Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latvia Beli Rudal Spike Israel Senilai Rp 1,8 Triliun (2018)


Pada Tanggal 12 Februari 2018.

Kementerian Pertahanan Latvia Telah Resmi Menandatangani Kesepakatan Pembelian Senjata Rudal SPIKE dari Perusahaan Manufaktur Eurospike Gmbh senilai 108 Juta atau ($ 135 Juta Dolar) atau Sekitar Rp 1.8 Triliun Rupiah.

Alasan Pembelian Senjata ini untuk melindungi diri dari Intervensi Militer Rusia atas Kejadian masa lalu di mana Rusia melakukan (Mencaplok) aneksasi di Semenanjung Crimea dan Faktor-Faktor Ketegangan di Ukraina dimana Terdapat Ketakutan menghadapi Rusia dan Penempatan Ribuan Tentara Amerika Serikat di Kawasan Baltik yg sewaktu-waktu ditakutkan dapat saja pecah melawan Rusia.

PESANAN TIBA TAHUN 2023

Pesanan Rudal EUROSPIKE diharapkan dapat dikirim Pada Tahun 2023 ke Latvia.

EUROSPIKE adalah Rudal Generasi ke 4. Dapat di Bawa Secara Mobile (Portable) atau di Tempatkan Pada Bagian Turret Tank, Kapal, Helikopter, Pesawat Drone atau Kendaraan Tempur Lapis Baja Lainnya.

Teknik Penembakan Penghancuran Target dapat dilakukan secara Fire and Forget secara Otomatis sekalipun berada di Luar Jangkauan NLOS (Non Line of Sight).

Eurospike dapat pula dilakukan manual menggunakan Metode Bimbingan melalui Kabel Serat optik.

Sistem seperti Inframerah Homing, CCD, IIR Seeker dapat menjadikan Rudal ini Bekerja Siang Malam Bahkan dalam Keadaan Cuaca Buruk.

EUROSPIKE Terdiri dari Berbagai Varian Rentangan Jarak Tembak. Mulai dari 100 Meter – 1.5 Km, 100 Meter -  2.5 Km, 100 Meter – 4 Km, 100 Meter – 8 Km, 100 Meter – 10 Km dan 100 Meter – 25 Kilometer.   


Pemerintah Latvia berencana menempatkan Rudal Eurospike Pada Tank CVR-T.

Namun enggan berkomentar, Jenis Kemampuan Rentangan Jarak Serangan apa yg dibeli dari berbagai Varian EuroSipke tersebut.

Raimonds Bergmanis mengatakan :


Saya Pikir ini adalah Hari yang Sangat Penting. Karena Kemampuan Anti-Tank adalah salah satu elemen yang sangat diperlukan. 

Kemampuan Anti-Tank adalah Prioritas Pembelian Industri Pertahanan dan Sistem Rudal Anti-Tank SIPKE telah diakui sebagai Persyaratan Operasional yang Tepat Pada Rapat Pemerintah bagi Angkatan Bersenjata Nasional. Sahutnya.

TENTANG EUROSPIKE

EuroSpike adalah Rudal Jelmaan SIPKE yg berasal 100% dari akses ToT (Transfer of Technology) dari Perusahaan Buatan Israel Rafael Advanced Defense Systems.

Berdasarkan Perjanjiaan Kerjasama untuk Penjualan ke Wilayah UNI EROPA.

Israel Harus mematuhi Hukum berlaku.

Dimana 80% dari Keseluruhan Komponen, Bahan Baku, Teknologi (TKDN) dll. Harus berasal dan dibangun secara Lokal oleh anak-anak Bangsa Eropa dari Perusahaan Manufaktur UNI EROPA yg Terdiri dari Diehl BGT Defense GmbH, Co KG, dan Rheinmetall.


Latvia merupakan bagian dari Uni Eropa.

karena Produksi melalui Subkontraktor Eurospike Gmbh melalui Perusahaan-Perusahaan Militer Jerman yg juga merupakan bagian dari Uni Eropa. Maka Pembelian Rudal Eurospike terasa lebih murah dan menguntungkan.  


Youtube : Israel Spike

Artikel Lainnya :

NB : Rudal Eurospike yang dikembangkan oleh Uni Eropa sedikit berbeda dengan Varian Spike versi Israel. 

Pesaing Terkuat Rudal Genggam Spike adalah :

~ Rudal Javelin, Tow, dari Amerika Serikat

~ Rudal HJ8 dari China

~ Rudal Milan, RBS, dari Uni Eropa

~ Kornet, Igla, RPG, dll dari Rusia

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU