Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 denominasi agama Kristen terbesar di dunia (2020)


Banyak orang di Indonesia ngga menyadari bahwa agama Kristen terbagi ke dalam banyak denominasi berbeda beda mencapai lebih dari 33.000 unit cabang Kristen.

Ada orang beranggapan bahwa Kristen itu sama saja secara menyeluruh di dunia ini.

Karena memiliki lambang universal berupa tanda sebuah salib dan kitab suci berupa Alkitab. 

Padahal agama Kristen itu ya berbeda antara yang satu dengan lainnya melalui ajaran teologi, dogma, definisi dan bahkan isi Alkitab juga saling berbeda beda berdasarkan penganut pemeluk ajaran Kristen tersebut. 


Perbedaan adalah keindahan. Jangan jadikan suatu pemahaman teologi berbeda untuk saling membenci antara Kristen yang satu dengan Kristen lainnya. Atau menganggap Kristen yang satu benar dan Kristen yang lainnya sesat. (Anti-kristus).

Artikel hari ini memberikan informasi tentang berapa ukuran relatif aliran agama Kristen berdasarkan jumlah terbanyak.

Secara garis besar. Walaupun memiliki 33.000 cabang denominasi. Kristen mengacu kepada dominan di masa depan adalah Kristen Katolik, Kristen Protestan dan Kristen Ortodoks.

Sedangkan denominasi kecil dengan pemeluk sedikit sedang dalam tahap menuju era kepunahan.

Berikut detailnya :

1]. Kristen Katolik.

orang-orang+Katolik.jpg (712×534)

Pusat pemeluk terbanyak ada di : Uni Eropa dan tersebar di seluruh dunia.

Jumlah pemeluk : 1.299.059.000 miliar orang.

Kristen Katolik adalah agama tertua di ajaran Kristen dan agama terbesar di Kristen. Berasal dari kata Katolikos yang berarti secara keseluruhan, universal atau gabungan untuk sebutan bagi seantero dunia Kristen Katolik di penjuru bumi.

Katolik berlandaskan tafsiran magisterium berpusat di Roma, Vatikan. 1]. Kitab Suci, 2]. Tradisi suci seperti tanda salib. 3]. Magisterium dan Katekismus. Jadi, Katolik ngga boleh sembarangan menafsirkan Alkitab karena terdapat otoritas berwenang yang dipimpin oleh Paus Benediktus.



Membedakan simbol Katolik dan Protestan sebenarnya mudah. Jika salib mereka ada patung dan di gereja ada patung. Atau jika Alkitab mereka lebih tebal ketimbang kitab suci Protestan. Maka mereka adalah Katolik. Tetapi untuk membedakan orang Katolik dan orang Protestan itu sangat sulit, kecuali anda bertanya kepada mereka secara pribadi. Apakah mereka Katolik ataukah Protestan. Karena untuk mengetahuinya hanya dari isi pikiran ideologi & teologinya.   


Di Indonesia. Jumlah penganut agama Kristen Katolik berjumlah sekitar 6.800.000 juta orang.

2]. Kristen Protestan.

gereja+kristen+amerika+serikat.jpg (738×548)

Pusat pemeluk terbanyak ada di : Amerika Serikat dan tersebar di seluruh dunia.

Jumlah pemeluk : 900.000.000 juta orang.

Di dunia internasional. Kristen Protestan terpecah belah kembali terbagi-bagi menjadi 33.000 cabang denominasi aliran yang berbeda-beda. Tak dipungkiri. Kejadian terjadi pula di Indonesia saling bercabang-cabang.

Denominasi artinya adalah suatu kelompok dalam Kristen protestan yang diidentifikasi memiliki struktur, ajaran, ideologi, teologi dan doktrin berbeda sehingga menjadi titik balik mengapa terjadinya perpecahan di antara Kristen protestan hingga mencapai 33.000 cabang denominasi di seluruh dunia.


Pada umumnya sudah tak dipungkiri motivasi pandangan mereka saling berbeda-beda. Ada yang puas dan ada yang tak puas terhadap gereja yang satu dengan gereja yang lainnya. Sehingga memicu terjadinya perselisihan & pemisahan denominasi gereja hingga saat ini.

Dapat disimpulkan bahwa denominasi-denominasi yang ada di Kristen Protestan tercipta atas dasar pemikiran manusia.


Berdasarkan dari berbagai sumber laporan.


Pada tahun 2018. Jumlah pemeluk dari total perhitungan seluruh denominasi agama Kristen Protestan mencapai 900.000.000 juta orang dari seluruh dunia.

Sebuah studi demografis yang komprehensif dari lebih 200 negara berdasarkan sensus dan survei populasi yang representatif. Menemukan indikasi dan analisa bahwa hanya ada beberapa aliran denominasi Kristen Protestan saja yang berjumlah pemeluk terbesar. Sisanya merupakan denominasi-denominasi skala kecil dengan jumlah anggota jemaat sedikit.

Aliran kristen protestan terbesar di dunia yaitu Kharismatik Pentakosta, Evangelis (Injili), Calvins, Lutheran dan Baptis.

3]. Kristen Ortodoks.

Kristen+Ortodoks.jpg (663×382)


Pusat pemeluk terbanyak ada di : Rusia dan tersebar di seluruh dunia.

Jumlah pemeluk : 225.000.000 juta orang

Salah satu cabang agama Kristen Ortodoks menurun tajam menuju ke era kepunahan.

Kristen Ortodoks adalah agama yang berpegang pada Alkitab tanpa kritik. Mengakui Yesus memiliki sifat sebagai TUHAN dan MANUSIA. Mengakui Yesus sebagai TUHAN, BAPA dan ROH KUDUS sebagai pelindung manusia dari dosa (Tritunggal).  

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU