Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Intel Israel ubah pasir menjadi chip semikonduktor dengan sukses ekspor ke pasar internasional senilai $ 8,1 miliar dolar atau sekitar Rp 120 triliun rupiah sepanjang kurun waktu 2021 [ Meteor lake 7 nanometer ] ( 2022 )

Perusahaan raksasa teknologi Intel pertama kali didirikan pada tahun 1968 di Amerika Serikat.

Ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pemprosesan untuk mengubah pasir yang berlimpah di alam semesta menjadi produk bernilai tinggi berupa teknologi chip semikonduktor yang digunakan oleh banyak orang atau pelaku bisnis di seluruh dunia. 

Saham intel terdaftar di bursa Nasdaq. 

Intel berkantor pusat di Amerika Serikat dengan memperkerjakan hingga 101.600 karyawan. 

Intel merupakan perusahaan terbesar & terkaya peringkat 66 di dunia. 

Selain itu, Intel memiliki pabrik dan kantor cabang hanya ada di 2 negara yaitu Irlandia (Uni Eropa) dan Israel. Selain Amerika Serikat sebagai kantor pusatnya. 

Di Irlandia. Intel memperkerjakan 4.500 karyawan

Di Israel, Intel memperkerjakan 15.000 karyawan. 

Intel adalah satu satunya perusahaan di dunia di bidang semikonduktor chip dengan kedalaman diversifikasi bisnis. Mulai dari membersihkan bahan mentahnya sendiri, memiliki pengecoran intel foundry service sendiri, mendesain chipnya sendiri, menciptakan software perangkat lunaknya sendiri, menciptakan AI-nya sendiri, mengolah pasir menjadi silikon milik sendiri, memiliki teknologi platform pengelolaannya sendiri hingga ke proses pabrik manufaktur skala besar secara sendiri. 

Intel Israel ubah pasir menjadi chip semikonduktor dengan sukses mengekspor ke pasar internasional senilai $ 8,1 miliar dolar atau sekitar Rp 120 triliun rupiah sepanjang kurun waktu 2021 ( 2022 ).

Perusahaan raksasa teknologi Intel yang memiliki kantor cabang di Israel telah mengumumkan hasil laporan pendapatan kotor untuk ekspor khusus di negara Israel. 

Pendapatan kotor naik 1% dibandingkan tahun sebelumnya menjadi $ 8,1 miliar dolar atau sekitar Rp 120 triliun rupiah. ( setara Rp 120.000 miliar rupiah ).

Teknologi chipset buatan Intel telah diinstal, dibenamkan dan digunakan ke produk laptop atau PC komputer oleh 4 perusahaan raksasa teknologi lainnya asal Amerika Serikat meliputi Alphabet (Induk Google), Microsoft, Dell dan Hewlett packard

Selain itu, negara China melalui perusahaan Lenovo turut hadir ikut andil untuk membenamkan chip Intel ke jajaran produk laptop miliknya.

Foto : Pabrik manufaktur Intel di Israel

Foto : Pabrik manufaktur Intel di Israel

Pabrik Intel Israel memproduksi berbagai produk alat jaringan, komponen communication dan chipset semikonduktor.

Bella Abrahams dari Intel Israel mengatakan :

Satu dekade pencapaian yang kami banggakan dan mengantarkan satu dekade ke masa depan yang baru dimana kami berusaha untuk melebarkan sektor lebih tinggi lagiSahutnya.

Sepanjang kurun waktu tahun 2021 saja. 

3 perusahaan teknologi asal Israel telah sukses exit di akuisisi oleh Intel. 

Terdiri dari : 


1]. Tower Semikonduktor diakuisisi dengan nilai mahar $ 5,4 miliar dolar atau Rp 76 triliun rupiah. ( setara Rp 76.000 miliar rupiah )

Tower semukonduktor adalah sebuah perusahaan teknologi Israel yang memproduksi wafer dan chip untuk kebutuhan alat bertujuan khusus di industri seperti mobil, komputer server jaringan komunikasi, komputer server jaringan listrik, teknologi perangkat kesehatan, sensor pertambangan dan militer. 

2]. Screenovate diakuisisi dengan nilai mahar $ 100 juta dolar atau sekitar Rp 1,5 triliun rupiah ( setara Rp 1.500 miliar rupiah )

Screenovate adalah sebuah perusahaan teknologi Israel yang mampu menyulap kecepatan transmisi transfer data di smartphone secepat kecepatan laptop atau PC komputer. 

3]. Granulate diakusisi dengan nilai mahar $ 650 juta dolar atau sekitar Rp 9,4 triliun rupiah ( setara Rp 9.500 miliar rupiah ) 

Granulate adalah sebuah perusahaan teknologi Israel optimalisasi otonom untuk mengurangi beban biaya pada cloud di data center tanpa harus menulis ulang kode dan meningkatkan kinerja di skala apa pun dengan sistem real time continuous optimization. 

Meteor lake dan perluasan lahan pabrik di Israel dengan nilai $ 10 miliar dolar atau sekitar Rp 190 triliun rupiah. 

Foto : Chip meteor lake 7 nm (nanometer) pertama di dunia untuk laptop & komputer data center

Pada hakekatnya, meteror lake terbuat dari bahan pasir berlimpah dimana mana. yang sering kita injak injak setiap harinya.

Meteor lake terbuat dari silikon. 

Silikon terdistribusi pada debu & pasir dalam bentuk silikon dioksida atau silikat. 90% dari kerak bumi di planet bumi ini memang terdiri dari mineral silikat yang kemudian diolah oleh perusahaan Intel menjadi produk bernilai tinggi berupa chip semikonduktor yang ada pada perangkat elektronik anda seperti laptop atau komputer.

Meteor lake adalah chip dengan ukuran 7 nanometer pertama di dunia untuk kebutuhan elektronik laptop dan komputer data center. 

Chipset meteor lake memiliki beberapa keunggulan.

Menurut Pat Gelsinger. 

Chip meteor lake memiliki peningkatan performa perwatt hingga 21% lebih kencang dibandingkan teknologi chipset sebelumnya, selain itu, termasuk peningkatan efesiensi daya listrik hingga 40%.

Pada tahun 2019 yang lalu. Perusahaan Intel telah menggelontorkan uang ke Israel senilai $ 10 miliar dolar untuk perluasan pabrik demi mencapai ambisi tujuan utama untuk menggantikan atau melepaskan diri sepenuhnya dari peranan ketergantungan perusahaan TSMC asal Taiwan dalam hal manufaktur chip.

Proses pembukaan pabrik baru di Israel senilai $ 10 miliar dolar masih dalam tahap pembangunan infrastruktur. Diharapkan selesai atau beroperasi penuh pada tahun 2025 sekaligus membuka lebih banyak pekerjaan baru di Israel dengan memperkerjakan lebih banyak karyawan di sektor teknologi. 

Tak banyak orang orang menyangka bahwa chip canggih buatan Intel yang menjadi jantung atau otak laptop. Terbuat dari bahan dasar pasir yang seringkali kita abaikan. 

Ya, anda ngga salah :

Pasir.


Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.