Langsung ke konten utama

Israel reformasi pendidikan dengan menghapus ujian ( ulangan ), menambah mata pelajaran ilmu investasi saham keuangan & ilmu nutrisi gizi, memangkas pendirian jumlah sekolah baru dengan memaksimalkan bangku ruangan dan universitas hanya untuk orang pintar yang bodoh cukup sampai SMA saja ( 2023 )

Pendidikan di Israel dianggap sebagai sistem terpusat ( sentralisasi ). 

Artinya bahwa dalam proses pengambilan keputusan. 

Sekolah negeri yang ada di seluruh penjuru Israel. Tidak boleh dan di larang membuat keputusan masing masing. Harus mengacu kepada kementerian pendidikan yang diawasi oleh pemerintahan Israel. 

Walaupun sifatnya menerapkan sistem tertutup karena sentralisasi yang dikontrol penuh oleh pemerintah. Pada hakekatnya membuahkan hasil dengan memperoleh peringkat ke 5 sebagai negara dengan pendidikan terbaik di dunia. 

Pada tahun 2024. Sebuah roadmap dan rencana dimulai untuk mereformasi pendidikan di Israel.

Terutama ditujukan kepada sekolah negeri Zionis milik pemerintah Israel. Kecuali sekolah swasta, sekolah Yahudi ortodoks haredi & sekolah Arab yang berbicara menggunakan bahasa Arab. ( kategori ini terpisah, sistem & kurikulum berbeda ). 

Shai piron, mantan dari menteri pendidikan menyebut bahwa reformasi pendidikan ini penting guna menghadapi perubahan era digital. Jadi pendidikan di Israel tidak lagi menggunakan kertas, tidak diperlukan lagi guru pengawas saat ulangan karena tahun depan ujian atau ulangan kuno yang seperti ini bakal dihapus.

Siswa/siswi tidak perlu lagi belajar terlalu banyak menghafal. Kali ini melibatkan daya nalar, daya penelitian, tanya jawab, kaloborasi collective, mengedepankan pemecahan masalah, menganalisis informasi internet, berbicara komunikasi verbal di depan audiens, berpikir kreatif, inovatif, argumentasi debat dan belajar dengan sifat interaktif antara siswa/i & guru.  

Shai piron mengatakan :

Gagasan di balik pengalihan mekanisme ujian ini adalah untuk menciptakan proses pembelajaran yang signifikan, bukan lagi cuma sekedar menghafal dan hanya memuntahkan informasi di selembar kertas. Sahutnya. 

Dari segi APBN yang kian hari makin sensitif. Reformasi untuk menghapus ulangan atau ujian dapat mengefesiensikan banyak anggaran pemerintah Israel secara efesien dalam penyediaan barang & kertas ke masing masing sekolah. Sehingga pemborosan uang dapat dikurangi dalam jumlah besar. 

Untuk penilaian skor nilai dari kemajuan siswa/i. Parameternya kini ditentukan oleh masing masing guru yang kompeten dalam mengakumulasi tingkat keberhasilan pertanyaan kuis benar & salah secara lisan atau diskusi interaktif yang dikumpulkan oleh guru dari rentangan hari demi hari. 

Pembaharuan lainnya yaitu menambah jenis keterampilan mata pelajaran wajib baru yaitu ilmu investasi saham, manajemen keuangan dan ilmu kesehatan nutrisi gizi. Tetapi tetap pula menekankan pendidikan kitab Taurat sebagai landasan utama.

Setelah sekolah pendidikan SMA selesai. Siswa/i lalu kemudian lanjut sebentar ke wajib militer yang diadakan oleh Israel Defense Force ( IDF ). Ini tidak berlaku untuk kalangan yahudi ultra ortodoks ( haredi ) dan Arab. 

Lalu setelah selesai wajib militer melanjutkan studi ke jenjang pendidikan universitas yang lebih tinggi. 

Ada 9 universitas di Israel. Terdiri dari universitas TAU  ( Tel Aviv ), universitas Jerusalem, Universitas Ben Gurion Negev, Technion institute of technology, dll. 

Untuk masuk ke universitas dibutuhkan tes masuk psikometri dan memerlukan nilai rapot sekolah.

Sedangkan untuk biaya kuliah dibiayai oleh pemerintah Israel. Namun perlengkapan seperti tas, sepatu, dll dibiayai oleh individu dan orang tua masing masing siswa/i. 

Kebijakan standar dari pemerintah Israel menuntut hanya orang orang pintar saja secara akademik boleh masuk ke universitas. Sedangkan bagi mereka yang lemah skill cukup sampai SMA. 

Selain itu, pemerintah Israel memangkas pendirian infrastruktur sekolah baru dengan memaksimalkan ruangan kelas apa yang sudah ada sebelumnya untuk digunakan secara maksimal. 

Di Israel. Dalam 1 minggu jadwal sekolah dan universitas buka hanya dari hari senin - jumat. Sedangkan pada hari sabtu dan minggu tutup. Setiap hari orang orang Israel kuliah dan sekolah berdasarkan perjanjiaan yang diberlakukan dan ditetapkan oleh pemerintah yaitu tidak boleh lebih dari 6 jam per hari. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post