iklimnya beda-beda sehingga Spesies Hewan & Tumbuh-Tumbuhan juga banyak.

Tak banyak orang tahu, Jika AS memiliki Iklim Tropis sama seperti di Indonesia. 

Iklim AS terdiri dari Tropis, SubTropis, Dingin (Subarktik/Kutub), bahkan terdapat Iklim Panas Mediterania. 

Gurun Pasir, Great Canyon, Hutan Luas nan Subur, Pegunungan Es, Danau-Danau, dataran tinggi, Sungai Terpanjang, Padang Rumbut, Semua Lengkap Tersedia di AS.

5]. Brazil
Luas : 8.525.770 Km Persegi


Brazil di dominasi oleh Tanah Subur dan Sungai Amazon yg Terkenal. Iklim Brazil sama seperti Indonesia. Yaitu Tropis. Tetapi kadang kala Salju bisa Datang.

6. Australia
Luas : 7.741.220 Km Persegi


Australia adalah Benua Terdatar. Landscape-nya Datar-Datar aja.

Kebanyakan wilayah Australia Kering. Namun di Pesisir Laut dan di Dekat Pulau Papua. Wilayahnya Subur.

Hewan yg banyak mendiami Australia adalah Kangguru, Koala, Emu, ular, Marsupialia dan Wombat.

7. Uni Eropa
Luas : 4.422.773 Km Persegi


Secara Geografi Uni Eropa beriklim Dingin. Tak ayal Spesies Tanaman & Hewan kurang beranekaragam. Tetapi Negara ini berlimpah Sumber Daya Air.

Uni Eropa Terdiri dari 27 Negara yg sebenarnya mereka 1 Perhimpunan.

Uni Eropa merupakan Negara Sangat Maju. Ekonomi mereka menduduki Peringkat #1 mengalahkan Amerika Serikat & China Pada Tahun 2017.

Orang-Orang EU memiliki Pendidikan Tinggi, Teknologi Mutakhir, dan Energi Terbarukan yg Luar Biasa Pesat di dunia. Negara ini juga memiliki Sederet Atlet Pemain Sepakbola yg Hebat nan Brilian.

8]. India
Luas : 3.287.623 Km Persegi


India berbatasan dengan Pakistan, China, Myanmar, Nepal, Bhutan, Afghanistan dan Bangladesh.

Negara Film Bollywood ini selain memiliki Luas yg besar. Penduduknya juga banyak hingga 1.324 Miliar yg didominasi oleh umat Hindu.

India dialiri oleh Sungai Krishna, Yamuna, Gangga, Brahmaputra, dan Godavari. Tak heran mengapa Tanah India begitu Subur.

9]. Argentina
Luas : 2.780.400 Km Persegi


Luas : 2.724.900 Km Persegi


Semoga Bermanfaat. GBU