Lompat ke konten Lompat ke footer

Putra dan Putri suku dayak ngaju kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah [ Natasha sabrina, Sendy carmella, Ardi kenzu, Lala diany, Jonathan salmanezer dan Rinna ] ( 2022 )

Palangkaraya adalah sebuah kota yang terletak di provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. 

Kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 299.000 ribu orang yang di kepung oleh kebun kelapa sawit. he he....,  

Pendapatan asli daerah (PAD) kota Palangkaraya pada tahun 2021 sebanyak Rp 289 miliar rupiah. 

Itu beberapa di sumbang dari penjualan kelapa sawit. 

Terima kasih kelapa sawit ;-)

Beberapa di antara yang lain, produk unggulan kota Palangkaraya berupa karet, sengon, sarang walet, jagung, kacang panjang, sayur hijau, industri musik, buah naga, pohon nangka, jeruk, mangga, jambu kristal, kayu hutan, kol, tomat, terong, ayam kampung, pare, kambing, babi, sapi, nanas, cimpedak, rebung, pengelolaan obat herbal tradisional, kerajinan rotan dan gaharu yang dijual ekspor ke negara lain dan kota kota lainnya yang ada di Indonesia.

Pada tahun 2022. Kota Palangkaraya di pimpin oleh walikota Fairid naparin

Kota Palangkaraya adalah tempat bagi julukan orang orang dayak ngaju sebagai huma betang. 

Huma artinya dalam bahasa dayak ngaju adalah rumah dan betang artinya adalah musyawarah mufakat kehidupan yang saling rukun walaupun memiliki prinsip dan perbedaan yang berbeda beda antara satu dengan lainnya selama masih saling dalam kaidah menjunjung rasa toleransi. 

Pada zaman dulu. Huma betang adalah rumah adat masyarakat Kalimantan Tengah. Rumah ini dibangun dengan cara gotong royong berukuran besar dan begitu panjang mencapai 150 meter, lebarnya 30 meter dan tingginya 4 meter dari tanah. Di tempat itu, ditempati oleh banyak keluarga. 

Huma betang bukan lagi sekedar rumah atau tempat tinggal bagi masyarakat suku dayak ngaju. Namun dapat dikatakan sebagai jantung dari struktur kehidupan orang dayak ngaju, karena mengandung unsur berupa nilai, moral dan hukum adat. 

Kota Palangkaraya di tahun 2022 dihuni atau ditempati oleh berbagai macam suku asal Indonesia. Yaitu :

1]. 45% suku Jawa

2]. 30% suku Banjar

3]. 20% suku Dayak ngaju dan Dayak lainnya ( Bakumpai, Maanyan, Ot Danum, Siang, Lawangan )

4]. 5% suku lainnya meliputi Papua, Batak, Flores, Madura, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, China, Bali, Timor leste dan lain lain. 

1]. Natasha sabrina

2]. Ardi kenzu

3]. Sendy carmella

4]. Jonathan salmanezer

5]. Lala diany

6]. Rinna

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.