Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Macam Jenis Agama Kristen Terbesar di Dunia (2020)


Perbedaan adalah keindahan. Jangan jadikan suatu pemahaman teologi berbeda untuk saling membenci antara Kristen yang satu dengan Kristen yang lainnya. Atau menganggap Kristen yang satu benar dan Kristen yang lainnya sesat. (Anti-kristus)

Selama ini, mayoritas orang di Indonesia. Tak banyak menyadari bahwa agama Kristen terbagi ke dalam banyak cabang berbeda beda.

Ada orang beranggapan bahwa Kristen itu sama saja secara menyeluruh.

Padahal sebenarnya ngga demikian.

Kristen itu beda-beda lho, walaupun punya Tuhan Yesus Kristus yang sama. Walaupun punya salib yang sama. Tetapi pemahaman ideologi & teologi antar Kristen yang satu dengan Kristen yang lain sesungguhnya berbeda-beda.

Agama Kristen secara keseluruhan merupakan kepercayaan terbesar #1 di dunia dengan total jumlah pemeluk mencapai 2.390.708.000 miliar orang. Kemudian disusul #2 oleh agama Islam dengan jumlah 1.824.259.000 miliar orang. Lalu disusul oleh Hindu #3 sebanyak 1.166.936.000 miliar orang dan pemeluk atheis #4 sebanyak 1.000.912.000 miliar orang. Kemudian pemeluk agama paling terkecil di dunia di huni oleh Yahudi sebanyak 14.500.000 juta orang.

Kristen+Indonesia.jpg (515×289)

Sebagai informasi tambahan.

Sangat sulit bagaimana membedakan antara Kristen Katolik dan Kristen Protestan. Karena memiliki kemiripan hampir 99%. Secara teori memang dapat diindetifikasi dengan mudah melalui membaca artikel. Kita dapat mengetahui bahwa kitab suci antara Katolik dan Protestan berbeda.

Tetapi itu sulit jika anda ingin mengetahui apakah orang itu Katolik atau Protestan. Kecuali kita bertanya pada orang Kristen tersebut…? Apakah dia Katolik atau Protestan.

Yang lebih sulit. Bagaimana membedakan antara Kristen Protestan Kharismatik, Kristen Protestan Pentakosta, Kristen Protestan Evangelist, dll sebagainya. Kecuali kita bertanya pada orang Kristen tersebut…? Apakah dia pemeluk Kharismatik, Pentakosta, Calvinisme atau Evangelist.

Di abad ke 16. Martin Luther memprotes Vatikan. Menghasilkan perpecahan antara Kristen Katolik yang menyebabkan lahirnya agama Kristen Protestan.

Kemudian. Ajaran Kristen Protestan yang berasal dari Jerman terus berkembang pesat dari tahun ke tahun ke seluruh dunia hingga bercabang mencapai 33.000 denominasi.

Kristen Protestan diketahui saling bertentangan terpisah antara satu dan lainnya. Tata cara ibadah saling berbeda-beda, ideologi pun berbeda.

Seperti yang kita tahu, Agama Kristen secara garis besar terbagi-bagi lagi menjadi : Kristen Katolik, Kristen Protestan dengan 33.000 cabangnya, Kristen Ortodoks, Kristen Koptik, dll.

NB : Data diambil dari sumber lama tahun 2010.

Kecuali jumlah agama Kristen Katolik, Kristen Protestan Kharismatik Pentakosta, dan Kristen Evangelist. Data telah diperbaharui tahun 2019.

Berikut 7 Macam Jenis Kristen Terbesar di Dunia (2020)
  
1]. Kristen Katolik
 orang-orang+Katolik.jpg (712×534)

Penganut terbesar ada di : Uni Eropa dan tersebar di seluruh dunia

Jumlah pemeluk : 1.299.059.000 miliar orang

Kristen Katolik adalah agama tertua di ajaran Kristen dan agama terbesar di Kristen. Berasal dari kata Katolikos yang berarti secara keseluruhan, universal atau gabungan untuk sebutan bagi seantero dunia Kristen di penjuru bumi yang beriman kepada Tuhan Yesus Kristus tanpa pandang denominasi.

Katolik berlandaskan tafsiran magisterium berpusat di Roma, Vatikan. 1]. Kitab Suci, 2]. Tradisi suci seperti tanda salib. 3]. Magisterium dan Katekismus. Jadi, Katolik ngga boleh sembarangan menafsirkan Alkitab karena terdapat otoritas berwenang yang dipimpin oleh Paus Benediktus.

Membedakan simbol Katolik dan Protestan sebenarnya mudah. Jika salib mereka ada patung dan di gereja ada patung. Atau jika Alkitab mereka lebih tebal ketimbang kitab suci Protestan. Maka mereka adalah Katolik. Tetapi untuk membedakan orang Katolik dan orang Protestan itu sangat sulit, kecuali anda bertanya kepada mereka secara pribadi. Apakah mereka Katolik ataukah Protestan. Karena untuk mengetahuinya hanya dari isi pikiran ideologi & teologinya.   

Di Indonesia. Jumlah penganut agama Kristen Katolik berjumlah sekitar 6.800.000 juta orang.

Pada saat ini. Katolik menyerukan penyatuan antara Katolik Roma dan Kristen Protestan, yang pernah terpecah pada abad ke-16 saat Martin Luther, yang ketika itu menjadi pendeta Katolik, mengajak umat Kristen memisahkan diri dari gereja mereka.

Katolik menginginkan agar Kharismatik/Pentakosta/Lutheran kembali menyatu menjadi kesatuan yang sama di Katolik dalam kasih dan karunia.

Paus Fransiskus pada tahun 2018 mengatakan :

Saya datang ke sini untuk menyerukan persatuan dan perdamaian,". Sahutnya. 

2]. Kristen Protestan Kharismatik / Pentakosta
gereja+kristen+amerika+serikat.jpg (738×548)

Penganut terbesar ada di : Amerika Serikat dan tersebar di seluruh dunia

Jumlah pemeluk : 584.000.000 juta orang

Agak sulit membedakan Kristen Protestan Pentakosta dan Kristen Protestan Kharismatik. Karena hampir mirip-mirip.

Saya (Afrid Fransisco) sebagai penulis juga masih kebingungan bagaimana membedakan Kharismatik dan Pentakosta.

Bahkan karena semakin sulit dibedakan. Pusat studi Pewforum memasukkan Kharismatik dan Pentakosta secara golongan bersamaan. Karena hampir sama.   

Namun, kita dapat mengetahui perbedaan mencolok antara Kharismatik Pentakosta dengan ajaran Kristen lainnya. Yaitu adanya penggunaan minyak urapan dalam penyembuhan ilahi, baptisan roh kudus, bahasa roh kudus, pengurapan roh kudus, kuasa roh kudus, ibadah bersifat kekeluargaan, sering melakukan nubuat, sering melakukan pengusiran setan, pendetanya sanggup mendengar suara Tuhan, praise & worship menggunakan lagu modern dengan cara menari-nari, bertepuk tangan, melompat lompat, berbahasa lidah, sering mengadakan KKR, pengalaman spiritual, api penginjilan, dan adanya mujizat kesembuhan.

Pendeta Kharismatik / Pentakosta pada umumnya berkharisma, berwibawa, mereka aktif di media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, Tiktok, dll.


Youtube : Gereja Kharismatik / Pentakosta di Indonesia 

Dalam berkhotbah di gereja.

Pendeta Khrismatik/Pentakosta biasanya menggunakan teknik pencahayaan lightining di gereja, menggunakan layar multimedia besar, menggunakan alunan melodi melodi musik pengiring seperti gitar, piano, band, seruling, dll saat berkhotbah sehingga jemaat menjadi terharu, berapi-api, kadang-kadang jemaat menangis karena pertobatan.

Praise & Worship Kristen Kharismatik/Pentakosta biasanya dapat berlangsung selama berjam-jam.  

Menurut PEW. Perkembangan pertumbuhan Kharismatik / Pentakosta berkembang sangat sangat cepat sekali. Bahkan banyak orang-orang Kristen dari aliran lain memutuskan pindah ke gereja ini karena begitu modern, bersih, mewah dan teknik khotbah yang berkharisma.

Kristen Protestan Kharismatik percaya bahwa Allah adalah Bapa yang disembah sebagai Mahabesar. Orang-orang Kharismatik menyembah Bapa sebagai Mahabesar dan Yesus sebagai Tuhan. 

Yesus cuma anak Allah, Yesus utusan Allah. Dan Allah Bapa Maha Besar lah yang patut disembah. Tetapi tidak ada seorangpun yang sanggup datang kepada Allah Bapa kalau tidak melalui kepada Yesus terlebih dahulu.

Di Indonesia. Hampir sebagian besar agama Kristen Protestan menganut kepercayaan Kharismatik / Pentakosta dengan jumlah pemeluk mencapai 24.000.000 juta orang lebih.

Pendeta paling terkenal di Kharismatik / Pentakosta di Indonesia adalah Gilbert Lumoindong, Yesaya pariadji, Philip Mantofa, Niko Njotorahardjo, Esra Alfred Soru, dll.

3]. Kristen Ortodoks

Penganut terbesar ada di : Rusia dan tersebar di seluruh dunia

Jumlah pemeluk : 225.000.000 juta orang

Kristen Ortodoks adalah agama yang berpegang pada Alkitab tanpa kritik. Mengakui Yesus memiliki sifat sebagai TUHAN dan MANUSIA. Mengakui Yesus sebagai TUHAN, BAPA dan ROH KUDUS sebagai pelindung manusia dari dosa (Tritunggal).

4]. Kristen Protestan Evangelist


Youtube : Gereja Evangelist di Amerika Serikat

Penganut terbesar ada di : Amerika Serikat dan tersebar di seluruh dunia

Jumlah pemeluk : 183.000.000 juta orang

Kristen Protestan Evangelist adalah salah satu cabang denominasi dari Kristen Protestan.

Evangelist secara eksklusif artinya menjadi Kristen. Kelahiran kembali dan percaya bahwa Yesus adalah Tuhan Kristus Mesias. Evangelist menitikberatkan firman Alkitab, pertobatan, penginjilan dan keselamatan oleh kasih karunia hanya melalui iman di dalam YESUS KRISTUS dalam Trinitas Tritunggal. (Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus).

Evangelis tak pernah sekalipun melakukan mujizat kesembuhan, tak pernah berbahasa roh, tak pernah menggunakan minyak urapan, tak pernah mengadakan KKR, tak pernah mengusir iblis. Kecuali mendoakan orang-orang, saling berdoa, memberitakan kabar baik Alkitab dan melaksanakan puji-pujian (paduan suara) untuk memuji Tuhan Yesus Kristus.

Di Indonesia. Jumlah pemeluk Kristen Protestan Evangelist hanya ada 1.094.000 juta orang saja.

Afrid Fransisco (penulis ini) beragama Kristen Protestan Evangelist.

Pendeta paling terkenal di Evangelist adalah Bill Graham.

5]. Kristen Anglikan

Penganut terbesar ada di : United Kingdom (Inggris) dan tersebar di seluruh dunia

Jumlah pemeluk : 110.000.000 juta orang

Kristen Anglikan adalah suatu keyakinan, praktik ibadah dan struktur gereja sebagai anggota nasional dan internasional dalam Kristen terhubung ke ikatan tradisi, afeksi dan loyalitas kebersamaan dalam persekutuan takhta Canterbury.

6]. Kristen Protestan Baptis (Baptist)

Penganut terbesar ada di : Amerika Serikat dan tersebar di seluruh dunia

Jumlah pemeluk : 105.000.000 juta orang

Baptisme adalah aliran Kristen yang hanya mengakui pembaptisan orang yang telah mampu mengakui imam mereka akan Yesus Kristus secara pribadi. Baptisan anak-anak di tolak.

7]. Kristen Protestan Calvinisme (Reformed)

Youtube : Gereja Kristen Protestan Reformed Injili di Indonesia. (Calvinisme)


Penganut terbesar ada di : Uni Eropa dan tersebar di seluruh dunia

Jumlah pemeluk : 100.000.000 juta orang

Calvinst adalah aliran denominasi dari salah satu gereja Kristen Protestan yang berasal dari ajaran John Calvin asal Ferancis. Negara sebelah Jerman dimana reformator gereja Martin luther berasal.

Pada hakekatnya ajaran Calvins dan Lutheran hampir mirip. Hanya saja liturgi dan sistem organisasi saja yang berbeda.

Karena Indonesia dijajah oleh Belanda. Secara praktis banyak gereja di Indonesia menganut Calvinst.

Calvinst menganut pemahaman Tritunggal.

Pendeta paling terkenal di Calvinisme (Reformed) di Indonesia adalah Stephen Tong.

Semoga bermanfaat ya. GBU