Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diary urban farming, family cooking, bisnis online, travel dan investasi cryptocurrency Maret 2022

Saya kembali menulis tentang diary urban farming, family cooking, bisnis online, travel dan investasi cryptocurrency hasil bulan Maret 2022.

Tulisan ini saya tulis sebagai pedoman bagi saya untuk mencari kelemahan dan kelebihan setiap strategi untuk menjadi lebih baik lagi.

Siapa tahu bermanfaat bagi pembaca ya.

Permasalahan peternakan ayam :

Tak mudah untuk berternak ayam di lokasi ini mengingat ada predator yang memangsa ayam.

Sehingga banyak ayam milikku mati dimangsa.

Foto : Kandang ayamku sepi banyak mati di makan predator

Bahkan ayam yang udah dewasa sering dikejar lalu dimakan. 

Akibatnya kebun yang rencana awal hendak pengen memelihara hingga 100 - 200 ekor ayam akhirnya menjadi sepi. 

Beberapa bulan yang lalu juga sempat bikin tembok. Tetapi terdapat kesalahan karena ukuran tingginya yang terlalu rendah menyebabkan ayam tetangga dapat terbang masuk mondar mandir ke lokasi kebun rumah dan ayam aku juga masuk ke lokasi tetangga. 

Padahal rencana awal aku sih tembok ini tinggi, tapi dibikin ama tukang malah rendah.

Akibatnya pekerjaan tembok menjadi sia sia karena ayam dapat terbang kesana kemari.

Kalau tembok pengen ditinggiin butuh uang lagi dan direhap lagi.

Beberapa hari yang lalu saya juga udah bikin tempat ayam bertelur. Tapi sekarang ayamnya udah banyak mati di mangsa, dan jikapun ada ayam yang menetes. Kejadian bakal terulang lagi. Ayam dimangsa lagi. 

Hanya ada 2 solusi untuk masalah ini yaitu meninggikan ukuran tembok dan membuat batas pagar penghalang predator agar mereka ngga bisa masuk ke halaman rumah. 

Karena inti dari permasalahan ini adalah predator. 

Jadi solusinya adalah eliminasi predator. 

Lalu untuk mengatasi ayam tetangga yang datang bolak balik, maka ukuran tembok dibelakang rumah harus di tinggikan lebih tinggi lagi agar mereka ngga bisa loncat terbang. Sehingga ayam tetangga ngga bisa terbang masuk.

Seperti diutarakan diatas. Untuk mengatasi masalah ini membutuhkan uang dalam jumlah besar untuk meninggikan tembok. 

Memperbaharui data makanan yang layak dikonsumsi di Indomaret dan Alfamart : 

Pada bulan kemaren saya masih terus menerus mencari tahu tentang informasi ilmu gizi makanan tentang apa saja yang layak di konsumsi dan harus dihindari.

Beberapa bulan yang lalu masih terdapat kesalahan data yang saya kumpulkan. 

Tak melulu hanya melindungi diri dari penyakit diabetes dan hipertensi. 

Tetapi data telah melebar hingga ke diagnosa ilmu gizi tentang kanker. 

Saya menemukan ada banyak produk kemasan di Indomaret dan Alfamat mengandung bahan pengawet buatan, pemanis buatan, pewarna buatan dan penguat rasa buatan. 

Bahan makanan seperti Aspartam, Ponceau, acesulfame potassium. Terbukti jika berlebihan dikonsumsi oleh manusia dapat menyebabkan tumor kanker. 

Oleh sebab itu, saya berusaha semaksimal mungkin menghindari makanan berbahaya yang mengandung senyawa karsinogenik.  

Jujur aja, saya masih banyak belum tahu tentang ilmu gizi. 

Tapi aku cuma pengen berusaha aja untuk menghindarinya. 

Daftar pola hidup dengan mengkomsumsi makanan harian seperti mie instan, saus tomat olahan pabrikan yang mengandung zat berbahaya pengawet, minuman botolan instan, es krim, minuman kopi kopian botolan, penyedap rasa seperti micin, nugget, sosis, aneka semua snack, semua jenis permen, dll. 

Selama 1 bulan belakang ini sudah tak saya komsumsi lagi. 

Saya juga selama 1 bulan ini ngga lagi mengkomsumsi mie instan dan aneka snack. 

Udah diganti dengan makan telur goreng atau telur rebus saja sebagai pengganti mie instan.

Kalau aku pikir pikir ya. 

Kalau dicicipin sedikit saja, maka memicu perasaan. Ah ngga papa aja makan makanan ini sekali kali. Kan cuma sekali. Padahal tetap aja menurutku efeknya berbahaya. Kanker siapa ada yang tahu bukan. Toh kontaminasi zat seukuran kecil 1 nm saja dapat menyebabkan kanker. 

Jadi daripada kayak gitu. Mending aku mencoba berusaha semaksimal agar tak pernah mencicipi makanan kayak itu lagi mulai saat artikel ini ditulis, sekalipun sulit untuk menghindarinya karena bisa saja ada godaan sewaktu waktu. 

Tapi sekalipun sulit. Aku berusaha tetap mencoba agar tak lagi mengkomsumsinya. 

Karena berbahaya dapat memicu aneka macam penyakit. 

Berikut daftar makanan yang layak untuk aku beli di Indomaret dan Alfamart : 

~ Roti tawar harga Rp 16.000

~ Keju kraft sachet harga Rp 21.000.

~ Coca cola Zero sugar harga Rp 7.000

~ Minyak goreng.

~ Air pristine PH tinggi 8+.

~ Air mineral aqua murni.

~ Madu

~ Kopi kapal api tanpa gula Rp 15.000

~ Teh sariwangi tanpa gula Rp 10.000 

~ Vitamin.

~ Beras.

~ Kecap kedelai. 

~ Telur harga Rp 50.000

~ Yogurt Yakult

~ Buah Kurma 100% natural organik dates.

~ Susu bear band harga Rp 11.000 ribu.

~ Susu anlene.

~ Kacang ijo natural Rp 25.000 ribu.

Oh ya, untuk makanan di UKM toko sembako. 

Saya berusaha untuk tetap mengkomsumsi daging ayam segar asli natural, ikan patin, ikan nila, ikan gabus, daging sapi, ikan bawal, dan aneka sayur sayuran serta buah buahan alami. 

Lalu memasaknya sendiri di rumah dengan bumbu alami seperti merica, bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit dan garam. Tanpa menggunakan bumbu penyedap rasa instan.

Untuk toko makanan UKM di pinggir jalan seperti hotdog, kebab Turki, hamburger, bakso, mie ayam dan pizza.

Itu tak lagi saya konsumsi karena mengandung daging olahan sosis yang berbahaya dan kandungan di zat mie berbahaya untuk tubuh, salah satu penyebab utama penyakit kanker.

Lagian makanan itu jarang juga saya beli. he he....,

Artikel ini segera mengukuhkan bahwa Afrid Fransisco berusaha untuk menghindari atau tak lagi mencicipi makanan berbahaya.

Termasuk menghindari makanan yang dimasak dengan cara dibakar. Seperti ayam bakar, sate ayam dan sate kambing. 

Nasi padang, nasi kuning, ayam goreng rocket chicken, ayam goreng Mcdonald, ketupat kandangan dan nasi lontong masih saya beli. 

Tapi paling paling diluar aku cuma beli 5 jenis masakan ini aja lagi. 

Aneka macam kue basah yang dijual oleh emak emak dipinggir jalan juga udah ngga aku beli lagi. 

Saya berusaha menghindari diri dari penyakit diabetes karena kue mengandung banyak gula.

Jujur aja, aku takut banget kena diabetes.

Karena kata perawat di rumah sakit sudah memperingatkan kalau ibu aku kena diabetes maka kemungkinan besar saya juga kena diabetes. 

Sontak saja, saya langsung gugup dan gemetaran. 

Oleh sebab itu, aku berusaha 2x lipat untuk mempertahankan diri dari diabetes. 

Kata perawat itu : 

Percuma kalau cuma makan makanan sehat saja tapi olahraga ngga ada. Ya percuma. darah tetap membeku. Katanya. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU