Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara kerja himars ( 2022 )

Cerita tentang keganasan Himars di medan perang antara Rusia VS Ukraina telah menjadi sorotan oleh berbagai saluran media, entah itu online maupun offline.

Himars menjadi topik pembahasan menarik, mengingat senjata ini membuat pihak pemerintahan Rusia harus memutar otak, mengganti dan menyusun kembali rencana strategi pertempuran.

Senjata peluncur rudal presisi Himars, tak dapat dicegat hanya dengan mengandalkan pawang hujan dan tak boleh sembarangan untuk mencegatnya menggunakan S300 atau S400. Faktor biaya rudal harus diperhitungkan secara matang. 

Untuk mematahkan, menanggulangi atau mengagalkan serangan Himars. Sistem pertahanan perisai udara yang cocok meliputi seperti Iron dome milik Israel dan Buk milik Rusia. 

Dalam peperangan nyata di Ukraina pada tahun 2022. Pejabat Rusia mengakui bahwa keberadaan Himars menjadi tantangan sulit.

Tentang Himars

Himars merupakan singkatan dari high mobility artillery rocket system. 

Diciptakan pada tahun 1990 oleh perusahaan Lockheed Martin asal Amerika Serikat. 

Ditujukan guna menutup dan mengisi celah kesenjangan daya tembak artileri di angkatan darat ( 1 - 40 km ) diperpanjang hingga ke jarak tembak ( 1 - 300 km ).

Sekaligus mengganti sistem peluncur roket lama M270 multiple launch rocket system yang sudah tua, jadul, berat dan boros.  

Daya kemampuan senjata artileri howitzer milik Amerika Serikat yang tersedia saat ini hanya mampu menembak sasaran target sebatas di jarak 1 - 40 km saja, jangkauan artileri konvensional tak dapat lebih dari itu. Namun, Himars memiliki daya jangkau tembakan berkali kali lipat.

Selain memiliki daya tembak yang presisi. Himars sungguh sulit dideteksi oleh musuh. bak seperti mencari jarum di tumpukan jerami. 

Desain himars menyerupai truck kargo barang. Bersifat mobile dan mudah berpindah pindah. Oleh sebab itu, keberadaannya sulit terlacak oleh pemetaan udara, karena musuh harus memetakan satu per satu wilayah yang luas. 

Himars dapat disembunyikan di mana saja, di bawah pohon, di dalam rumah penduduk, di bawah jembatan bahkan menyamar dengan cara menutupi diri melalui alat terpal kamuflase. 

Ketika menembak, Himars bergegas secara cepat melarikan diri ke lokasi persembunyian lainnya untuk menghilangkan jejak. Kemudian mematikan seluruh sinyal komponen elektronik.

Himars memang tak di tempatkan pada garis depan pertempuran, tetapi disembunyikan pada garis belakang, walaupun berada di belakang, daya hancurnya mampu mendobrak jauh menembus ke wilayah untuk membunuh musuh. 

Cara kerja Himars.

Setelah didaratkan menggunakan pesawat Hercules atau Globemaster.

Himars bergegas mencari tempat persembunyian. Seperti di bawah teduhan pohon untuk menutupi dirinya.

Untuk memulai standar kerja penembakan. 

Himars menunggu perintah eksekusi dari jaringan komunikasi militer dan pusat komando yang terenskripsi.

Panduan menggunakan bantuan dari teknologi GPS (global positioning system).  

Platform militer lain dibutuhkan sebagai unit pengintai mata mata. Seperti dari pesawat tempur siluman F-35 Lightining, drone reaper MQ-9, satelit luar angkasa, F-22 Raptor, drone Scaneagle atau bahkan menggunakan pasukan khusus yang masuk secara berani ke wilayah musuh sebagai pencari titik arah koordinat navigasi. 

Prosedur peluncuran dimulai dari pengiriman informasi koordinat GPS ke kru tentara Himars melalui koordinasi terintegrasi dengan unit pengintai.


Setelah mendapatkan informasi koordinat GPS. 

Himars keluar beberapa menit dari tempat persembunyian untuk menembak. 

Selesai menembak.

Himars berlari berkilo kilometer mencari tempat persembunyian baru agar tak terekspos oleh musuh, sekaligus mengisi sisa ulang rudal. 

Himars hanya dikendalikan oleh 3 orang tentara saja. 

Target himars meliputi kapal perang di pinggir pantai, pesawat tempur yang sedang mendarat, tank, gudang senjata, bandara, pelabuhan, gedung militer, radar, pusat komando, dan infrastruktur lainnya. 

James chris mills dari Amerika Serikat mengatakan :

Kami memiliki senjata yang solid yang telah melayani militer Amerika Serikat dengan baik, tingkat kesiapan Himars yang tinggi secara konsisten menunjjukkan keahlian dan dedikasinya. Bersama dengannya memperkokoh setiap peluncur di armada. Sahutnya. 

Sejak debut perdananya di era 90. Himars telah dikerahkan ke dalam pertempuran oleh angkatan darat Amerika Serikat untuk mendukung, berpartisipasi dan melindungi setiap sekutu AS di seluruh dunia. Termasuk untuk di ekspor ke negara mitra yang disetujui oleh pemerintah AS. 

Pada tahun 2022. Perusahaan Lockheed Martin telah membangun sebanyak 540 Himars. Dilaporkan tambahan produksi segera dilipatgandakan menjadi 900 unit. 

Tak seperti produk pesaing sejenis. Himars tak membunuh secara serampangan, tak menembak bertubi tubi dan tak membabi buta dengan harapan ada salah satu roket dalam jumlah besar mengenai sasaran target. 

Setiap 1 rudal yang ditembakkan oleh Himars dilakukan secara presisi untuk mengenai sasaran 1 target musuh. 

Nama : Himars

Perusahaan : Lockheed martin

Asal : Amerika Serikat

Jarak tempuh truck : 480 km

Jarak tempuh tembakan rudal : 1 - 300 km

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU