Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jumlah statistik populasi agama penduduk Indonesia ( 2022 )

1]. Islam

Jumlah : 232.000.000 juta orang

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia. Jumlah populasi Islam di tahun 2022 secara persentase meningkat kurang lebih 1% di bandingkan beberapa tahun yang lalu. 

Sejak awal kemerdekaan Indonesia. Dimana pada masa kejayaannya, Islam pernah unggul mencapai rekor di angka mendekati 95%, lalu beberapa dekade kemudian di era tahun 50, 60, 70. 

Islam secara persentase terus menyusut turun ke 93%, 90%, lalu turun lagi ke 88%, 87%, 86%, 85%, 84%, 83% hingga rekor paling rendah mencapai 82%.

Pada tahun 2022. Penduduk Islam di Indonesia telah kembali meningkat secara persentase menjadi 83%. Hal ini terjadi akibat kemudahan perkembangan ajaran Islam yang belum pernah terjadi sebelumnya melalui siaran dakwah di internet seperti Google, Facebook, Instagram dan Youtube. 

Sehingga membuat pemeluk aliran kepercayaan agama lain memilih menjadi mualaf tanpa adanya paksaan dan siksaan.  

Jumlah populasi umat Islam di Indonesia bertambah menjadi total sebanyak 232.000.000 juta orang. Ini dianut oleh kebanyakan dari orang suku Jawa, Aceh, Melayu, Sunda, Banjar, Banten, Betawi, Bugis, Gorontalo, Jambi, Makassar, Madura, Minangkabau, Sasak, dan sebagian besar penduduk NKRI. 

2]. Kristen Protestan

Jumlah : 23.366.000 juta orang

Tak mudah untuk mendefinisikan umat Kristen. Karena memandangnya harus menggunakan perspektif yang luas. Hal ini diakibatkan adanya sebuah reformasi yang dikumandangkan oleh tokoh keagamaan Martin Luther di Jerman pada abad ke 15 dalam memecah gereja awal mula Katolik menjadi ribuan denominasi aliran kepercayaan yang berbeda beda walaupun punya Tuhan yang sama yaitu YESUS KRISTUS.

Apabila di total seluruh umat Kristen yang ada di Indonesia ( gabungan kristen Protestan + kristen Katolik ). Maka membentuk 31.400.000 juta orang. (11% dari total populasi penduduk Indonesia)

Ini berkurang sekitar 2.500.000 juta orang di bandingkan beberapa tahun yang lalu. 

Populasi umat Kristen Protestan di Indonesia berkurang akibat terjadi banyaknya perpindahan agama ke Atheis, Islam dan beberapa diantara yang lain memutuskan untuk menjadi seorang Katolik lagi seperti awal gereja mula mula. 

Arus utama Kristen Protestan yang menunjjukkan angka penurunan tajam di Indonesia terdiri dari denominasi seperti Lutheran, Calvins reformed, Evangelist (Injil), Advent dan Baptist. Ini ditandai pula dengan berkurangnya kegiatan aktivitas gereja seperti memberikan layanan kesehatan gratis untuk operasi katarak dan pembagian saluran sembako kebutuhan hidup secara gratis untuk masyarakat sekitar dari hari ke hari kian berkurang. 

Terkhusus untuk aliran denominasi Kristen protestan Kharismatik pentakosta. Pertumbuhan populasi umat dari ajaran teologi ini masih menunjjukkan angka peningkatan secara positif.  

Mayoritas umat Kristen di anut oleh suku Ambon, suku Asmat di Papua, Nusa tenggara timur (NTT), suku Minahasa di Manado, suku China yang tinggal di Jakarta dan pulau Jawa, suku Batak, suku Nias dan suku Dayak di Kalimantan.

3]. Kristen Katolik

Jumlah : 8.110.000 juta orang

Umat Kristen Katolik di Indonesia membentuk sekitar 3% dari total populasi. 

Kristen Katolik tak memiliki denominasi. Ini adalah universal dan satu. 

Agama Kristen Katolik di Indonesia terhubung koneksi ke jaringan keagamanan yang ada di Vatikan. 

Katolik di Indonesia telah ada sejak lama bahkan sebelum kemerdekaan. 

Ini di mulai sejak kedatangan bangsa Portugis dari Eropa dalam upaya mereka mencari rempah rempah pada era tahun 1.600 dan semangat pertualangan mereka yang membara. 

Tetapi misi mereka terganjal akibat berbenturan dengan kekuatan militer VOC dari Belanda yang sama sama singgah ke Indonesia 

Pada awal mula perkembangan Katolik di Indonesia era tahun 1.600-an. 

Katolik di Indonesia mendapatkan tantangan berat yang begitu serius dari pasukan tentara VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie). 

Orang orang penduduk yang diketahui memeluk agama Katolik, di larang oleh tentara VOC kala itu. Para iman Katolik di bunuh, di penjara, dan di siksa oleh tentara VOC. Sehingga umat Katolik terperosok jauh ke bagian Timur di Flores dan Timor. 

Di abad modern. Dari tahun ke tahun. Umat Katolik di Indonesia menujjukkan peningkatan pertumbuhan yang signifikan. 

Ini berasal dari perpindahan umat Kristen Protestan itu sendiri menjadi seorang Katolik lagi.

Beberapa orang dari antara yang lain berasal dari kepercayaan penganut agama lainnya. Ketika mereka melihat, menyaksikan, merasakan dan memandang karya Katolik yang luar biasa sehingga memutuskan untuk menjadi pengikut gereja Katolik. 

4]. Agama Tradisional

Jumlah : 7.500.000 juta orang

Agama tradisional di Indonesia meliputi Kejawen, Tolotang, Naurus, Kaharingan, Konghucu, Marapu, Sirnagalih, Kirin, Parmalin, Wetu telu, dan lain lain. Ini membentuk sekitar 2,7% dari total penduduk. 

5]. Hindu

Jumlah : 5.032.000 juta orang

Agama Hindu di Indonesia berjumlah sebesar 1,8% dari total populasi Indonesia. Mayoritas agama ini di anut oleh suku Bali yang tersebar tak hanya di pulau Bali, melainkan mereka turut tersebar bertempat tinggal di beberapa lokasi Indonesia lainnya seperti Kalimantan, Sulawesi dan pulau Jawa. 

6]. Atheis

Jumlah : 1.118.400 juta orang

Atheis adalah sebutan bagi orang orang yang tak percaya kepada Tuhan, tak percaya agama dan tak percaya tentang adanya sebuah keberadaan surga neraka ketika seseorang telah meninggal dunia.

Atheis membentuk sekitar 0,4% dari total populasi penduduk Indonesia. 

Mayoritas orang Atheis di Indonesia berasal dari pemeluk mantan keagamaan Kristen. Sedangkan umat Islam hampir tak ada yang mau memeluk kepercayaan Atheis tersebut. 

Perkembangan pesat teknologi memang membuat banyak orang orang menjadi atheis. Terutama di belahan negara lainnya. 

Tetapi menurut sebuah penelitian yang berasal dari Amerika Serikat. 

Atheis adalah kepercayaan yang sesungguhnya begitu rapuh. Hal ini dikarenakan bagaimana cara orang orang atheis menjelaskan tentang adanya fenomena mistik dan gaib tentang kerasukan roh roh halus, keberadaan jin, setan atau hantu. Siapa yang menciptakan, mengapa ada roh kegelapan...? mengapa iblis kasat mata.  

Umat beragama meyakini hal gaib tersebut yang tertera atau tertulis di kitab suci masing masing agama. 

Sedangkan umat atheis mengalami kesulitan menjawabnya...? Disisi lain, orang orang atheis yang diganggu pada malam hari oleh roh roh iblis atau golongan jin lainnya menghadapi masalah akut dan kebimbangan terhadap kepercayaan atheisnya. Bahwa ini memang menandakan adanya kekuatan supranatural, menunjjukkan TUHAN itu nyata. 

7]. Buddha

Jumlah : 1.105.000 juta orang

Buddha merupakan salah satu kepercayaan tertua yang ada di dunia. 

Agama Buddha berasal pertama kali dari India. Salah satu ajaran utamanya berupa berbuat baik kepada banyak orang. 

7]. Kristen lainnya

Jumlah : < 40.000 ribu orang

Foto : Kristen Ortodoks

Kristen lainnya terdiri dari aliran denominasi kristen ortodoks, kristen anglikan dan kristen saksi Yehuwa berjumlah kurang dari 40.000 ribu orang.

Trend agama ini dapat menunjjukkan era kepunahan pada beberapa dekade mendatang karena rapuh. 

8]. Yahudi

Jumlah : < 200 ratus orang

Jumlah umat Yahudi di Indonesia kurang lebih sekitar 200 ratus orang. Mayoritas mereka berasal dari golongan keagamaan yang memeluk agama Yahudi Ortodoks atau Haredi. 

Di Indonesia, Yahudi Zionis adalah 0 orang. 

Sedangkan Yahudi Ortodoks (Haredi) berjumlah < 200 ratus orang.

Secara internasional. Yahudi dibedakan menjadi 2. Yaitu Yahudi Zionis dan Yahudi Ortodoks (Haredi).

Perbedaan dalam ajaran Yahudi Zionis. Orang orang yang tak memiliki unsur genetik darah dan tanpa DNA suku Yahudi maka di larang atau di tolak untuk menjadi Yahudi Zionis. Oleh sebab itu, Yahudi Zionis hanya eksekutif untuk keturunan orang orang suku Yahudi saja. 

Sedangkan dari kalangan Yahudi Ortodoks ( Haredi ). Di perbolehkan orang orang dari suku lain tanpa memiliki riwayat keturunan orang tua Yahudi, tanpa darah Yahudi atau tanpa DNA Yahudi untuk memeluk agama Yahudi. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.