Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 hewan paling di konsumsi masyarakat dunia berdasarkan peringkat (2020)

Pada hari ini. 2.800.000.000 miliar orang kekurangan gizi.
 
Karena udah ngga dapat membeli makanan berupa daging atau tak sanggup lagi untuk memiliki hewan ternak. Sehingga kebutuhan gizi seperti protein hewani demi asupan keluarganya mengalami kekurangan (dalam bahasa lain disebut malnutrisi).
 
Kadang kadang mereka tak makan apapun selama 1 – 2 hari.
 
Karena ketidakmampuan mereka membeli makanan.
 
Agar dapat menjalani aktivitas sehari hari. Manusia membutuhkan makanan yang mengandung protein seperti daging, telur, ikan, sayur, buah, dll.  

 
Namun, ada lebih dari 7.800.000.000 miliar mulut orang orang haruslah diberikan asupan makanan.
 
Nah, untuk membeli daging, maka dibutuhkan uang dalam jumlah banyak ketimbang membeli protein dari hasil tanaman seperti tahu dan tempe yang berharga murah.

Ikan masih menjadi primadona untuk memenuhi kebutuhan terhadap protein hewani. Pada zaman nenek moyang, ikan di tangkap di laut dan sungai. Namun kini tingkat perburuan ikan telah berkurang. Nelayan mengalami frustasi Karena hasil tangkapan ikan selalu berkurang dari tahun ke tahun.
 
Sebagai gantinya. Kebanyakan Ikan kini dibudidayakan pada kolam buatan. 50% hasil produksi protein dari ikan berasal dari pemeliharaan akuakultur. Sedangkan 50% lainnya masih berasal dari nelayan di laut dan sungai.
 
Namun pada beberapa dekade mendatang. 99% hasil budidaya perairan ikan segera digantikan berpindah ke darat menggunakan sistem teknologi RAS ( recirculating aquaculture system ). Karena laut sudah tak lagi dapat mencukupi kebutuhan perut lebih dari 15 miliar orang untuk masa depan.
 
Bagi banyak orang. Daging merupakan sumber protein, vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan. Namun disisi lain diketahui daging juga punya dampak negatif karena mengandung lemak jenuh dan kolesterol penyebab sakit jantung, stroke, obesitas kegemukan, dan hipertensi.
 
Pada tahun 2018. 6% produktivitas global bruto (PDB global) berasal dari kontribusi aktivitas pertanian dan peternakan. Dimana 60% berupa bentuk pertanian sebagai penyokong hewan ternak dan 40% nya dari peternakan hewan dan ikan yang melahap makanan dari hasil produk pertanian.
 
Ada 1.000.000.000 miliar orang bekerja di bidang pertanian, perternakan dan perikanan sebagai mata pencarian utama dan sampingan mereka.
 
Sedangkan orang orang yang melahap konsumsi daging terus meningkat tanpa menunjjukkan tanda tanda trend penurunan. Referensinya hingga tahun 2030. Miliaran orang tetap makan ikan, ayam, sapi, domba, babi, kambing, dll.    
 
Memang beberapa orang mengalami malnutrisi. Namun beberapa orang lain justru kelebihan berat badan (kegemukan) karena secara terus menerus melahap protein dalam jumlah besar sesuai dengan isi dompetnya yang juga besar dan makmur.
 
Berikut adalah 7 hewan paling di konsumsi masyarakat dunia berdasarkan peringkat (2020)
 
1]. Ikan

 
Protein ikan mendapatkan posisi pertama sebagai konsumsi manusia terbanyak di dunia.
 
Harga rata rata daging ikan per 1 kg untuk area Kalimantan Tengah sekitar Rp 25.000 - 30.000 ribu rupiah. ( tergantung jenis ikannya ya )
 
2]. Ayam

 
Daging ayam dikenal empuk. Ada banyak resep olahan dari daging ayam seperti sosis, bakso, sup ayam, sate, KFC, ayam pedas manis, dll sebagainya.

Pada tahun 2018. Sebanyak 50.000.000.000 miliar ayam di potong setiap tahunnya.  
 
Harga rata rata daging ayam per 1 kg untuk area Kalimantan Tengah sekitar Rp 35.000 – 39.000 ribu rupiah.
 
3]. Babi

 
99% peternakan babi dilakukan dikandang menggunakan beton atau kayu.
 
Hanya 1% peternak saja melepaskan babi ke padang rumput luas dengan luasan mencapai berhektar hektar dikelilingi oleh pagar kawat listrik.
 
Walaupun ada agama menentang konsumsi babi. Seperti Islam dan Buddha.
 
Namun keyakinan lain seperti Kristen Protestan, Kristen Katolik, Kristen Ortodoks, Hindu, agama tradisional dan orang orang atheis dengan lahap menyantap daging babi.
 
Pada tahun 2018. Sebanyak 1.500.000.000 miliar babi diseluruh dunia dipotong per tahunnya guna memenuhi kebutuhan manusia terhadap protein hewani ini.  
 
Rata rata harga daging babi per 1 kg mencapai Rp 77.000 ribu rupiah.
 
4]. Kalkun

 
Kalkun adalah spesies burung unggas berukuran besar.
 
Pada 2018. Sebanyak 656.000.000 juta kalkun dipotong.
 
5]. Domba

 
Domba adalah salah satu hewan jinak yang dipelihara untuk dimanfaatkan produknya seperti bulu, daging dan susu. Beberapa jenis domba digunakan sebagai ajang lomba petarung dengan meningkatkan nilai jual sebagai bibit unggul.  
 
Pada 2018. Sebanyak 574.000.000 juta domba disembelih.
 
6]. Kambing

 
Kambing dikenal memiliki kolesterol tinggi. Sehingga beberapa orang menghindari produk dari daging hewan ini. Namun beberapa orang dengan lahap menyantap. Entah itu berupa sate, sup, gulai, dll sebagainya.
 
Pada 2018. Sebanyak 479.000.000 juta kambing disembelih.
 
Rata rata harga kambing termurah per 1 kg mencapai Rp 100.000 ribu rupiah.
 
7]. Sapi

 
Pada peringkat terakhir ditempati oleh sapi.
 
Hewan sapi berukuran besar dengan bobot maksimal dapat mencapai 2 ton ( 2.000 kg ).
 
Pada 2018. Sebanyak 302.000.000 juta sapi dibunuh untuk produksi daging.
 
Rata rata harga daging sapi per 1 kg mencapai Rp 120.000 ribu rupiah.


 
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU