Langsung ke konten utama

8 tanaman paling banyak di tanam di seluruh dunia kuasai 80% hidangan meja makanan kita secara global ( 2023 )

Sejak awal bumi terbentuk. Manusia dari era nenek moyang hingga abad modern ini hanya memperoleh makanan dari 2 jenis saja yaitu hewan dan tumbuhan. 

Tumbuhan terdiri dari berbagai macam jenis yang dapat menghasilkan buah lezat dan aneka dedaunan berbentuk sayur sayuran yang dilahap oleh kita di rumah, warung dan restoran.

Tanaman menyediakan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan energi harian kita, selain itu bermanfaat juga bagi kesehatan. 

Tahukah anda. 

Bahwa sesungguhnya makanan kita dari sejak bayi sampai dewasa ya itu itu aja. 

Ngga pernah berubah. 

Hanya saja resep, bumbu dan cara memasaknya yang beda.

Misalkan bahan utama tanamannya adalah jagung. 

Maka para emak emak dan tante tante punya banyak kreasi untuk memasak jagung diolah menjadi sup jagung, bubur jagung, tumis jagung, bakwan jagung, sayur bening jagung, popcorn jagung, kuah jagung asam manis, lepet jagung, oseng jagung manis, jagung bakar dan masih banyak lagi. Tetapi pada intinya bahan utama adalah jagung. 

Dengan banyaknya jenis masakan yang dapat dibuat dari jagung. Tentu saja menjadikan jagung sebagai salah satu tanaman populer di dunia yang dibudidayakan oleh petani dan perusahaan pertanian. 

Selain dikonsumi oleh manusia. Jagung juga dikenal sebagai salah satu bahan olahan utama pakan ternak untuk ayam dan babi. 

Semakin terkenalnya jagung. 

Maka orang orang dapat dengan mudah menjumpainya di banyak tempat bahkan di pinggiran tepi jalan ketika petani sedang sibuk menanam jagung di kebun miliknya.

Jagung merupakan salah satu contoh tanaman paling banyak di tanam di seluruh dunia. 

Berikut adalah 8 jenis tanaman paling banyak di tanam di seluruh dunia kuasai 80% hidangan meja makanan kita secara global ( 2023 ) 

1]. Jagung

Jagung adalah tanaman yang berkontribusi terhadap produksi pangan dunia. Jagung dapat tumbuh di berbagai iklim dan kondisi tanah dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tetapi hanya 40% saja dari komoditas jagung yang dikomsumsi oleh manusia. Sisanya 60% untuk diolah sebagai pakan ternak ayam & babi.  

Amerika Serikat adalah pemimpin #1 di dunia untuk tanaman jagung.

2]. Gandum

Gandum adalah tanaman biji bijian yang banyak digunakan sebagai makanan dan bahan baku industri. Gandum merupakan tanaman pokok karbohidrat untuk negara Amerika Serikat, Uni Eropa, Timur Tengah, Rusia, Australia, dll. Walaupun orang orang Indonesia tidak mengkomsumsi dan menolak gandum sebagai bahan utama pokok. Tetapi orang orang Indonesia doyan konsumsi mie instan, kue risoles, pais, roti, biskuat, dll yang notebene sesungguhnya berbahan dasar gandum. Walhasil, Indonesia tidak dapat menghindari gandum karena tanpa disadari kebanyakan makanan kita memang mengandung ada 'titipan gandumnya'. 

Rusia adalah pemimpin #1 di dunia untuk tanaman gandum.

3]. Jelai

Jelai adalah sejenis tanaman serealia untuk pakan ternak ayam dan babi. 

Australia adalah pemimpin #1 di dunia untuk tanaman jelai.

4]. Beras atau padi

Padi adalah tumbuhan yang berbentuk mirip seperti rumput yang kemudian saat panen dapat menghasilkan biji bijian menjadi gabah beras. Ini dapat tumbuh baik di wilayah Asia yang beriklim tropis dan lembab. Negara kawasan Asia menjadikan tanaman ini sebagai makanan utama. 

India adalah pemimpin #1 di dunia untuk tanaman padi.

5]. Kacang kedelai

Kacang kedelai merupakan bahan utama untuk pembuatan tempe dan tahu. 

Amerika Serikat adalah pemimpin #1 di dunia untuk tanaman kacang kedelai.

6]. Kelapa sawit

Kelapa sawit adalah tanaman yang dapat digunakan sebagai bahan baku untuk berbagai produk bahan kosmetik, termasuk minyak goreng. Tanaman ini juga dapat digunakan untuk biofuel.

Indonesia adalah pemimpin #1 di dunia untuk tanaman pohon kelapa sawit.

7]. Pisang

Pisang adalah tanaman yang menghasilkan buah dengan ciri khas berwarna kuning kalau sudah matang dan punya rasa manis. 

Ekuador adalah pemimpin #1 di dunia untuk tanaman pisang.

8]. Bunga matahari. 

Bunga matahari adalah tanaman semusim yang dapat menghasilkan minyak goreng. 

Ukraina adalah pemimpin #1 di dunia untuk tanaman bunga matahari.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post