Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diary urban farming, family cooking, bisnis online, travel dan investasi cryptocurrency Mei 2022

Saya kembali menulis tentang diary urban farming, family cooking, bisnis online, travel dan investasi cryptocurrency hasil bulan Mei 2022.

Tulisan ini saya tulis sebagai pedoman bagi saya untuk mencari kelemahan dan kelebihan setiap strategi untuk menjadi lebih baik lagi.

Siapa tahu bermanfaat bagi pembaca ya.

Mesin tetas anak ayam seharga Rp 500.000 ribu rupiah dan sarang telur yang gagal.

Setelah beberapa bulan percobaan untuk menetaskan anak ayam. Hasil keberhasilan yang saya peroleh antara 50% : 50%. 

Dimana ada banyak telur ayam ngga menetes. 

Hal ini di karenakan sang induk ayam dengan induk ayam lainnya saling berkelahi mengambil tempat sarang lainnya. 

Akibatnya terjadi perkelahian yang menyebabkan telur pecah secara tak sengaja karena terinjak injak.
 
Kesimpulan yang saya ambil yaitu bahwa penggunaan sarang telur agak gagal. 

Rencana kedepannya saya menggunakan teknik baru dengan mesin tetes. 

Tadi sih udah tanya sama masnya di toko. Katanya harga mesin tetas seharga Rp 500.000 ribu rupiah. 

Jadi strateginya saya ubah, dimana induk ayam tugas mereka cuma bertelur aja di sarang yang sudah dibikin bulan lalu. 

Nanti kalau ayamnya udah bertelur, beberapa telur di ambil untuk di masukkan ke mesin. 

Jika induk ayam terlihat sedang mengherem, maka di kurung selama 2 minggu, lalu di mandiin setiap pagi. 

Jika waktu 2 minggu sudah tercapai. Induk ayam dilepas lagi untuk bertelur. 

Jadi induk ayam tugasnya cuma bertelur aja.

Total jumlah ayam mencapai kurang lebih 40 ekor. ( Mei 2022 )


Pada bulan Mei 2022. 

Total jumlah ayam yang saya miliki berjumlah sekitar kurang lebih 40 ekor.

Terdiri dari :

20 ayam remaja.

13 anak ayam baru menetas.

3 ayam pejantan ( jago ).

5 - 7 ayam betina indukan. 


Sekitar kurang lebih ada 20 telur baru. 

Aku harap semoga segera menetas sehingga jumlah ayam berlipat menjadi 60 ekor. 

Terima kasih Tuhan Yesus Kristus untuk anak ayamnya ;-)


Babi sudah besar. Terlihat gemuk, gagah dan sehat


Babi aku sudah berumur kira kira 7 bulan. 

Sudah pas waktunya untuk di jual ke pasar. 

Oh ya, pengen curhat dikit. 

Hormon kebahagiaanku biasanya muncul hanya kalau sedang olahraga 'lari', rebahan tidur malam, dengerin lagu christian music, dan saat lagi ngeblog. 





Entah mengapa, kalau saya memberi makan hewan ternak babi & ayam.

Tiba tiba juga dapat memicu melonjaknya hormon kebahagiaanku ya. 

Apalagi kalau melihat ayam & babi tumbuh dengan sehat. 

Ngga tahu juga kenapa ya bisa kayak gitu.

Ada yang tahu ngga ya kenapa...? . 

Membuat kandang untuk ayam dari kayu bambu dan kawat


Pada bulan Mei 2022. 

Aku dan papah ngetukang bikin kandang ayam baru. 

Papah dan mamah beli kayu, paku dan kawatnya.

Kandangnya sudah selesai di bikin. 

Sebenarnya kandang ini buat indukan ayam pejantan ( jago ). 

Kandang bukan didesain buat anak ayam.

Strateginya di setiap 1 slot kandang terdapat 1 jago VS 6 betina. 

Lalu saya sediakan tempat mereka bertelur berupa ember. 

Kalau ayam udah bertelur, telurnya lalu saya ambil, kemudian di bawa ke mesin.
 
