Langsung ke konten utama

Apa itu staking CTH [ khusus untuk pemula mudah memahami ] cara melipatgandakan uang digital anda hingga 21% pertahun hanya dengan modal awal $ 1 ] [ No bunga, No credit, bukan deposito, bukan obligasi, bukan P2P lending, 100% legit ] ( 2023 )

Ada banyak pembahasan artikel diluar sana tentang pengertian staking. 

Tetapi di blog sederhana kali ini di dedikasikan khusus buat teman teman terutama kepada para pemula crypto yang kebingungan dan sulit memahami dan lagi stress bagaimana sih cara kerja skema staking dapat berjalan dengan lancar.

Ok, mudahnya sih seperti mirip cara kerja deposito di bank atau obligasi ( surat utang ). 

Tetapi kali ini menggunakan mata uang digital cryptoccurency. Namun disebut staking. 

Staking itu tidak butuh surat utang, tidak butuh bunga deposito. Melainkan disebut 'REWARDS'. 

Diluaran sana ada banyak banget mata uang digital atau token yang dapat di staking. 

Afrid fransisco tidak memberikan rekomendasi jenis uang apa yang harus di staking pada artikel kali ini. Teman teman bisa searching sendiri di Google atau di website alamat ini ( coinmarketcap.com ), 

Karena ada banyak banget jenis crypto atau token yang dapat di staking. Dan karena masing masing punya aturan main sendiri, definisi arti sendiri dan tata kelola sendiri berdasarkan keputusan mereka masing masing. Sehingga staking yang satu dengan staking yang lain dapat memiliki perbedaan sendiri sendiri yang signifikan. 

Ada pihak yang mewajibkan staking di mulai dari minimal $ 1.000. Tetapi ada juga pihak yang memperbolehkan staking di mulai dari $ 1. 

Ada pihak yang memberi rewards sebesar 10% per tahun. 

Ada juga pihak yang memberi rewards sebesar 20% per tahun. 

Tentu saja karena staking juga punya resiko tersendiri. 

Kali ini, saya memberi contoh staking pada mata uang CTH ( CTH adalah singkatan dari contoh ). 

Ini cuma contoh saja ya. 

Yuk, mari kita mulai. 

Apa itu staking CTH [ Cara melipagandakan uang digital hingga 21% per tahun hanya dengan modal $ 1 ]. 

Untuk memulai staking CTH, teman teman wajib punya dompet wallet digital. 

Download wallet CTH terlebih dahulu. 

Jika belum punya mata uang CTH. Maka dapat kunjungi bursa cryptocurrency ( Misalnya seperti Indodax.com ). Misalnya CTH dapat dibeli menggunakan uang rupiah, bitcoin, ethereum, USDT, dll sebagainya. Lalu transfer uang CTH tersebut ke dompet wallet CTH. 

Di dalam dompet wallet CTH. Klik staking atau stake. 

Misalkan teman teman sudah membeli CTH 100. 

Baca peraturan yang ada terlebih dahulu untuk melakukan proses stake. 

Misalkan tertulis aturannya seperti ini : [ saya ambil contoh untuk studi kasus staking milik saya ] 

APY 21% 

MULTIPLIER

Artinya adalah 

Jika teman teman staking CTH 100 selama 1 tahun maka mendapatkan rewards hadiah CTH 21. Maka setelah jangka waktu 1 tahun menghasilkan CTH 121. Jika setuju untuk mengklik MULTIPLIER. Maka uang CTH digabung secara otomatis oleh sistem untuk digulung lagi agar mendapatkan rewards yang lebih banyak. 

Pada kasus saya, hanya ada 1 pilihan APY 21%. Tidak ada pilihan lain. 

********** ############### **************

Saat teman teman melakukan proses staking. Uang digital tersebut bakal dikunci oleh sistem ke liquidty sehingga anda tidak dapat menggunakannya hingga jangka waktu yang telah ditentukan. 

Jadi untuk mendapatkan rewards. Maka bersabarlah hingga batas jangka waktu selesai. 

Namun jika dalam kondisi terpepet, pengen mengambil uang digital CTH padahal waktu belum selesai. Maka rewards bakal hangus total.

Tantangan dan resiko staking. 

Kunci sukses untuk staking yaitu memilih jenis mata uang crypto yang tepat dimana grafik harga dan marketcap selalu naik meningkat pesat dari hari ke hari, bukan menurun apalagi naik turun. 

Percuma saja jika ada staking yang menawarkan rewards APY 21%. Tapi mata uang crypto tersebut dari hari ke hari makin menurun, sehingga hadiah rewards menjadi sia sia. Udah lama menunggu dengan sabar, tetapi harga sandaran mata uangnya anjlok. 

Pada dasarnya skema staking yaitu melipatgandakan uang digital anda dengan persentase yang telah di tentukan dalam jangka waktu yang juga telah ditentukan. 

Disini prinsip staking walaupun menyerupai deposito dan obligasi. Tetapi pada hakekatnya berbeda jauh. Karena staking berbasis teknologi blockchain. Skema stake demi memastikan jalannya kelancaran protokol tersebut agar jaringan dapat berjalan di internet dengan baik, mulus dan lancar. 

Oleh sebab itu, harus ada seseorang atau anda yang melakukan staking dengan mengunci uang digital anda selama jangka waktu yang telah ditetapkan hingga selesai untuk memberikan umpan kepada inti sistem mata uang digital tersebut yang nantinya anda dihadiahi oleh kelipatan percetakan uang baru sebesar antara 10% - 21% per tahun. 

Tanpa staking, maka mata uang tersebut tidak dapat berjalan atau beroperasi mulus di internet karena nilai dan jaringannya nanti bakal drop dengan cepat. Oleh sebab itu, staking dibutuhkan oleh sistem.  

Ada orang diluaran sana juga menyebut staking adalah mining ( nambang ). Jawaban tersebut keliru banget ya karena staking adalah staking. Bukan menambang PoW seperti bitcoin. 

Ada orang diluaran sana juga menyebut staking adalah mirip seperti P2P Lending. Ya, seperti yang diutarakan di atas, P2P lending emang ngga jauh jauh mirip seperti deposito dan obligasi. Tapi menurut aku, staking bukan P2P lending, staking bukan deposito, staking bukan obligasi. Karena distaking uang digital anda bukan diberikan kepada pihak orang lain untuk mendapatkan imbal hasil berupa bunga. Cara kerja staking bukan seperti itu, tetapi uang dari staking diberikan masuk ke liquidty agar dikunci ke jaringan sistem teknologi blockchain. Mirip seperti dikunci ke brankas online dan lalu divalidasi oleh algoritma teknologi dan juga dicap stempel waktunya berdasarkan real waktu nyata & real identitas penggunaan crypto nyata.  

Semua proses staking yang berjalan di internet itu dilakukan 100% oleh sistem secara terdesentralisasi. 

Staking 100% telah terbukti legit. 

Staking merupakan salah satu cara meraih passive income. 

Terutama pastikan terlebih dahulu jenis mata uang digital yang dipilih terpercaya dan memiliki trend selalu naik dari waktu ke waktu. 

Seperti pembahasan diatas, saya tidak memberikan rekomendasi jenis mata uang digital untuk distaking. Itu tergantung pilihan masing masing orang ya. Setiap aturan main staking juga berbeda beda. Staking dapat membuat orang menjadi kaya raya, tetapi disisi lain jika salah pilih mata uangnya maka malahan staking membuat orang menjadi miskin dan juga rugi waktu.  

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post