Langsung ke konten utama

EAC undang Ethiopia dan Somalia untuk bergabung menjadi 1 negara dengan harapan total populasi 500.000.000 juta orang siap bikin merinding persaingan ekonomi global ( 2023 )

Di benua hitam Africa. Ada 3 kesatuan politik. Itu disebut Uni Africa, Ecowas dan EAC. 

Uni Africa terdiri dari 54 negara yang ada di Africa. Tetapi Uni Africa itu bukan persatuan negara seperti EAC atau ECOWAS. Melainkan Uni Africa ( UA )  hanya mirip seperti kerjasama bisnis dan politik saja seperti ASEAN, BRICS, PBB dan G20. 

Uni Africa tidak punya presiden komisi ( presiden pemersatu ). 

Uni Africa juga tidak punya pajak terintegrasi.   

Sedangkan untuk informasi lebih lanjut tentang ECOWAS. 

Teman teman dapat membaca di artikel di bawah ini ya. 

ECOWAS : Negara gabungan persatuan 15 negara Africa barat ( 2023 )

Foto : Ethiopia

Pada artikel kali ini membahas tentang EAC. 

EAC atau East African Community adalah sebuah negara kesatuan yang beranggotakan 7 negara. Yaitu Burundi, Dr congo, Kenya, Rwanda, Sudan selatan, Tanzania dan Uganda. 

EAC dipimpin oleh seorang komisi presiden bernama Evariste ndayishimiye

Pada tahun 2023. Jumlah penduduk EAC mencapai kurang lebih 312.362.000 juta orang dengan pendapatan perkapita rata rata orang disana sebesar $ 1.500 atau sekitar Rp 22.000.000 juta rupiah per tahun atau sekitar Rp 1.800.000 juta rupiah per bulan. 

Luas lahan EAC mencapai sebesar 481.036.300 juta hektar. 

Bahasa utama adalah bahasa Inggris (UK) dan bahasa Kiswahili ( bahasa daerah orang orang Africa ). 

Mata uang yang sering digunakan adalah shiling, dolar Amerika Serikat dan Yuan renminbi.

Markas pusat ibukota utama ada di Tanzania. 

Pejabat EAC mengatakan : 

Visi utama EAC adalah menjadikan Africa Timur yang memiliki ekonomi sejahtera, kompetitif, aman, stabil dan bersatu padu secara politik. Sahutnya. 

Hal ini dilakukan dengan mempererat tali politik, memerangi pengentasan kemiskinan di EAC sebagai komitmen bersama melalui kebijakan pemerintah bersatu yang adil, terarah dan demokrasi, meningkatkan pembangunan ekonomi secara berkelanjutan dengan cara mengelola kelimpahan sumber daya alam (SDA) dengan pengelolaan dan tata kelola yang lebih baik, mengurangi kerusakan lingkungan, menyediakan jaminan keamanan melalui aktivitas militer bersama, mempermudah mobilitas keluar masuk orang di kawasan EAC tanpa pembatasan visa, integrasi pajak, manufaktur, teknologi, pendidikan, kesehatan, dan lain lain sebagainya demi untuk membangun perekonomian bersama yang tangguh.  

Dan yang terakhir, tentu saja memiliki visi misi dalam menyediakan ilmu pertanian yang lebih tangguh untuk menghilangkan atau mengurangi rasa lapar penduduk akibat dulunya sering gagal panen penyebab kelaparan massal. Jadi diharapkan EAC mampu memperbanyak stock snack jagung, kue roti gandum, dll. 

EAC diharapkan mampu memperkuat infrastruktur pertanian dengan memperkenalkan teknologi modern yang lebih baru untuk meningkatkan produksi pertanian, mengurangi kelaparan, meningkatkan gizi masyarakat dari efek bahaya malnutrisi dan mengurangi sakit perut maag kronis akibat dulu penduduknya sering lapar. 

Nah, demi untuk meningkatkan peranan EAC. 

Pada tahun 2023. EAC sedang menjajaki untuk memperluas pengaruhnya ke negara tetangga untuk diajak bergabung bersatu padu menghadapi tantangan ekonomi secara bersama sama. 

Negara tersebut adalah Ethiopia dan Somalia. 

Di Ethiopia memang sering terjadi kelaparan massal, karena petani disana sering gagal panen akibat bencana alam pemanasan global warming. 

EAC mengundang Ethiopia dan Somalia bergabung.

Alasan yaitu karena itu bermanfaat dapat meningkatkan GDP EAC menjadi $ 511 miliar dolar. Sehingga perekonomian menjadi lebih besar dari sebelumnya sehingga layak bikin merinding banyak negara kompetitor lainnya. 

Tentu saja, negara lain sedang cemas cemas gelisah sambil berdoa agar Somalia dan Ethiopia tidak bergabung ke dalam peta kawasan kekuasaan EAC. 

Berikut merupakan proyeksi penggabungan jika terjadi. Yaitu ekonomi EAC bakal dibooster lebih besar dengan konsumsi pasar sebesar 500 juta orang, selain itu jumlah panjang pantai sebagai area tangkapan ikan bakalan meningkat dengan total panjang hampir 5.000 km. Artinya dari segi ekonomi menguntungkan pula untuk transportasi kapal kargo laut. 

Dengan total jumlah populasi 500.000.000 juta orang. Tidak ada lagi masalah tentang pasar dalam negeri. Karena penduduk melampaui lima ratus juta orang banyaknya sehingga membuat gentar banyak negara lain. 

Untuk masalah kelaparan di Ethiopia. EAC dapat menyediakan akses pendidikan dengan cara mendirikan lebih banyak infrastruktur sekolah agar rakyat menerima ilmu pengetahuan dan inovasi ilmu teknologi agrikultur terbaru. Sehingga diharapkan pertanian, budidaya perikanan air tawar dan peternakan dapat dikelola sesuai standar manajemen internasional demi mencegah seringnya gagal panen disana. Kuncinya yaitu pendidikan. 

Untuk masalah keamanan di Somalia. EAC dapat menyediakan akses kekuatan tentara militer.  

Mathuki dari pejabat EAC mengklaim bahwa permasalahan kejahatan dan teroristme di Somalia dapat di cegah. Asalkan undangan ajakan kami mau mereka terima, urusan konflik berlarut larut yang berdarah darah, maraknya gengster dan menjamurnya para pembajak bersenjatakan AK47 di negara Somalia, itu nanti urusan EAC. 

Jika Somalia mau bergabung, urusan militer tanggung jawab EAC yang selesaikan. 

Seluruh terorist, bajak laut, gengster di Somalia nanti EAC yang basmi. 

Sebagai informasi. 

Pada tahun 2023. Pihak Somalia dan Ethiopia masih menolak menanggapi penggabungan ke EAC. Ada alasan mengapa sulit untuk tergabung ke EAC. Mengingat Ethiopia condong memilih untuk bergabung dengan BRICS.  

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post