Langsung ke konten utama

Agama seluruh Africa ( 2023 )

Benua Africa terletak berbatasan dengan Uni Eropa dan berdekatan dengan Timur Tengah. Dikenal oleh banyak orang orang sebagai benua hitam yang kaya terhadap sumber daya alam, flora, fauna dan keunikan keragamanan budaya kuno tradisional. Ini juga memiliki suku, bahasa dan agama berbeda beda.

Dari tahun ke tahun. Perdagangan dan perkembangan Africa telah perlahan lahan dapat menikmat kemajuan zaman dan tentu saja diharapkan tolerasi & kerukunan antar umat meningkat dari hari ke hari.

Dengan meningkatnya penyebaran akses teknologi, infrastruktur, komunikasi, pendidikan, layanan kesehatan, transportasi dan lain lain. Maka masyarakat di Africa dengan mudah berinteraksi dengan masyarakat global melalui sarana internet sehingga dapat membantu mereka meningkatkan kesejahteraan dibandingkan keadaan sebelumnya.

Jika berbicara tentang lanskap agama di seluruh benua Africa. 

Berdasarkan laporan data yang saya kutip disajikan pada tahun 2020 yang lalu.

Maka kristen merupakan agama utama di banyak negara Africa. Itu tak terbantahkan dan tak terelakkan. 

Secara absolut terdapat sekitar lebih dari 658.530.000 juta orang Kristen di keseluruhan benua hitam Africa. 

Diperkirakan oleh banyak lembaga peneliti bahwa jumlah orang orang Kristen tetap meningkat pesat di Africa hingga lebih dari 1.000.000.000 miliar orang pada tahun 2050 nanti. 

Di sisi lain, banyak juga orang di Afrika yang menjalankan kepercayaan agama Islam. 

Faktanya yaitu Islam merupakan agama terbesar peringkat #2 di Afrika dengan total jumlah sebanyak 575.350.000 juta orang pengikut atau membentuk sekitar 44%. Posisi peringkat #1 di tempati oleh kristen sebagai agama terbesar di Africa dengan perolehan sekitar 50%.

Di benua Africa. Kedua agama yaitu ( Kristen dan Islam ) menjadi kepercayaan paling dominan yang hampir mustahil dapat dikejar oleh kepercayaan agama lainnya. Itu Jauh melampaui dari kepercayaan seperti Atheis, Hindu, Buddha & Yahudi. 

Bahkan jumlah pemeluk agama tradisional di seluruh Africa hanya ada sedikit. Cuma 2% saja dan statistik menunjjukkan perkembangannya terus berangsur angsur berkurang dari tahun ke tahun. 

Sedangkan persentase total dari agama Hindu, Buddha & Yahudi di Africa jika digabung sekalipun hanya membentuk 0,1% saja. 

Untuk kategori pemeluk kepercayaan atheis ( orang orang yang tidak percaya terhadap keberadaan Tuhan, tidak percaya surga, tidak percaya neraka. Termasuk kalangan agnostik sekalipun ( NB : Agnostik adalah orang orang yang dikategorikan bagian dari keyakinan atheis, tetapi seperti anggota klub bingung, mereka tidak tahu apa apa yang sedang terjadi di alam semesta ini, masih bingung meraba raba apakah Tuhan itu ada atau tidak. Sehingga tergolong sebagai pribadi yang kebingungan ). 

Jumlah orang atheis di Africa membentuk sekitar 2% dari total populasi. Itu menunjjukkan bahwa atheis sama sekali tidak populer di benua hitam. 

Hal ini wajar, mengingat dulunya benua Africa tempat paparan penuh mistik, sihir dan alam gaib.

Jadi, bagaimana cara orang orang atheis di Africa menjelaskan fenomena tersebut. Seperti Voodoo, jin, kundalini, kerasukan arwah dan hal hal penampakan hantu gentayangan lainnya. Hanya agama yang dapat menjawabnya dengan mudah melalui penafsiran pemahaman realistik yang telah tertera dengan tegas di ayat kitab suci secara jelas menunjjukkan bahwa dimensi spritual tentang keberadaan Tuhan Yesus Kristus itu nyata....?

Agama seluruh Africa ( 2023 )

Berikut populasi penduduk dan persentase agama di seluruh benua Africa. 

1]. Gabungan kristen protestan berserta denominasinya, kristen ortodoks dan kristen katolik : 658.530.000 (50%)

2]. Islam : 575.350.000 ( 44% )

3]. Gabungan seluruh agama lokal tradisional di Africa : 34.550.000 ( 2% )

4]. Atheis : 33.000.000 ( 2% )

5]. Hindu : 1.580.000 ( < 0.1% )

6]. Buddha : 1.5080.000 ( < 0.1% )

6]. Yahudi : 66.600 ( < 0.1% ) 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post