Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Papaya Global akuisisi perusahaan Uni Eropa Azimo senilai $ 200.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 2,8 triliun rupiah [ Teknologi manajemen cloud otomatis pembayaran gaji karyawan lintas negara berbasis mata uang tradisional dan cryptocurrency ] ( 2022 )

Perusahaan teknologi asal Israel, Papaya global secara resmi telah mengakuisisi Azimo asal Uni eropa.

Nilai akuisisi mencapai $ 200.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 2,8 triliun rupiah 

( setara 2.800 miliar rupiah ). 

Papaya global melakukan akuisisi Azimo untuk memperluas cakupan platform HR dan penggajian berbasis cloud secara internasional mengingat sedang maraknya fenomena pekerjaan jarak jauh dan WFH (work from home).

Alex margolin dari Papaya global mengatakan : 

Bersama dengan Azimo, papaya global dapat menawarkan solusi pembayaran yang memberikan kecepatan hitungan jam bukan hari. Kami akan membangun penawaran pembayaran dan keuangan baru yang inovatif untuk pelanggan dari uang muka, kredit hingga cryptocurrency. Sahutnya. 

Tambahan dari Tim Papaya global mengatakan : 

Akuisisi Azimo secara signifikan memperluas kemampuan Papaya dalam hal pembayaran penggajian dan memperkuat jati diri untuk membantu perusahaan klien mengelola tenaga kerja secara jarak jauh dengan lancar mulai dari membayar pekerjaan magang hingga pembayaran lanjutan. Sahutnya. 

Tentang Azimo dan akuisisi.

Setelah akuisisi, perusahaan Azimo tetap beroperasi seperti biasa. 

Hanya saja status Azimo berubah menjadi anak perusahaan dari pemilik baru yaitu Papaya Global

Semua karyawan Azimo tetap berkerja seperti hari biasa untuk tetap memberikan nilai kepada pelanggan bisnis lama mereka dalam memberdayakan pengiriman uang ke luar negeri.

Sedangkan lisensi teknologi, solusi fintech, source inti perangkat lunak, basis komunitas pelanggan dan semua hak paten blueprint milik Azimo mulai tahun 2022 segera berpindah tangan dari negara Uni Eropa menuju ke markas besar Papaya Global di Israel. 

Azimo didirikan pada tahun 2012 oleh 2 founder asal Uni Eropa (Polandia & Belanda ) dari Michael Kent dan Richard Ambrose. Menawarkan jasa aplikasi transfer uang yang bersaing dengan bank dari segi harga dan kecepatan kirim terima uang. 

Mayoritas pelanggan Azimo berasal dari seluruh negara kawasan Uni Eropa. Tetapi ada pula pelanggan dari negara lain yaitu United Kingdom (UK). 

Total jumlah pelanggan aktif Azimo sebanyak 1.000.000 juta orang di tahun 2022.  

Tentang Papaya global

Papaya global didirikan pada tahun 2016 oleh founder seorang wanita Yahudi asal Israel dari Eynat Guez. 

Beliau lulusan Open University of Israel.

Dibantu oleh 2 sahabat dari Ofer herman dan ahli komputer Ruben drong dari Universitas Ben Gurion Negev Israel.  

Sebelumnya, Ruben drong adalah pencipta teknologi Mrdit, Safetlyguard dan Aasl. 

Papaya global adalah teknologi pembayaran manajemen HRIS pertama di dunia yang mengubah semua proses penggajian gaji karyawan dari berbagai macam negara di seluruh dunia, mulai dari dokumen, spreadsheet dan segala macam kerepotan, kebingungan dan keruwetan disederhanakan menjadi satu platform cloud otomatis dalam produk all in one kepada klien perusahaan yang telah bekerjasama.

Sekaligus menawarkan integrasi kontrol solusi VMS, MSP & HRIS. Sehingga mengurangi pengeluaran biaya yang tak perlu, meminimalkan error kesalahan manusia, dan menurunkan tingkatan kelelahan kronis dari tim tenaga kerja perusahaan anda. 

Papaya global menggunakan teknologi otomatisasi berbasis kecerdasan buatan artificial intelligence (AI) yang mampu menghandle ribuan hingga jutaan proses big data pembayaran gaji dalam kecepatan tinggi secara realtime.

Teknologi Papaya global diciptakan dengan pendanaan modal sebesar $ 440.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 6,2 triliun ( setara Rp 6.292 miliar rupiah )

Klien pelanggan meliputi perusahaan raksasa seperti Toyota, Panasonic, Microsoft, Oracle, dan 700 perusahaan lainnya yang tersebar di seluruh penjuru dunia. 

Patrick mengatakan : 

Papaya global telah membangun solusi terbaik dikelasnya untuk membayar rekrut karyawan baru, mengotomatisasi penggajian dan mengelola tenaga kerja global melalui satu platform. Baik untuk perusahaan yang sedang berkembang maupun perusahaan besar yang telah matang secara dramatis mengubah praktek kerja mereka dalam beberapa tahun belakangan ini. Kami bersemangat untuk terus mendukung mereka karena mereka berusaha menyederhanakan tantangan yang semakin kompleks agar perusahaan mereka menjadi lebih besar. Sahutnya. 

Papaya Global hanya memiliki 400 karyawan yang berkantor pusat di Israel. 

Namun, setiap tahun perusahaan ini mampu meraup pendapatan sebesar $ 67.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 958 miliar rupiah

Tim Papaya bersemangat untuk terus melipatgandakan trend pendapatan hingga 3x lipat untuk beberapa tahun di masa mendatang. Mengingat proses kerja jarak jauh menjadi hal yang makin lumrah di abad modern ini. Mulai dari freelancer, kontraktor sewaan, UKM yang memiliki 50 karyawan lebih, dan hingga ke berbagai macam perusahaan global mulai berbondong bondong menggubah cara mereka berbisnis.  

Nama : Papaya global

Kategori : Transfer gaji tenaga kerja otomatis via uang tradisional dan cryptoccurency

Kantor pusat : Israel

Jumlah karyawan : 400 orang

Alamat website : papayaglobal.com

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU