Lompat ke konten Lompat ke footer

Israel Zion : Senapan laras panjang untuk kantong pas pasan yang menyukai gaya M4 dan AR15 ( 2023 )

Perusahaan teknologi militer Israel weapon industri, anak dari induk SK Group. Pada tahun 2020 merilis senapan laras panjang jenis baru setelah melakukan riset bahwa banyak pelanggan saat ini. Terutama di kawasan Uni Eropa dan Amerika Serikat menyukai gaya pegangan style ala M4 dan AR15.

Itu wajar, mengingat M4 dan AR15 merupakan senapan utama di wilayah Amerika Serikat. 

M4 diperuntukkan untuk keperluaan tentara Amerika Serikat dalam jumlah produksi besar, sedangkan AR15 digunakan oleh warga sipil sebagai pertahanan diri dari tindakan kriminal, sebagai senapan berburu babi hutan, olahraga dan buat nembak tetangga dan teman sendiri.    

Pada tahun 2023, dimana mana mayoritas hampir keseluruhan tentara militer Amerika Serikat masih menggunakan senapan carbine M4 dan warga sipilnya memakai AR15. Sehingga kedigdayaan M4 dan AR15 begitu populer. Tentu saja, orang orang disana sudah familiar dan nyaman menggunakan senapan buatan perusahaan Colt asal AS.

Industri senjata Israel sejak lama telah memproduksi berbagai macam senjata api seperti Tavor dan Galil dengan insting ciri khas bertempurnya yang handal. 

Namun setelah dipahami, pasar di belahan market lain merasa kurang cocok. Senapan Galil buatan Israel merupakan tiruan copypaste dari legendaris AK47 yang notabene contekan Uni Soviet.

Warga orang orang AS dan UE ( Uni Eropa ) kurang cocok menggunakan style tersebut. 

Sedangkan senapan dari Tavor makin sulit dimiliki karena harga ongkosnya yang aduhai. Bahkan sekelas pemerintahan negara juga mesti mikir mikir meminangnya. 

Harga Tavor buatan Israel mencapai Rp 32.000.000 juta rupiah per unit ( itu belum termasuk peluru, optics sight, alat pembidik telescope, dll sebagainya ). Sedangkan harga M4, sekitar 2x lebih murah yaitu Rp 15.000.000 juta rupiah per unit. [ Kurs Rp 15.000 ] 

Berkaca dari hal ini. Perusahaan Israel Weapon Industries memutuskan mencari alternatif demi menghadirkan persaingan nyata dan serius kepada senapan M4 dan AR15 dengan menawarkan harga kompetitif. Maka lahirlah Zion15 dengan gaya ala M4 dan AR15. 

Israel Zion15 : Senapan laras panjang untuk kantong pas pasan yang menyukai gaya M4 dan AR15 ( 2023 )

Foto : ZION

Produk senapan ZION. Walaupun memiliki kehandalan yang tak dapat di face to face dengan Tavor dan Galil. Karena itu memiliki spesifikasi berbeda beda dengan tujuan yang berbeda beda pula. 

Senapan ZION punya banyak fitur kemampuan yang didasarkan pada harganya yang didesain lebih murah ketimbang Galil, Tavor dan M4. 

Harga perunit ZION sebesar Rp 13.000.000 juta rupiah. 

( kurang lebih Rp 2.000.000 juta lebih murah dari M4 )

Perusahaan senjata Israel tentu saja berharap dengan harga yang lebih murah dari M4. Maka Zion pada gilirannya menjadi pilihan alternatif lain di dalam persaingan senjata, sekaligus membuka dan berfokus pada market pasar Amerika Serikat dan Uni Eropa yang menolak gaya pegangan AK47.

Selama kurang lebih 2 tahun beroperasi sejak pertama kali diperkenalkan. 

ZION menjadi jangkar demi memastikan produk perusahaan SK Group tetap diminati, ditengah lesunya perekonomian dunia akibat inflasi dan resesi yang menyebabkan banyak pemerintahan diberbagai dunia harus merencanakan ulang anggaran APBN untuk belanja alustista senapan api yang ramah dikantong demi keperluaan kedaulatan angkatan bersenjata mereka dan juga sebagai penggunaan sipil. Terutama bagi negara yang mengizinkan senjata untuk komersial.

TAVOR didesain sebagai senapan kelas atas, GALIL didesain sebagai senapan kelas menengah dan ZION didesain sebagai senapan kelas bawah. 

ZION memang datang terlambat ditengah tengah persaingan perlombaan yang sudah padat, marak dan ramainya ranah senapan api dari berbagai jenis merk yang bertaburan di seluruh penjuru dunia

Masih belum diketahui. Apakah produk ZION ini bakal sukses dipasaran atau malah kalah bersaing. Mengingat sebelumnya perusahaan Israel SK Group pernah juga merilis senapan Arad yang ternyata tidak laku di pasaran internasional. 

Butuh waktu 10 tahun lagi melihat apakan ZION battle proven atau malah tenggelam. 

Satu hal yang pasti. 

Produk ZION memiliki banyak fitur yang dilemahkan sesuai dengan harganya yang lebih murah. Tetapi sekiranya tetaplah senapan api ini dapat membunuh orang orang.  

Spesifikasi : 

~ ZION memiliki kemampuan tembak hingga 300 meter. 

~ Daya tampung isi peluru 30 unit. 

~ Jenis kaliber : 5,56 mm

~ Menggunakan bahan barel chrome moly vanadium dan panjang larasnya 40 cm. 

Youtube : Israel SK Group

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.