Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel ELM 2112FP : Sang Mata Radar Penembus Tentara yg Bersembunyi di Hutan (2018)


Dalam Sejarah Militer yang ada di dunia ini, Hutan merupakan sebuah tempat ideal untuk berlindung, bersembunyi, Bergerilya, dan melancarkan aksi Peperangan diantara kedua kubu yang saling bertikai.

Menjadikan Hutan sebagai Medan Peperangan tentu ada alasan tersendiri mengapa tempat yg dianggap banyak semak belukar, dedaunan, dan pepohonan tinggi tersebut begitu kental dengan Lokasi untuk Berperang.

Salah satu Penyebabnya adalah Ketiadaan Radar yg mampu mendeteksi pergerakan Tentara sehingga dianggap ideal untuk bersembunyi karena lawan atau musuh dapat kehilangan kesadaran situasional sehingga sulit melakukan pelacakan.

Foto : Ilustrasi Tentara yg Sembunyi di Hutan
ISRAEL ELM2112 FP
Sensor dan Radar Konvensional tentu tak dapat mendeteksi pergerakan Tentara dan Konvoi Militer yg berada di bawah Persembunyiaan dari Pohon-Pohon Lebat nan Rimbun yg Tinggi.

Namun sebuah Perusahaan Teknologi Persenjataan milik Pemerintah Israel, Kini Telah mampu mendeteksi, melacak dan mengetahui keberadaan Tentara, Tank, Hewan dan Kendaraan Militer lainnya walaupun bersembunyi di balik Hutan dengan menggunakan Teknologi Radar ELM 2112 FP.


ELM 2112 EP beroperasi di L-Band, memungkinkan menembus vegetasi dedaunan lebat untuk mencari Posisi Target Lawan.

Selama bertahun-tahun yang lalu, Hutan telah di jadikan sebagai ‘Celah Intelijen’. Namun Teknologi telah membuatnya usang.  


ELM 2112 EP memiliki berat 65 Kg didasarkan Pada Teknologi Frequency Modulated Continuous wave (FMCW) dan FOPEN. Sehingga Hutan dapat dideteksi secara Real Time.

Pengaturan dapat dihubungkan ke system komando dan control yang sama pada jenis radar yang berbeda.

ELM 2112 EP dapat digantung oleh Tentara pada Tiang Menara Pengawasan atau dapat di Pasangkan pada Mobil Tempur. Versi sederhana dapat didirikan menggunakan Tripod.

Foto : ELM 2112FP dapat melacak Tank yg sembunyi di hutan dari jarak 5 Km
Tim Komando ELTA mengatakan :

Menggunakan Radar ini telah membuka mata kita ke tempat tempat yang jauh melampaui penglihatan kita. Sistem ini memiliki nilai operasional yang sangat besar.

Radar ini adalah Terobosan Teknologi yang membawa keluarga radar selangkah lebih maju untuk memberikan solusi yang layak untuk mengamankan perbatasan dan aset fasilitas.

Menawarkan kemampuan yang unik dan terbukti. Solusi operasional yang nyata segera menjadikan surveilans penuh. Kami yakin ada permintaan yang besar untuk system senjata ini. sahutnya.

KELEMAHAN

Radar ELM 2112 EP menggunakan satu pemancar dan Array Multi-beam yang dipindai secara elektronis. Setiap Emitor dan Penerima Array mencakup 90 derajat. Alhasil, Kemampuan Pendeteksi hanya mampu mencapai area 5 Km saja.

Sehingga untuk menghasilkan cakupan deteksi yang lebih luas membutuhkan banyak Radar ELM 2112 EP. Semakin banyak radar membutuhkan banyak biaya dan Baterei listrik.

Apabila Luas Area Hutan mencapai Jutaan Hektar

Maka Kemampuan ELM 2112 EP Layak untuk di Pertanyakan…?

Disisi Lain, ELM 2112 EP menggunakan Konsep Efek Doppler. Yaitu semacam Teknik melakukan analisis gema yang kembali.

Apabila Tentara Lawan bersembunyi di hutan dan memutuskan tak bergerak sama sekali. Maka ELM 2112 EP tak dapat bekerja maksimal.

Faktor Lain adalah Kelebatan Vegetasi. Semakin Lebat Hutan Tersebut. Maka Daya Jelajah Endus ELM 2112 EP semakin pendek.

Artikel Lainnya :


SPESIFIKASI
Nama : ELM 2112FP

asal : Israel

Ukuran : 77 x 91 x 44

Berat : 65 Kg

Radiasi : 1W

Tenaga Listrik : 120 Watt

Voltage : 28VDC

Jarak Endus : 5 Km

Pelacakan Simultan : 200

Rata-Rata Update Pelacakan Tiap : 1 Detik

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU