Langsung ke konten utama

Rusia Kornet : Rudal paling kuat dan mematikan milik Hamas Gaza Palestina dan bagaimana Israel IDF menghadapinya ( 2023 )

Serangan kejut yang dilakukan oleh 2.000 terorist Hamas bersenjatakan AK47 & RPG dibantu oleh kurang lebih +10.000 rombongan rakyat sipil Palestina di Gaza dengan masing masing orang orang membawa parang, kapak, pisau, batu dan ketapel. 

Pada pagi hari tanggal 7 Oktober 2023. 

Terorist orang orang Gaza ini berhasil menjebol, merobohkan, merusak dan menghancurkan tembok pagar keamanan perbatasan Israel.

Kemudian terorist lalu merengsek masuk membunuh 1.400 warga sipil Israel, membunuh  180 tentara & polisi IDF yang berjaga jaga patroli diperbatasan, menculik 220 beberapa diantaranya, menghancurkan 3 unit helikopter, menghancurkan 20 unit tank yang sedang diam parkir dan merusak puluhan mobil tempur yang dalam kondisi terparkir.

Intelijen Mossad asal Israel telah mengakui bertanggung jawab atas kegagalan deteksi awal serangan mendadak yang tak terduga tersebut tidak dapat diprediksi atau gagal diprediksi. 

Benjamin netanyahu, pemimpin tertinggi #1 di Israel kemudian dengan tegas menyatakan perang dan memutuskan perintah kepada militer IDF untuk melakukan serangan udara dan darat balasan ke sarang terorist Hamas di Gaza. 

Foto : Terorist Hamas dan Kornet made by Rusia

Rusia Kornet : Rudal paling kuat dan mematikan milik Hamas Gaza Palestina dan bagaimana Israel menghadapinya ( 2023 )

Untuk melakukan serangan darat, selain menghadapi tantangan terowongan, sniper, mortir dan rentetan tembakan senapan api dari gedung yang bertingkat tinggi tanpa diketahui dimana musuh akan bersembunyi dan menembak. 

Tantangan lainnya yang harus dihadapi oleh tentara IDF ketika saat melawan Hamas yaitu adanya senjata Kornet. 

Kornet adalah senjata buatan Rusia. Ini memiliki kode 9M133M. 

Rudal Kornet sebenarnya bukan sesuatu yang asing bagi tentara IDF. Pada tahun 2006, Tentara Israel pernah merasakan betapa mengerikan rudal buatan Rusia tersebut. Sebanyak 52 tank Merkava dan tank Namer milik Israel telah menjadi tumbal dari keganasan Kornet. 

Perusahaan teknologi Israel berusaha untuk menciptakan baja armor tank yang paling canggih. Tetapi hingga detik ini, tidak ada satu pun jenis bahan material lapis baja apapun yang mampu menahan amukan Kornet. Semuanya bakalan ditembus menjadi gosong. Apalagi jika tidak punya sistem pertahanan aktif seperti Iron Fist dan Trophy. Maka itu jadi sasaran empuk Kornet dan tentu saja berakhir menjadi gosong. 

Kornet memiliki berat hulu ledak 4,5 kilogram dan mampu menembak sejauh 5 km. 

Target utama Kornet yaitu tank. 

Tetapi dapat juga digunakan untuk menembak helikopter yang terbang rendah dan sedang bergerak lambat.

Target yang tidak boleh ditembak oleh rudal Kornet adalah warga sipil yang sedang ibadah sholat. Ups itu terlarang untuk ditembak ya. Nanti kena hukum kemanusiaan hati nurani PBB.  

Sistem pemandu utama kornet yaitu menggunakan sinar laser. Caranya yaitu sebelum menembak. Terorist atau operator harus membidik laser ke arah tank terlebih dahulu melalui pancaran laser via transmisi teleskop yang telah tersedia dengan dudukan tripod.

Lalu rudal kornet ditembak dari jarak sejauh 5 km. Di udara, manuver kornet bergerak berputar putar lalu menghantam tank yang dibidik oleh laser. Dan bom, lalu kembang api menyala meledak ledak.  

Foto : Terorist Hamas dan Kornet made by Rusia

Karena Israel sudah berpengalaman dengan rudal kornet. 

Ada 2 cara untuk menghadapinya. Yaitu

1]. Asap

Untuk melawan rudal kornet karena dipandu oleh laser. Maka jawabannya yaitu menggunakan asap. 

Pada hakekatnya, kornet hanya menuntun laser yang berpancaran tegak lurus. Kornet sesungguhnya tidak tahu cara bermanucer agar mampu menembak tepat sasaran, karena senjata ini sepenuhnya hanya mengandalkan tuntunan laser saja. Oleh sebab itu, maka kabut asap dapat mengganggu laser untuk menutupi tank dari pancaran laser. Ketika kru tank mengetahui sedang ada rudal kornet yang datang. Maka dalam sekian detik, asap dilepas untuk mengganggu pandangan laser. Pada saat yang bersamaan juga kru tank harus tancap gas agar posisi tank berubah tempat dari posisi awal sehingga diharapkan rudal kornet meleset karena seluruh perjalanannya di udara terganggu oleh asap. Untungnya, hingga detik ini, pihak pabrikan Rusia Rostec belum menyediakan sistem perlindungan kornet menggunakan masker anti asap. Jadi kornet masih bisa dikelabui dengan asap hingga saat ini.  

2]. APS ( Active Protection System ). 

Teknologi Ironfist buatan Elbit System dan Trophy buatan Rafael Advanced Defense System.

Paling tidak teknologi ini dapat menahan dan meredam terjangan dari rudal Kornet.

Kalisky dari Israel mengatakan : 

Pertama ada sistem Trophy buatan Rafael yang dapat mendeteksi ancaman dari rudal anti tank secara realtime dan menghancurkannya sebelum mengenai target yang dilindungi. Ini adalah proyektif bersifat eksplosif untuk menetralisir rudal tersebut. Sahutnya. 

Ketika ditelpon dan ditanya ke pihak Rusia, kenapa rudal kornet bisa ada di tangan terorist Hamas. 

Pihak pejabat Rusia mengklaim belum pernah menjual senjata ke Hamas karena mereka tidak punya duit untuk membelinya. Ingat ada uang ada barang. kalau mau beli senjata harus ada duit. Tetapi Rusia mengakui telah menjual banyak stock senjata kornet ke pihak Suriah, Iran dan negara negara lainnya. Jadi tanya balik saja ke mereka, kok tanya saya.

Foto : Pejabat IDF mengunjungi pabrik pembuatan tank Merkava, tank Eitan dan tank Namer di Israel untuk melihat dan menilai pasokan stock pembaharuan persediaan tank baru semasa perang darat melawan terorist Hamas yang bersenjatakan rudal kornet

Yehoshua dari Israel berbicara tentang rudal Kornet mengatakan : 

Ini adalah senjata yang mematikan dan saya yakin ini adalah senjata paling kuat, paling berbahaya yang dimiliki oleh Hamas untuk pasukan kami dan tank kami. Kami kini memang memiliki teknologi untuk melawannya. Tetapi tetap harus waspada dan jangan meremehkan musuh. Sahutnya. 

Catatan : 

NB : Sebagai tambahan informasi. Pihak Rusia melansir pembaharuan teknologi rudal Kornet dari varian 5 km menjadi versi varian tembak 8 km yang ditingkatkan dan ukuran tripod + laser yang lebih ringan dan lebih canggih.  

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.

Related Post