Begitu seterusnya. 

Sedangkan untuk anak ayam di biarkan lepas di halaman agar mereka semua sehat terkena sinar matahari, bebas berlarian, bermainan dan menghirup udara segar. 



Oh ya, kandang ayam milik aku di desain tinggi. 

Penyebabnya karena aku tinggal di dekat perbatasan hutan Taman nasional Sabangau Palangkaraya. Jadi kalau musim hujan sering banjir gitu.

Makanya rumah ayamnya di atas aja biar ngga kebanjiran, alas lantainya pake kayu bambu, biar kotoran tahi bisa jatuh ke bawah.

Untuk mengatasi banjir hampir tak ada solusinya. Kecuali pemerintah langsung turun tangan membangun sungai buatan baru berharga triliun rupiah untuk memecah aliran air di tempat ini. 

Aku pikir, ngga apa apa sih banjir, karena banyak anak ikan & anak katak berdatangan untuk pakan alami tambahan buat ayam aku. Lagian juga, banjirnya ngga tiap bulan cuma pas musim hujan aja. 

Membuang tanaman keladi yang gatal dan menggantinya dengan rumput pakan alami ayam.


Getah tanaman keladi kalau terkena tangan dan kaki. Rasanya gatal banget sampai 3 hari berturut turut. Makanya di kamarku banyak tersedia balsem aktif, minyak GPU dan minyak angin. 

Lagian ayam juga ngga mau makan tanaman keladi. Tapi si babi sih mau makannya ya. Malah makin lahap dia makannya. 

Kebetulan di kebun belakang rumahku ini banyak tanaman keladi. Dulu emang sengaja ditanam buat pakan babi. 

Setelah aku pikir pikir, tanaman keladi ini diganti aja deh dengan rumput liar. 

Sedangkan untuk babi kan masih punya banyak makanan dari sisa sisa limbah Rocket Chicken. 


Oh ya, selain membersihkan tanaman keladi. 

Aku juga membersihkan saluran air di depan rumah dari rumput liar. 

Entah kenapa kalau aku lihat air kayak gini. Hormon kebahagiaanku juga memuncak ya. 

Ngga tahu juga, sejak kecil emang suka lihat aliran air yang kayak gini.

he he ;-)


Review 1 bulan tanpa makan kopi bergula, aneka semua snack, mie instan dan micin

Emang sih kalau pas lagi ke Indomaret atau Alfamart. Pengen banget beli snack dan aneka kue lainnya. 

Udah 1 bulan ini sejak perencanaan pola makan diterapkan. Hasilnya sukses untuk 1 bulan ini dimana saya juga udah ngga lagi membeli makanan yang terlarang dalam daftar list aku. 

Dapat dikatakan hampir semua jajanan snack. Udah ngga aku beli atau konsumsi lagi. 

Tetapi masih ada perubahan rencana lagi. 

Yaitu saya juga mulai mengeliminasi makanan seperti roti dan keju sebagai daftar makanan terlarang buat aku.  

Jadi, ketika aku berbelanja ke Indomaret atau Alfamart.  

Yang saya beli cuma daftar di bawah ini saja. 

Selebihnya banyak mengkomsumsi makanan alami di pasar tradisional. Seperti sayur, buah buahan, daging ayam, ikan, dll. Untuk kue, mayoritas udah saya bikin sendiri aja di rumah. 

1]. Zero Coca cola. 

2]. Yogurt Jepang

3]. Minuman air putih PH Tinggi 8+. 

4]. Madu

5]. Susu bubuk

6]. Susu bear beruang

7]. Susu Lmen

8]. Quaker oat

9]. Garam

10]. Kopi hitam kapal api

11]. Teh sariwangi

12]. Beras

13]. Sachet biji kacang ijo

14]. Sachet biji jagung

15]. Minyak goreng

16]. Santan kara

17]. Cokelat kakao

18]. Vitamin

19]. Air mineral aqua murni

20]. Tepung gandum atau tepung terigu

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU