Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Penyakit Bahaya Akibat Udara Busuk di Rumah Kumuh Selokan Berbau Sampah (2019)


Ketika kita jalan-jalan menelusuri pemandangan kota dan pedesaan. Tentu kita pernah melihat ada banyak lingkungan rumah kumuh padat penduduk, penuh sampah dan berbau busuk menyengat.

Kadang-kadang, di tempat kawasan perumahan elit tak luput pula dari pencemaran udara busuk. Hal ini karena selokan ditempat mereka mampet oleh sampah sehingga menghasilkan bau tak sedap.

Selokan dipenuhi jentik nyamuk, berlendir hitam dan tentu saja jorok banget karena banyak sampah seperti botol, plastic, dll.


Foto : Lokasi perumahan berudara kotor busuk di Jakarta
Udara adalah salah satu proses penting dalam kehidupan makhluk hidup. Termasuk manusia.

Manusia membutuhkan oksigen bersih sekitar 18 kilogram setiap hari.

Udara oksigen bersih bermanfaat untuk mengubah makanan menjadi energi pada tubuh kita, memproduksi sel darah merah dan merespon tubuh agar regenerasi sel menjadi lebih baik dan lebih sehat.

Bayangkan apa jadinya udara di sekitar rumah kita berbau busuk menyengat.

Berikut 5 penyakit berbahaya akibat udara kotor :



1]. ISPA

ISPA adalah infeksi saluran pernapasan akut. Ciri-ciri seperti batuk, demam & pilek.

Orang-orang tinggal dilokasi kumuh kotor berbau udara busuk sering terserang gejala ISPA.

Karena lokasi kotor merupakan tempat tumbuh kembangbiak sempurna bagi bakteri, virus dan hewan-hewan penyebar penyakit seperti kecoa, tikus, nyamuk, kutu, belatung & lalat.



2]. Asma

Asma adalah penyakit kronis jangka panjang saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan menimbulkan rasa sesak & sulit bernafas.


3]. Kebodohan

Menghirup udara bau terbukti merusak perkembangan otak sehingga menyebabkan seseorang menjadi tulalit, lola (loading lambat), mengalami kebodohan dan merusak memori.

Hal ini disebabkan karena udara kotor mengandung nitrogen dioxide (NO2) dan particulates (PM10). Tetapi belum jelas sebenarnya zat-zat kategori lain jenis apa penyebabnya..?

Penelitian bertajuk jurnal Ecological Economics sejak 2011-2019 melibatkan 34.000 ribu orang, dimana studi dipimpin oleh professor doktor Nattavudh dan Andrew Oswald menghasilkan pengungkapan data terdapat kaitannya antara udara bau dan kebodohan.

Pada awalnya penelitian menggunakan tikus. Hasil penelitian mengungkapkan ternyata tikus mudah lupa.



Penelitian berlanjut pada manusia di tempat 318 wilayah. 

Peserta diminta menghafal. Laporan analisis menghasilkan bahwa orang tinggal ditempat rumah kotor penuh bau menunjjukkan perkembangan otak sulit mencerna, mengingat & menghafal. Erat kaitan dengan tingkat pendidikan rendah & kebodohan.



4]. Kanker Paru Paru

Biaya penyembuhan kanker terkenal begitu mahal nan sulit disembuhkan apabila sudah berada di stadium 2, 3, & 4.

Bagi teman-teman sebagai peternak. Cobalah rutin membersihkan kotoran hewan agar tak berbau busuk.

Udara kotor berbau seperti tumpukan di sungai atau di selokan dapat terbang membawa begitu banyak komponen zat berbahaya tak kasat mata seperrti sulfat, nitrat, ammonia, natrium klorida, karbon hitam, pecahan debu mineral logam mikro, dll.

Ukuran partikel 2,5 mikron mudah terhirup melalui hidung masuk ke paru-paru. Resiko kematian dini mengancam. Tak hanya kanker paru-paru, berbagai jenis kanker darah dan kanker-kanker lainnya dapat disebabkan karena tinggal di tempat kotor nan kumuh. Akibat partikel jahat tersebut masuk melalui udara busuk mengalir ke darah.  



5]. Penuaan dini 10 tahun dan cepat lelah

Dengan menggunakan sampel representative. Para peneliti telah mempelajari hubungan data standar.

Mengungkapkan fakta bahwa menghirup udara bau tercemar dilingkungan kotor sehari-hari dapat membuat kita menjadi cepat tua 10 tahun.

Orang berusia 30 tahun dapat tampil seperti usia 40 tahun. Orang berusia 50 tahun dapat tampil seperti usia 60 tahun.

Orang yang sering menghirup udara kotor. Tubuhnya cepat keriput, beruban, mengkerut, rambut rontok dan kulit nampak kusam.

Selain itu, udara busuk membuat manusia cepat lelah sehingga sulit bekerja secara maksimal karena terus-terusan merasa kelelahan. 



SOLUSI :

1]. Bersihkan perkarangan dan rumah teman-teman secara rutin. Cucilah seprai, boneka, sepatu, baju, dll. Buanglah sampah pada tempatnya.
  
2]. Membeli teknologi AC air conditioner dengan rutin membersihkan perangkat filter agar sirkulasi udara menjadi tak bau & anti bakteri.

3]. Mohon berhentilah merokok dan berhentilah menggunakan eRokok electric Vape karena selain tak menyehatkan tubuh anda. Tentunya rokok menghasilkan polusi zat-zat kimia berbahaya di udara penyebab kanker.

4]. Pilihlah makanan sehat mengandung antioksida. Seperti sayuran dan buah-buahan. Karena membantu melindungi tubuh teman-teman dari bahaya senyawa karsinogen di udara.

5]. Bagi anda tinggal di lingkungan perumahan kotor yang sulit ditanggulangi atau tinggal di areal sungai penuh sampah. Cobalah berusaha pindah ke lokasi lingkungan kawasan rumah-rumah nan bersih.

6]. Bagi teman-teman tinggal di pedesaan dekat kandang ayam, kandang sapi & kandang kambing. Berusahalah rutin membersihkan kotoran hewan ternak. Percepat proses mengubah kotoran tai menjadi pupuk kandang. Membiarkan kotoran menumpuk berhari-hari tentu menghasilkan bau tak sedap.  

7]. Menanam pohon hijau.

8]. Membeli teknologi pembersih udara. Seperti Xiaomi Deerma 5L Air Humidifier Ultrasonic atau sesuai selera anda. Alat tersedia di toko online Tokopedia, Bukalapak & Shoope.


Youtube : Xiaomi Deerma

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU