Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tank Canggih Buatan Israel (2019)


Bermula dari sebuah infrastruktur tangki galon air dan mesin traktor pertanian. Tank akhirnya tercipta menjadi momok menakutkan bagi para tentara dan mengubah permainan game changer dalam peperangan modern.

Negara pertama pencipta tank adalah kerajaan Inggris. Diciptakan pertama kali pada tahun 1915. Namanya Mark. Kini berusia 104 tahun.

Dulunya wujud tank berbobot kaku, lambat dan berisik. Bayangkan saja untuk menempuh jarak 6 km membutuh waktu 1 jam.

Operator tank zaman old bahkan membutuhkan 10 orang didalamnya sambil berdesak-desakan, bermandikan keringat karena panas, ruangan interior berbau bahan bakar Avtur dan bunyi mesin membengkakkan telinga kru.

Terlepas dari masalah tersebut. Tank terbukti sebagai alustista mematikan.

Peluru senapan AK47 dan senjata ala Sniper dibikin tak berdaya olehnya.

Hingga saat ini, besok, lusa dan dimasa depan. Tank tetap menjadi momok menakutkan.

4 Tank Canggih Buatan Israel (2019) 

Pada tahun 2019. Negara Zionis Yahudi memiliki 2.760 unit tank dan 6.541 kendaraan lapis baja.

Saat ini, Israel telah memproduksi secara lokal tank buatan pabrik sendiri. Dikerjakan oleh perusahaan Elbit System dan Tomer.

Kebutuhan terhadap alustista tank Israel pertama kali tercipta akibat desakan serangan keroyokan negara-negara Arab dan embargo yang diberlakukan oleh Ferancis (Uni Eropa).

Sontak saja pada tahun 1967. Pemerintah Israel bertekad agar suatu saat kelak Israel berdaulat sepenuhnya 100% teknologi persenjataan tanpa perlu adanya 0% impor senjata dari negara lain.

tank+merkava+iv.jpg (662×439)

Mungkin, tak banyak orang menyadari bahwa asal usul tank Merkava buatan Israel merupakan perpaduan antara 2 negara adidaya. Yaitu Amerika Serikat dan Rusia. Ditambah dengan citrarasa ala ilmu pengetahuan Israel.

Merkava I diciptakan pertama kali dengan cara ilmuwan Yahudi mempreteli tank Patton milik Amerika Serikat dan mempreteli tank Rusia yang didapat oleh tentara IDF dari rampasan perang kekalahan Arab.

Berikut 4 tank canggih buatan lokal anak-anak bangsa Israel :

1]. Tank Merkava
Youtube : Israel Merkava


Merkava sudah tampil jauh berbeda dari generasi pertama. 

Merkava adalah Main Battle Tank kelas berat milik armada angkatan darat IDF. (IDF adalah sebutan tentara Israel).

Merkava di tempatkan di sepanjang ratusan kilometer pagar tembok perbatasan sebagai garis pertahanan terdepan.

Israel mengoperasikan Merkava generasi ke III sebanyak 780 unit dan Merkava generasi ke IV sebanyak 360 unit. Sekitar 300 unit sedang diproduksi oleh Israel untuk menggantikan pensiun Merkava III.

Bisa dikatakan hampir keseluruhan komponen Merkava diciptakan oleh Israel. Mulai dari meriam smoothbore IMI 120 mm, turret, electronic, sensor, radar, optic, amunisi, armor, active protection system, dll. Kecuali mesin dan komponen penting lainya yg belum sanggup diproduksi di ekspor dari Amerika Serikat. Hanya masalah waktu secara perlahan-lahan suatu saat kelak Israel memproduksi mesin tempur sendiri tanpa tergantung 0% dari AS. 

Youtube : Israel Merkava

Sayangnya, pada tahun 2006. Sebanyak lebih dari 50 unit Tank Merkava generasi IV hancur lebur dan rontok gosong terkena serangan rudal Kornet / Konkurs mematikan buatan Rusia yang ditembakkan oleh pejuang syiah Hizzbullah di Lebanon.

Memaksa pemerintah Israel berinovasi kembali untuk belajar dari pengalaman masa pahit demi menciptakan langkah anti-dot dengan melahirkan produk teknologi berupa perisai Trophy, Iron Fist dan sistem pemuktahiran yang lebih canggih.

National interest dan media internasional menyebut bahwa tank Merkava buatan Israel merupakan salah satu dari top #10 sosok tank kelas berat tercanggih di dunia.

Dalam bahasa Ibrani. Merkava memiliki simbol arti terjemahan : ‘KERETA DARI TUHAN’.  


Israel+Merkava+IV.jpg (754×608)

Keunggulan lain dari Tank MBT Merkava yaitu sanggup melontarkan rudal lahat sejauh 10 km dari moncong meriamnya dan body armor berbentuk v-shaped. 

Youtube : Israel Merkava

2]. Tank CARMEL

Carmel menjadi lompatan teknologi generasi tank lapis baja Israel berikutnya dari segi operasi, berat, biaya, ukuran dan ketahanan hidup.

Carmel belum tersedia saat ini. Proyek project yang dipelopori oleh pemerintah Israel melalui jenderal Didi ben Yoash masih dalam tahap pengembangan, riset dan penelitian.

Carmel ditujukan bukan untuk menggantikan tank Merkava. Melainkan menjadi pendamping disisi kiri dan kanan Merkava. Sekaligus menghentikan penggunaan tank M113 buatan Amerika Serikat.

Model roda rantai Carmel dikembangkan oleh MANTAK dibawah naungan IMOD yang dipimpin oleh Jenderal Baruch Matzliach.

Pada tahun 2019. Pengerjaan tank Carmel telah dimulai melalui Elbit System, Rafael Advanced Defense System dan IAI. Jika tak ada aral melintang tahun 2030-2035 tank ini diperkenalkan ke publik.

Karakterisitik tank Carmel berbentuk modular, menggunakan senapan mesin RCWS, rudal Spike, meriam autocannon 30 mm. 

Pengisian amunisi dilakukan otomatis oleh komputer.

Bersenjatakan tembakan laser, bersistem serba digital, memiliki serangan pertahanan peperangan elektronik cyber, mampu bergerak robotic self driving, bersystem komputer generasi berikutnya quantum, bermesin daya gerak hybrid electric, dilengkapi kecerdasan buatan Artificial Intelligence Deep Instinct, dilengkapi kesadaran situasional yang lebih baik dengan kokpit transparan helm Iron Vision.

Sistem kebakaran, sistem komando, navigasi, sistem kontrol dll menggunakan teknologi benar benar baru.

Carmel diawaki hanya oleh 2-3 orang. Ditempatkan kelak berada digaris kedua dibelakang tank MBT Merkava.  

Youtube : Israel Carmel

3]. Tank NAMER

Namer adalah tank IFV/AFV seberat 60 ton untuk mengangkut 13 tentara pasukan personil ke medan perang.

Pada tahun 2019. Pemerintah Israel memiliki 120 unit Namer. Saat ini sedang dalam tahap produksi massal hingga 531 unit.

Israel+Namer+dengan+Samson+30+mm+dan+rudal+Spike+internal+di+dalamnya.jpg (745×431)

Namer.jpg (717×405)

Namer dilengkapi dengan berbagai varian senjata. Meliputi senapan mesin RCWS Typhoon 7,62 mm coaxial, turret meriam 30 mm Samson, perlindungan armor STAGNAN level 1-4, perisai APS, perisai jamming elektronik, perlindungan granat asap, internal mortal 60 mm dan rudal ATGM spike yang tersembunyi dibalik kubak palkan. Rudal ampuh menghancurkan tank musuh dari jarak 5 km.

Keunikan dari Namer yaitu memiliki rudal yang dapat direload isi ulang dari dalam. Sehingga aman dari serangan sergapan Sniper dan pecahan shell proyektil artileri.

Harga perunit Namer sekitar Rp 41 juta rupiah. Belum termasuk persenjataan SAMSON.

Dalam istilah orang-orang Yahudi Zionis. Samson adalah sosok pribadi tertulis di kitab Taurat Yahudi tentang pria kuat berbadan otot kekar, berambut panjang dan fisiknya besar, berat dan bertubuh tangguh dalam melindungi dan menyelamatkan orang-orang Israel. 

Youtube : Israel Namer

4]. Tank EITAN

Eitan adalah tank kendaraan lapis baja IFV/APC roda 8x8 seberat 35 ton untuk transportasi 12 tentara.

Pertama kali diluncurkan pada 1 Agutus 2016 dengan maksud tujuan sebagai pendamping tank Namer di belakang garis ke empat dan untuk mempensiunkan atau menghentikan penggunaan seluruh jajaran produk tank M113 buatan Amerika Serikat yang dioperasikan oleh IDF di Israel.

Eitan diperlengkapi senjata berupa senapan mesin typhoon dan turret Elbit UT30 MK2 Ares.

Pada tahun 2020. Israel segera memproduksi massal kendaraan tempur Eitan tersebut.

Tak seperti tank Merkava yang dilarang dijual oleh pemerintah Israel. Maka Eitan dan Namer tersedia untuk varian ekspor tersedia bagi peminat kalangan internasional apabila tertarik membeli. 

Eitan sanggup melaju secepat 90 km/jam. 



Youtube : Israel Eitan

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU