Lompat ke konten Lompat ke footer

IBM AS akuisisi perusahaan Israel Polar Security senilai $ 60.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 900 miliar rupiah [ teknologi perlindungan kekacauan data cloud IT/SI tak terstruktur yang berantakan untuk kepatuhan dan pencegah data shadow bayangan ] ( 2023 )

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat IBM ( international business machines ) mengumumkan di situs web newsroom telah mengakuisisi perusahaan teknologi asal Israel, Polar Security pada tahun 2023. 

Nilai mahar tidak disebutkan. 

Tetapi para analisis memperkirakan jumlah uang akuisisi sekitar $ 60.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 900 miliar rupiah. 

Dalam 1 dekade terakhir saja. IBM telah mengakuisisi 4 perusahaan teknologi asal Israel seperti Trusteer dengan harga akuisisi sekitar $ 630 juta dolar, perusahaan Ezsource dan perusahaan Databand ( sebuah perusahaan teknologi AI dan pembelajaran mesin observasi di infrastruktur TI/SI ). Terakhir yaitu Polar security. 

IBM mengklaim mengakuisisi Polar Security untuk mengambil hak paten teknologi DSPM yang kemudian diintegrasikan ke produk security Guardium. 

Sehingga dapat memberikan kekuatan keamanan dan teknologi baru pada platform semua jenis data di lokasi cloud seperti SaaS, on premisi dan infrastruktur cloud public. 

Setelah akuisisi. Maka seluruh ilmu blueprint, produk, manajemen dan hak paten Polar security diserahkan kepada IBM. 


Tentang Polar Security. 

Sebelum Polar security didirikan. Tak ada seorangpun yang tahu tentang permasalahan data shadows.

Rumitnya keamanan data untuk mencegah karyawan nakal yang tak berkepentingan, serangan cyber tingkat lanjut di sistem multicloud dan hybridcloud pada data sensitif. Beberapa pihak ada yang memutuskan untuk tetap membangun datacenter sendiri. Tetapi akhirnya mereka kecewa berat karena harga layanan TI/SI semakin hari semakin terlampau mahal mencekik leher, disisi lain harus membeli perangkat hardware data center sendiri. Sudah dicekik lehernya, kini dicekik lagi kaki dan tangannya untuk macam macam urusan pembayaran. 

Semua terasa jadi serba salah. Mereka lalu memutuskan untuk mencoba menggunakan cloud umum. Maka, paparan aliran sensitif sulit terjaga karena hacker dapat menghacknya, apalagi jika memilih jenis perusahaan cloud yang tak terpercaya. Kemana data mengalir, tidak ada yang tahu. Data sensitif bisa saja terakses ke negara lain di mana hacker leluasa membobolnya. 

Dilema permasalahan ini disebut dengan kekacauan data yang tak terstruktur. Selain itu ada pula tumpukan data shadows yang membebani biaya, jika dibiarkan berlarut larut maka dapat membuat kerugian yang besar. 

Untuk pertama kali di dunia. 

Polar security hadir memberikan solusi inovasi dalam memecahkan masalah kompleks ini, saat dimana para inovator lainnya tidak dapat melihat dan tidak mengetahui apa apa. 

Founder Polar Security

Polar security didirikan oleh 2 founder asal Israel bernama Guy shanny dan Roey yaacovi.

Mereka berdua berasal dari lulusan universitas Jerusalem Israel di bidang ilmu komputer enginering yang fokus di kecerdasan buatan AI, cyber security dan machine learning. 

Ketika seluruh proses pemindahan akses selesai dari Polar ke IBM. 

Maka Guy shanny dan Roey yaacovi keluar untuk menciptakan perusahaan teknologi baru dengan inovasi yang lebih canggih. 

Tentang IBM


IBM adalah sebuah perusahaan teknologi asal Amerika Serikat dengan marketcap sebesar $ 115 miliar dolar atau sekitar Rp 1.725 triliun rupiah. 

IBM memproduksi dan menjual perangkat hardware keras komputer yang diperuntukkan untuk data center dan juga menjual layanan jasa cloud computing untuk kalangan enterprise dan UKM di seluruh penjuru dunia. 

Selain itu juga membangun super komputer watson dan menciptakan komputer kuantum osprey yang memiliki kekuatan 433 qubit ( quantum bit ). 

Jumlah karyawan IBM mencapai 288.300 orang yang berkantor pusat di Amerika Serikat. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.