Lompat ke konten Lompat ke footer

Informasi ayam kampung KUB generasi ke 2 balai penelitian dan pengembangan pertanian Indonesia [ Janaka ] ( 2023 )

Pemerintah Indonesia melalui balai penelitian dan pengembangan pertanian sejak lama telah sukses memperkenalkan jenis ayam kampung unggul yang dimana pada tahun 1990 merilis ayam kampung unggul joper.

Keunggulan ayam kampung joper yaitu pertumbuhan cepat untuk mencapai berat rata rata 1 kg hanya membutuhkan waktu 6 bulan. Bandingkan dengan ayam kampung asli biasa yang membutuhkan waktu hingga 1 tahun hanya untuk mencapai bobot 1 kg. 

Tak berhenti sampai disini. 

Pemerintah Indonesia melalui Balitnak. Pada tahun 2014 kembali merilis jenis ayam kampung unggul yang disebut KUB.

KUB merupakan singkatan dari kampung unggul balitbangtan. 

Diseleksi, riset dan penelitian menghabiskan anggaran hingga miliaran rupiah, bekerjasama dengan universitas dan melibatkan banyak para professor doktor dari lulusan S3. 

Jadi KUB2 bukan dikerjakan oleh orang abal abal ya. Melainkan oleh tenaga ahli professional S3 yang didukung sepenuhnya oleh pemerintah Indonesia. 

Tak berhenti sampai disini. 

Pemerintah Indonesia melalui Balitnak. Pada tahun 2021 kembali merilis upgrate jenis ayam kampung unggul yang disebut KUB generasi 2 ( KUB 2 ) atau diberi nama Janaka oleh menteri perekonomian Airlangga hartanto bersama menteri pertanian Syahrul yasin limpo.

KUB 2 merupakan peningkatan dari KUB 1. 

Berikut perbandingan jika teman teman lihat dari kecepatan waktu terhadap berat bobot : 

1]. Ayam kampung asli biasa = Pertumbuhan daging 1 kg membutuhkan waktu 1 tahun

2]. Ayam kampung joper = Pertumbuhan daging 1 kg membutuhkan waktu 6 bulan

3]. Ayam kampung KUB2 = Pertumbuhan daging 1 kg membutuhkan waktu 4 bulan

Informasi ayam kampung KUB generasi ke 2 balai penelitian dan pengembangan pertanian Indonesia ( 2023 ).

Setelah merilis ayam kampung unggul KUB di tahun 2014. 

8 tahun kemudian atau tepatnya di tahun 2021, pemerintah Indonesia bekerjasama dengan para peneliti bergegas mengupgrate keunggulan dari bibit KUB menjadi generasi ke 2 dengan performa yang ditingkatkan dari segi produktivitas, telur dan bobot pertumbuhannya. 

Berikut rangkuman dari keunggulan ayam KUB generasi ke 2 ( JANAKA ).

1]. Untuk mencapai berat rata rata 1 kg. Ayam kampung KUB2 hanya membutuhkan waktu 4 bulan atau 12 minggu atau 84 hari. Waktu bukan dihitung dari tempat pengambilan doc dari toko atau pasar unggas terdekat.  Ini mengacu dari penetasan telur di hari awal pertama kali sejak di mesin tetas. 

2]. Produktivitas telur sebanyak 200 butir per tahun.

3]. Hen day mencapai 60% ( Maksudnya jika dari 100 ekor ayam maka yang bertelur setiap hari sekitar 60 ekor ayam ).

4]. Sifat mengerem 5%. ( Maksudnya jika dari 100 ekor ayam maka yang mengerem sekitar 5 ekor saja, itu bagus karena apabila ayam mengerem maka produktivitas telur merosot anjlok, oleh sebab itu penting rasanya memiliki ayam dengan sifat mengerem yang rendah agar sang ayam rajin bertelur ).

5]. Ayam jantan KUB2 menghasilkan tampilan body pejantan jago yang terlihat kuat, kekar, pemberani dan tangguh. [ Pejantan tangguh dibutuhkan untuk menghasilkan lebih banyak telur fertil yang berkualitas tinggi agar ditetaskan di mesin tetas selama 21 hari, jika ayam pejantan memiliki body yang terlihat lemah, layu, kurus dan nampak penakut. Maka menghasilkan penurunan jumlah anakan doc yang berdampak merugikan secara ekonomi dan dapat memperburuk kualitas bibit doc selanjutnya ( days old chick ) ].

6]. Agak tahan dari berbagai penyakit. Salah satunya seperti snot ( coryza ). Sehingga cukup layak dalam hal ketahanan hidup. 

7]. Ayam kampung KUB2 mulai bertelur pada usia 147 hari atau 21 minggu atau 4 bulan. 

8]. Tingkat ayam kampung KUB2 stress agak rendah. 

9]. Perawatan KUB2 sama seperti ayam kampung Joper. Ini dapat dibudidaya dalam full 100% kandang, semi umbaran atau 100% umbaran. 

10]. Berat telur perbutir 35 - 45 gram. 

11]. Tampilan kaki yang bersih. 

12]. Tampilan body yang cantik dan menawan

13]. Rasa daging seperti ayam kampung asli.

Ayam kampung KUB2 tergolong masih baru, sehingga banyak orang belum tahu tentang informasi ini.  

Setiap negara dibelahan dunia ini memiliki jenis ayam kampung masing masing yang disesuaikan dengan keadaan lingkungan dan cuaca iklim tempat sang ayam berada. 

Memelihara ayam kampung jenis unggul yang berasal dari Amerika Serikat tentu berbeda hasilnya jika dibudidayakan di negara Indonesia. Begitupun sebaliknya. 

Ayam kampung unggul KUB2 menjadi jawaban dan inovasi perternakan dari pemerintah Indonesia untuk menjadikan NKRI berdaulat secara mandiri dengan menciptakan bibit unggul ayam kampung unggul KUB2 yang sesuai dengan adaptasi lingkungan tropis. 

Syahrul yasin, menteri pertanian Indonesia mengatakan : 

Selama ini Indonesia memiliki keragaman genetik berkualitas yang tidak kalah bagus dari negara lain di dunia. Apalagi subsektor unggas adalah salah satu kebutuhan utama masyarakat Indonesia. Harus dilihat bahwa ayam KUB itu ayam kampung Indonesia yang genetik dan varietasnya adalah varietas Indonesia dan tentu ini harus kita support bersama. Sahutnya. 

Melalui tim anggota para penyuluh pertanian dan perternakan yang berdedikasi. Pemerintah Indonesia saat ini gencar menyebarluaskan KUB2 kepada masyarakat agar dagingnya dapat di konsumsi sehari hari. Sekaligus dibudidayakan secara masif.

Konsumsi daging ayam kampung KUB2 dapat menjadi alternatif protein hewani bagi masyarakat Indonesia selain kebutuhan terhadap ikan, sapi, ayam broiler, sate kambing, rendang babi dan telur. 

Pemerintah Indonesia berharap agar budidaya KUB2 dapat disebarluaskan oleh perusahaan perternakan swasta, peternak mandiri dan juga dapat dijadikan sebagai ayam ternak untuk memenuhi kebutuhan gizi protein bagi masing masing keluarga. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.