Lompat ke konten Lompat ke footer

Tantangan melawan musuh global. Alasan mengapa Amerika Serikat ingin menjadikan Kanada sebagai satu negara ( 2023 )

Keinginan pemerintah Amerika Serikat untuk menjadikan Kanada sebagai negara bagian tanah miliknya memang sudah lama dibahas selama berdekade dekade, tetapi hingga saat ini, kebijakan itu belum terwujud.

Alasan utama yaitu keengganan atau penolakan dari pihak politik Kanada. 

Frustasi karena lamaran 'integration' ditolak melulu oleh Kanada.

Di abad modern, pada tahun 2019. 

Mantan presiden Donald Trump juga pernah merayu atau membujuk pihak Uni Eropa agar mau menjual tanah Greenland, nanti rencananya pemerintah AS yang beli seluruh wilayah Greenland pakai cicilan utang & cash. 

Tetapi lamaran AS itu juga ditolak mentah mentah oleh Denmark ( EU ).

Sesungguhnya keinginan Amerika Serikat itu hampir tak memungkinkan bahkan mustahil untuk meminang Greenland. 

Alasan utamanya yaitu karena Uni Eropa juga memiliki kepentingan memperluas wilayahnya menjadi lebih besar, lebih besar dan lebih besar lagi.

Jika anda mengamati peta wilayah Uni Eropa. Setiap beberapa dekade dari tahun ke tahun wilayah kekuasaan EU terus bertambah besar dan lebar dengan menggabungkan banyak negara negara di benua biru Eropa menjadi satu. Walaupun Brexit memberikan tantangan dengan keluarnya United Kingdom ( Inggris ). Tetapi tak menyurutkan langkah EU melakukan ekspansi lebih besar lagi di masa depan. Bahkan EU telah melebarkan sayap hingga keluar dari zona eropa. Seperti membidik Islandia dan Skotlandia agar kelak tergabung ke EU.  

Mengapa Amerika Serikat ingin menjadikan Kanada sebagai satu negara ( 2023 )

Kanada merupakan pilihan logis bagi Amerika Serikat untuk menggabungkan negara yang dipimpin oleh Justin trudeau menjadi bagian milik pemerintah AS. 

Ada banyak persamaan antara AS dan Kanada. Mulai dari bahasa, agama dan budaya. Walaupun ada beberapa sedikit perbedaan multikultura yang memisahkan namun tak menghalangi upaya tersebut. 

Satu hal yang harus teman teman ketahui yaitu orang orang Kanada dapat pergi ke Amerika Serikat tanpa harus menggunakan visa.

Begitu pula sebaliknya orang orang AS dapat pergi tinggal di Kanada tanpa mengurus visa. 

10% penduduk Kanada dapat bolak balik tinggal menetap dan memiliki rumah real estate ke 2 di Amerika Serikat

Ini ibarat hubungan Kanada dan Amerika Serikat memang sudah seperti propinsi saja. 

Tentara tentara US ARMY juga mudah lalu lalang keluar masuk ke Kanada. 

Wilayah udara, lautan dan perbatasan Kanada, bahkan yang menjaga berasal dari gugus dinas patroli lintas angkatan militer Amerika Serikat yang tentu saja komunikasi bekerjasama terhubung ke pihak Kanada.   

Itu berbeda jika orang orang Meksiko hendak pergi ke Amerika Serikat harus mengurus banyak dokument visa berbelit belit dan pemeriksaan yang ketat di area tembok perbatasan. Bahkan durasi berpergiaan warga Meksiko dibatasi oleh waktu, apabila orang orang Meksiko melewati tanggal yang telah ditetapkan. Polisi AS bakal menangkap orang orang Meksiko untuk dipulangkan. Sedangkan perlakuaan hal ini tak terjadi pada warga Kanada. 

Tak hanya sampai disini saja. 

Tahukan anda bahwa transportasi jalur bisnis kereta Kanada di kelola oleh Amerika Serikat.

Dan masih banyak lagi. 

Walaupun penggabungan keputusan Kanada ke Amerika Serikat belum terjadi saat artikel ini ditulis bagi anda di tahun 2023.

Tetapi di banyak sektor militer, sipil, ekonomi, logistik dan bisnis. Mayoritas penggabungan antara Kanada & AS beberapa diantaranya memang sudah saling terkoneksi. Kecuali diranah politik yang belum terintegrasi.   

Lalu apa yang melatarbelakangi Amerika Serikat ingin menggabungkan Kanada menjadi satu negara. 

Tantangan dari musuh seperti Rusia, China, Korea Utara, Khilafah IS (Islamic State), Iran dan proxynya yang hendak melemahkan hedegomi super power AS menjadi penyebab mengapa pemerintahan Amerika Serikat berhasrat menjadikan Kanada sebagai satu negara. 

Negara negara lain seperti Kuba dan Venezuela juga menjadi tantangan bagi Amerika Serikat. 

Masalah lainnya yaitu terhadap adanya kepentingan negara bebas aktif (non-sekutu) yang ikut terlibat dalam kebijakan politik ambiguitas. Dimana satu sisi berteman menjalin perdagangan dengan AS, namun disisi lain juga menjalin perdagangan dengan para musuh musuh AS. 

Negara bebas aktif non-sekutu seperti Indonesia, Brazil, India, Meksiko, Arab Saudi, Mesir, Yordania, Pakistan, Bangladesh, Libya, Africa selatan, Nigeria, Sudan, Malaysia, Turki, Aljazair, Qatar, dll. Menjadi masalah tersendiri bagi Amerika Serikat karena komitmennya yang tak dapat diandalkan, menjalin hubungan dagang dengan federasi Rusia dan China yang notabene adalah musuh AS.  

Jadi, apabila Amerika Serikat sukses menggabungkan Kanada menjadi 1. 

Langkah awal yaitu pemimpin Kanada, Justin trudeau bakal alih fungsi jabatan setara pejabat Walikota. Lalu negara Kanada berubah status ke penamaan nama baru. Dari ke 10 propinsi Kanada diubah menjadi negara bagian AS. 

Penggabungan menyebabkan dengan cepat jumlah penduduk AS melonjak menjadi lebih dari 370.000.000 juta orang.

Luas wilayah bertambah menjadi 1.900.000.000 miliar hektar ( baca 1,9 miliar hektar ). 

Cadangan devisa keuangan meningkat menjadi $ 348 miliar dolar atau sekitar Rp 5.324 triliun rupiah.

Jumlah personil tentara aktif meningkat menjadi 1.460.000 juta orang

Dan jumlah perusahaan raksasa yang terdaftar di bursa saham dengan nilai marketcap masing masing diatas $ 1 miliar dolar meningkat menjadi 2.162 unit.

Dari data ini saja, kekuatan Amerika Serikat bakal bertambah lebih kuat. 

Orang orang Kanada diuntungkan dari aksi merger ini, mengingat luas wilayah Kanada memiliki resource mineral yang berlimpah dan area pertanian yang luas namun belum mampu maksimal dikelola dengan baik, mayoritas lahan tanah hanya sebuah bentuk kekosongan karena Kanada tidak memiliki perusahaan teknologi dan industri sehebat AS. Bergabungnya Kanada memberikan keuntungan dalam banyak hal pengelolaan mineral dan pertanian yang efektif.   

Dari segi militer. Kanada sama sekali tidak berdaya mempertahankan dirinya jika menghadapi ancaman dari Rusia. 

Kanada memiliki garis pantai dan udara yang begitu panjang. Fakta dilapangan, selama ini Kanada memang tidak dapat mempertahankan perbatasan laut dan udaranya sendiri sehingga harus menyerahkan tugas ke angkatan bersenjata AS.. 

Dari segi ekonomi, finansial dan permodalan. Kanada kalah telak melawan perekonomian dengan China. 

Kanada tidak dapat berbuat apa apa tanpa bantuan kerjasama dengan Amerika Serikat melalui perjanjian Canada United States free trade agreement. 

Selama ini, Kanada dapat hidup karena adanya partnership perdagangan ekonomi dengan AS. 

Apabila politik Kanada terus menerus memutuskan untuk menolak bergabung menjadi 1 negara dengan Amerika Serikat. Itu justru membawa dampak bencana besar bagi 38.000.000 juta penduduk Kanada hidup dalam kemiskinan yang kelak tak mampu bertahan dalam perang dagang ekonomi global dan persaingan kapitalisme lainnya.

Adanya resesi dan inflasi di masa depan yang terjadi dapat membuat pejabat politik Kanada mulai melunak pikiran membahas betapa penting arti untuk bergabung menjadi 1 negara Amerika Serikat secara terintegrasi.  

Partai Unionest di Kanada merupakan contoh salah satu di kancah politik yang hendak dan berhasrat memberikan persetujuaan resmi untuk menggabungkan Kanada sepenuhnya menjadi Amerika Serikat.

Dari hasil penelitian polling. 64% warga AS dan Kanada mendukung aksi merger ( penggabungan negara ). 

Diane mengatakan : 

Amerika Serikat dan Kanada sudah terintegrasi daripada yang dipikirkan oleh kebanyakan orang. Faktanya penggabungan antara kedua negara tidak dapat dihindari. Kami berbagi lebih dari sekedar perbatasan terpanjang di dunia, kami berbagi nilai, gaya hidup dan aspirasi yang hampir sama. Masyarakat dan ekonomi menjadi serupa dengan cara yang signifikan. Sahutnya. 

Pertanyaan selanjutnya yaitu mengapa Amerika Serikat hanya menginginkan Kanada saja, bukan negara lain. Seperti pembahasan diatas, itu diakibatkan kemiripan budaya dan agama yang tak jauh berbeda antara Kanada dan AS.

Amerika Serikat tentu menolak Meksiko untuk merger menjadi satu negara, karena memiliki perbedaan sifat budaya dan bahasa yang jauh berbeda. Oleh sebab itu, mengapa US ARMY melalui Us customs and border protection membentuk tembok security sepanjang 1.044 km di bagian selatan perbatasan. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.