Lompat ke konten Lompat ke footer

Mengubah seluruh struktur perusahaan emiten yang terlisting di bursa saham menjadi desentralisasi otonom (DAO + WEB3) yang live di internet via kekuatan smart kontrak dan blockchain. Bagaimana cara kerjanya dan mengapa ini menjadi trend booming pada tahun 2040 ( 2023 )

Sebuah revolusi WFH ( work from home ) telah terjadi semenjak pandemik covid-19. 

Beberapa perusahaan industri dan organisasi lainnya sudah mengubah diri bagaimana cara mereka bekerja, bahkan tanpa pernah tatap muka lagi dengan tiap karyawannya, mereka mampu berhubungan secara jarak jauh terlepas dari lokasi geografis, tetapi tetap terkoneksi melalui internet untuk mengerjakan semua tugas pekerjaan deadline dengan tepat waktu. 

Jadi, pernahkah berpikir bahwa kelak di masa depan..? 

Perusahaan raksasa yang khusus terdaftar di bursa saham berubah seluruhnya menjadi DAO yang terdesentralisasi. 

Sebagai contoh seperti Alphabet ( Induk Youtube, Android, Google, dll ). Juga mampu bertindak secara otonom menggunakan kekuatan DAO, WEB3 dan Blockhain. 

Perusahaan raksasa. Sebagai contoh seperti Apple.inc Mampu bertindak otonom, mengubah struktur dirinya dari central menjadi desentralisasi. Bukan berarti nanti semua karyawan dan CEO harus bekerja WFH. 

Artikel kali ini membahas tentang perubahaan yang kelak menjadi trend dimana manajemen struktur perusahaannya berubah menjadi otonom desentralisasi. Terutama dari sisi kepemimpinan suara polling dalam hal kekuatan voting dan bagi pemilik kepemilikan saham dalam jumlah besar. Itulah yang kelak di desentralisasi. 

Emiten saham, kode saham dan lain lain tak banyak berubah. Hanya strukturnya saja yang berubah dari segi pemangku kepentingan yang memiliki jumlah saham terbanyak. 

Sesungguhnya ini sudah mulai terjadi. Tetapi masih berada diluar arena blockchain. 

Harapan kedepannya berbasis smart kontrak dan berada di dalam sistem blockchain yang dieksekusi oleh matematika. Sehingga semua transparant dan hemat biaya. 

Oh ya, artikel ini bukan membahas tentang perusahaan swasta private yang tak terdaftar di bursa saham IPO ya. Hanya membahas tentang perusahaan swasta go publik. 

Misalkan. Ada salah satu pemegang saham terbesar perusahaan itu menulis diskusi melalui jarak jauh :  

Ah saya tak suka dengan keputusan strategi yang diambil oleh CEO itu, jadi copot saja CEO itu ganti yang baru...? Polling di mulai untuk meminta persetujuaan. Kepada pemegang saham lainnya. Setuju atau tidak mengganti CEO buruk itu dengan CEO baru bernama Si Budi. ( Misalkan ya ). 

Atau seperti ini : 

Bagaimana kalau kita mengubah Youtube menjadi memiliki 4 fungsi bersamaan seperti mirip Facebook dan mirip Tiktok sekaligus tanpa meninggalkan video durasi panjang lebih dari 10 menit. Youtube menghadirkan text seperti status sosial Facebook, juga menghadirkan video short 1 menit ala Tiktok, video live seperti Zoom. 4 fungsi sekaligus dalam 1 platform Youtube tanpa harus orang orang berpindah pindah ke Facebook, Zoom dan Tiktok. Polling di mulai untuk meminta persetujuaan mengganti fitur Youtube memiliki 4 fungsi. Kepada pemegang saham lainnya. Setuju atau tidak. ( Misalkan ya ). 

Mengubah seluruh struktur perusahaan emiten yang terlisting di bursa saham central menjadi desentralisasi otonom (DAO + WEB3) yang live di internet via kekuatan smart kontrak dan blockchain. Bagaimana cara kerjanya dan mengapa ini menjadi trend booming pada tahun 2040 ( 2023 )


Teknologi desentralisasi otonom mampu memberdayakan orang orang atau perusahaan investasi yang menjadi pemegang kendali saham yang berkuasa dalam jumlah besar atau bahkan SWF ( sovereign wealth fund ).

Walaupun mereka terpisah jarak hingga 1.000 km atau 10.000 km.

Untuk pemegang saham ritel kecil kecil. Itu tak berpengaruh sama sekali. Kecuali jika mereka sanggup melipatgandakan kepemilikan saham dalam jumlah yang besar, maka mulai dapat ikut berdiskusi atau untuk merubah semua kebijakan perusahaan dari jarak jauh. 

Dari segi efesiensi manajemen. Mendesentralisaikan perusahaan ke blockchain itu bagus karena mampu menghemat banyak uang. 

Para pemangku kepentingan pemilik saham besar, mampu berkontribusi mengendalikan semua arah kebijakan perusahaan tanpa harus mereka datang atau berlama lama di kantor perusahaan itu. Jadi mereka dapat fokus berpikir tentang strategi dari jarak jauh. 

Sedangkan karyawan dan CEO adalah orang orang yang bekerja seperti biasa bertemu tatap muka untuk memastikan perusahaan tetap berjalan semana mestinya sesuai arahan strategi pemegang terbesar kekuasaan di saham.

Sedangkan founder dan pemegang saham terbesar bisa liburan ke pantai. Sambil tetap membuat aturan baru dan mengawasi perusahaan dari jarak jauh menggunakan laptop. Sambil terus menerus memberikan ide inovasi brilian berdasarkan DNA dan visi yang sudah dibentuk.

Bukan berarti founder dan pemegang saham tak perlu datang juga ke kantor. Adakalanya mereka datang ke kantor untuk mengecek ini itu, rapat internal atau hingga benar benar bekerja berkolaborasi bersama untuk saling mengetahui. 

Apa itu struktur perusahaan desentralisasi otonom dalam pengambilan keputusan strategi, kelebihan dan kekurangan :

Kelemahan utama dari desentralisasi perusahaan yaitu dapat melemahkan keberadaan CEO. Sehingga tugas CEO tak lebihnya seperti karyawan saja yang ikut aja apa yang dibisik oleh founder dan pemegang saham terbesarlah yang berhak berkuasa mengatur seluruh strategi berdasarkan polling, bukan CEO lagi, malah jatuhnya jadi mirip seperti buruh juga tuh nasib CEO. 

Keunggulan :

1]. Menciptakan perusahaan yang lebih responsif. 

2]. Menciptakan perusahaan kuat yang lebih fleksibel mampu beroperasi di banyak negara, sekalipun founder atau pemegang saham bukan berasal dari negara tersebut. 

3]. Menghemat banyak keuangan karena menggunakan smart contract tanpa perlu pihak perantara.

4]. Keputusan sepenuhnya diambil berdasarkan polling jarak jauh menggunakan media internet yang dieksekusi melalui matematika blockchain sehingga CEO dipaksa harus mengikuti perintah. 

5]. Perusahaan desentralisasi menjadi kebal atas intervensi pemerintah manapun. Sehingga lokasi kantor dan pabrik manufaktur dapat berpindah pindah ke negara lain jika founder dan suara pemegang saham menginginkannya. 

6]. Perusahaan desentralisasi mampu dan kebal menantang pemerintah otoriter yang hobi membanned, memboikot dan memberikan sanksi kejam.  

Saya percaya bahwa kelak di tahun 2040. Semua perusahaan di dunia ini yang terdaftar di bursa saham mulai mengubah struktur manajemen dari terpusat menjadi terdesentralisasi. Karena ada begitu banyak benefit di tawarkan. 

Struktur perusahaan desentralisasi adalah ketika operasi sehari hari sebuah bisnis perusahaan berubah dalam hal kekuatan pengambilan keputusan didelegasikan oleh founder dan pemilik suara saham terbanyak. Mereka ini lah yang membisikkan dan memberi perintah berbagai macam strategi dan keputusan untuk dilaksanakan oleh CEO, manajer dan seluruh karyawan. 

Contoh perusahaan yang sudah menerapkan desentralisasi adalah PT johnson johnson. Tetapi sistemnya belum masuk ke ranah blockchain atau DAO. 

Johnson johnson memiliki 250 pabrik manufaktur yang tersebar di lebih dari 10 negara. Keputusan strategi perusahaan ini sepenuhnya dilakukan melalui polling. Kantor pusat terbesarnya tetap berada di Amerika Serikat berdasarkan keinginan suara pemegang saham terbanyak. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.