Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel AutoLap : Teknologi Penglihatan Laparoskopi operasi kedokteran minimal sayatan


Pada beberapa dekade yg lalu. Ketika dokter melakukan pembedahan operasi pada tubuh pasiennya.

Dokter dan perawat disibukkan dengan begitu berantakannya ruang operasi, dipenuhi darah, lendir, dan jahitan kulit yg bagi sebagian orang tentu tak tahan melihatnya hingga muntah.

Teknologi abad ini telah membantu dokter untuk meminimalkan sayatan. Dalam bahasa medis disebut Laparoskopi.

Laporoskopi adalah suatu teknik melihat ke dalam organ tubuh pasien tanpa melakukan pembedahan besar.

Kamera mini dimasukkan ke tubuh. Sehingga dokter dapat melihat layar monitor pada komputer untuk mengoperasikan alat-alat pembedahan.

Laporsokopi berbasis Robot Otomatis

Beberapa dokter dibeberapa negara lain yg menggunakan teknik laporsokopi masih melakukan pembedahan secara manual.

Perusahaan teknologi Israel mengubah pandangan tersebut menjadi serba otomatis menggunakan sistem robotika. Sehingga tak dibutuhkan lagi asisten atau perawat tambahan untuk prosedur operasi. Perawat dapat melakukan fokus layanan kesehatan dalam merawat pasien setelah operasi.

Manusia diketahui memiliki kelemahan dalam hal teknik laporsokopi dimana sering terjadi kesalahan.

Seperti mis-komunikasi antara dokter-perawat dan sering kelelahan sehingga posisi tak sesuai ditempat karena kadang-kala manusia bisa mengalami tremor tangan.

Perusahaan MST Medical Surgery Technologies asal Israel membuat produk yg disebut AutoLap.


Autotap adalah sistem pemposisian otomatis teknik laporsokopi dipandu oleh robotik untuk mengarahkan manuver kontrol dokter atau ahli bedah secara otomatis.

Produk AutoLap telah digunakan di negara Amerika Serikat, Israel, Eropa, Uni Eropa dan China.

MST merupakan perusahaan teknologi medis asal Israel yang dihormati karena layanan produk tersebut bertanggung jawab mengembangkan platform analisis gambar video berbasis perangkat lunak yang didukung oleh visualisasi canggih, pengenalan, kecerdasan buatan, machine learning, dan analitik data.


Dokter Paul Wijsman dari rumah sakit Meander Medish Centrum di Belanda, Uni Eropa mengatakan :

Dalam 98 persen kasus penggunaan teknologi AutoLap, kami dapat melakukan operasi tunggal, karena sistem pemposisian laporoskopi robotik mengambil kendali kamera secara mantap dan akurat. Sahutnya.

MST MEDICAL SURGERY TECHNOLOGIES LTD DI BELI OLEH PERUSAHAAN TRANSENTERIX

Perusahaan MST Medical Surgery Technologies yg menciptakan perangkat medis teknologi AutoLap didirikan oleh ilmuwan Ziv Tamir dan Moti Sholev dari Israel.

Pada tahun 2018.

Perusahaan TransEnterix asal Amerika Serikat mengakuisisi semua aset teknologi, portofolio, dan membeli hak kekayaan paten intelektual milik MST seharga $ 32.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 473 miliar rupiah.  

Setelah pembelian, Kantor MST system di tutup.

Diganti atau diubah menjadi kantor cabang R & D yg bernama TranEnterix Israel Ltd. Untuk memperkerjakan dan mengaji professor, ilmuwan dan karyawan Israel dalam menggunakan bakat ilmu pengetahuan mereka demi kesuksesan perusahaan TransEnterix di masa depan di bidang kesehatan dan alat-alat medis. 


Todd M Pope, Presiden dan CEO TransEnterix mengatakan :

Akuisisi teknologi MST ke platform kami akan meningkatkan efektivitas ahli bedah, membuat prosedur operasi lebih cepat dengan minim kesalahan. Tentunya hal ini mengarah ke sesuatu hasil yang lebih baik bagi pasien kami. Sahutnya.

Artikel Lainnya :


Youtube : MST

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU