Lompat ke konten Lompat ke footer

13 cara kerja pemerintahan negara menghasilkan uang APBN, pengertian berserta contoh ( 2023 )

Banyak adik adik dari sekolah menengah atas ( SMA ) dan adik adik mahasiswa/i dari universitas bertanya tanya....? 

Tentang bagaimana sih cara kerja sebuah negara dapat menghasilkan pendapatan & penghasilan yang terangkum ke dalam bentuk APBN.

Sebab dalam APBN sesungguhnya terdapat banyak informasi mengenai bagaimana seorang presiden dapat membantu menentukan kebijakan yang tepat berdasarkan persentase alokasi di berbagai masing masing kementerian. 

Pada hakekatnya. Jika dirangkum maka ada 4 model cara pemerintahan negara menghasilkan uang :

Yaitu : 

1]. Pajak

2]. PBNP ( pendapatan negara bukan pajak atau disebut juga penerimaan negara non-pajak )

3]. SWF. 

4]. Utang

Di Indonesia. Menurut data dari BPS. Total APBN di Indonesia pada tahun 2022 mencapai Rp 1.924 triliun dimana diketahui sebanyak 79% sumber pendapatan APBN tersebut berasal dari pungutan pajak.

Membahas tentang pajak, terdiri lagi dari berbagai macam jenis yang nanti kita bahas di bawah ya. 

Pada intinya, semua uang yang didapat oleh negara kemudian disetor, dikumpulkan, dihimpun dan ditransfer ke kementerian ekonomi & keuangan untuk ditindak lanjuti dalam akumulasi hitungan keuangan per tahun.  

Kalau di Indonesia seluruh pendapatan uang negara itu ditransfer oleh ASN/PPPK ke sang mahadewi Sri mulyani. Tetapi kalau di negara lain itu pertama tama harus ditransfer ke Presiden terlebih dahulu melalui bawahan lembaga khusus terkait untuk perencanaan ekonomi keuangan berdasarkan kebijakan presiden yang berkuasa mutlak, bukan terlebih dahulu di transfer ke kementerian. Di Indonesia skemanya memang agak terbalik dan berbeda.

Kalau di Indonesia uang negara ditransfer ke Sri Mulyani, di luar negeri uang pertama tama ditransfer ke Presiden. Di Indonesia malah uang negara dikirim ke Sri Mulyani. Kebalik, seharusnya yang benar yaitu dari presiden ke Sri Mulyani. 

Jadi jika suatu saat anda sering melihat kesibukan ASN/PPPK dan dirjen pajak sedang berlari lari  mengejar dan menghampiri Sri Mulyani. Itu sebenarnya mereka sedang menyerahkan hasil kerja keras mereka memugut setoran pajak. Wkwkw wkwkwkkw...., 

Jadi yuk daripada berlama lama. Langsung saja ya.   

1]. Pajak penghasilan individu

Ini terlacak dalam bentuk tanda pengenal NPWP ( nomor pokok wajib pajak ) yang dibebankan kepada masing masing seorang individu yang memiliki besaran pungutan pajak berbeda beda. 

Contoh : 

Anda bekerja disebuah perusahaan A dan diwajibkan memiliki NPWP. 

Setiap bulan anda di gaji oleh perusahaan A sebesar Rp 50.000.000 juta perbulan. Misalkan anda dikenai pungutan pajak 20% per bulan. Maka melalui NPWP. Uang gaji anda dikurangi Rp 10.000.000 juta rupiah per bulan untuk disetor ke pemerintah secara otomatis melalui NPWP online. 

2]. Pajak tarif penghasilan UKM dan Company 

Berdasarkan undang undang pasal 17 ayat (2) tentang tarif pajak untuk perusahaan ( company ) dikenakan biaya sebesar 22%. Perusahaan dibedakan lagi menjadi 2 yaitu perusahaan swasta dalam negeri dan perusahaan swasta internasional yang beroperasi di sebuah negara. Pemungutan pajak ini berasal dari omset keuntungan pendapatan perusahaan setiap bulan. 

Contoh : 

Perusahaan B beroperasi di Indonesia menghasilkan pendapatan laba keuntungan per bulan sebesar Rp 100.000.000.000 miliar rupiah. Maka berdasarkan Undang Undang perpajakan maka perusahaan B wajib setiap bulan menyetor uang pajak sebesar 22% ke pemerintah Indonesia sebesar Rp 22 miliar rupiah perbulan. 

3]. Pajak parkir

Pajak parkir adalah pungutan pajak yang langsung diambil oleh pemerintah secara perorangan melalui petugas parkir resmi atas tempat parkir. Entah itu kendaraan motor, mobil, bus dan truck. 

4]. Tarif pajak bea masuk ( impor )

Bea masuk adalah pungutan sebuah negara yang dikenakan terhadap barang impor dari negara lain. 

Contoh : 

Negara China mengimpor sebuah produk asal Amerika Serikat. Atau Amerika Serikat hendak menjual sebuah produk ke rakyat orang orang China. 

Dengan dikenakan biaya tarif 30% per produk oleh pemerintah partai komunis China. Maka di setiap bandara & pelabuhan kargo di China, produk asal Amerika Serikat langsung dikenai tarif pajak.

Misalkan produk tersebut berharga Rp 100.000 ribu rupiah. Maka pemerintah China meningkatkan harga jualnya ke rakyat China menjadi Rp 130.000 ribu per produk. Akibatnya produk Amerika Serikat tidak laku dan tidak laris dipasaran market China karena tarif pajak kemahalan. 

Dan setiap keuntungan penjualan sebesar 30% atau Rp 30.000 disetor langsung ke pemerintah China sebagai pajak bea masuk impor. 

Namun berhati hatilah mengenakan tarif pajak bea masuk impor ke dari dan ke negara lain. Karena ini dapat dianggap sebagai tarif perdagangan yang tidak adil. Mantan presiden Donald Trump menyebut China bermain tidak adil terhadap tarif impor tersebut sehingga terbukti dapat memicu kemarahan, perselisihan, perang dagang bahkan peperangan real. 

Apalagi jika Amerika Serikat hanya mengenakan tarif pajak 10% per produk buatan China yang masuk dari China ke AS. Maka jelas jelas perbuatan yang dilakukan oleh China terbukti tidak adil. Oleh sebab itu, mengapa pada tahun 2018 presiden Donald Trump memutuskan perang dagang melawan China. Karena China memberlakukan tarif pajak impor terlampau ketinggian ke setiap produk AS yang merugikan pihak Amerika Serikat. 

Seorang presiden dari negara manapun harus jeli dan harus adil mengenai kebijakan tarif pajak bea masuk ( impor ) karena terbukti menyebabkan perang. 

5]. Tarif pajak bea keluar ( ekspor )

Tarif pajak bea keluar ( ekspor ) merupakan kebalikan dari tarif pajak impor. 

Namun berhati hatilah pulalah mengenakan tarif pajak bea keluar ( ekspor ).

Jika kebijakan presiden yang menetapkan harga tarif pajak bea keluar ekspor terlampau tinggi per produk sebuah barang dan jasa. Maka itu dapat menyebabkan kematian UKM secara perlahan lahan dan menyebabkan kematian bagi perusahaan indusri dalam negeri menjadi mati suri. Dampaknya dirasakan kemudian ke masyarakat lokal. 

Tarif bea keluar seharusnya tidak perlu diberlakukan karena itu dapat menyebabkan pelemahan ekonomi makro di dalam negeri. 

Contoh negara yang tidak mengenakan tarif pajak bea keluar adalah Israel. Sehingga memungkinkan UKM lokal di Israel dan perusahaan industri di Israel bertumbuh dengan pesat dan bergerak dengan cepat secepat singa melompat. 

Sedangkan negara yang memberlakukan tarif pajak bea keluar ( ekspor ) terbukti menyebabkan kehancuran industri dalam negerinya sendiri, kehancuran UKM nya sendiri akibat kebijakan pemerintah yang tidak hati hati. Indonesia merupakan salah satu negara yang mengenakan pungutan ekspor kepada UKM lokal dan perusahaan dalam negerinya sendiri sehingga produk yang diekspor menjadi kemahalan dan seringkali tidak laku di pasaran luar negeri karena menjadi makin mahal akibat tarif pajak ekspor yang diberlakukan pemerintah memberatkan pengusaha dan entrepreneurnya sendiri.

Ingatlah, tidak ada negara yang dapat naik level jika hanya mengandalkan UKM lokal, UKM lokal dan UKM lokal. Apalagi jika perusahaan industrinya kena tarif pajak ekspor yang tinggi. Dipastikan hancur lebur menuju kebangkrutan negara tersebut akibat pajak. 

6]. Tarif pajak cukai 

Cukai adalah pungutan negara yang dikenakan terhadap produk barang tertentu yang mempunyai sifat, dampak merugikan bagi pengguna dan memiliki karakteristik tersendiri jika dikomsumsi berlebihan membahayakan kesehatan. 

Contoh seperti produk rokok pemicu penyakit kanker, minuman manis pemicu penyakit diabetes dan alkohol pemicu penyakit ginjal. 

Ini wajib kena cukai untuk menyelamatkan masyarakat dari barang atau produk berbahaya.

Di Indonesia. Berdasarkan UU no28/2009. Tarif pajak cukai ditetapkan sebesar 10%. 

Misalhkan anda beli minuman manis Coca Cola seharga Rp 11.000 ribu rupiah per botol. Maka pihak Indomaret atau Alfamart wajib menyetorkan 10% atau sekitar Rp 1.000 ke pemerintah Indonesia dalam bentuk pajak cukai. 

Ini juga berlaku untuk minuman alkohol dan rokok yang sudah disebutkan diatas. 

7]. Tarif pajak progressif barang mewah dan produk mewah

Penjualan produk barang mewah seperti motor, mobil, kolam renang dan apapun yang bersifat barang mewah dikenakan pajak awal penjualan sebesar 40%. Dan setiap tahun orang orang pemilik barang mewah wajib membayar pajak untuk kepemilikan barang mewah tersebut.  

Contoh pemilik mobil wajib bayar Rp 2.000.000 juta rupiah per tahun ke dinas pajak terkait. 

Contoh pemilik motor wajib bayar antara Rp 200.000 ribu rupiah - Rp 300.000 ribu rupiah per tahun ke dinas pajak terkait. ( tergantung jenis motornya ). 

8]. PNBP ( fasilitas dan pelayanan BUMN ]  

PNBP adalah penerimaan negara bukan pajak. Ini dapat pula berasal dari industri BUMN dalam negeri atas fasilitas, produk dan pelayanan. 

Seperti : 

~ Bayar token listrik ke PLN

~ Bayar air ke PAM

~ Bayar jalan tol milik pemerintah

~ Bayar tiket kereta listrik milik pemerintah

~ Bayar tiket bus milik BUMN

~ Bayar penjualan produk barang yang dibuat oleh BUMN. 

~ Bayar tiket masuk pariwisata milik pemerintah

~ Bayar semua produk yang terkait milik BUMN. 

~ Bayar semua biaya yang terkait rumah sakit milik pemerintah

~ Bayar semua biaya yang terkait pendidikan milik pemerintah. 

~ Bayar semua biaya yang terkait administrasi milik pemerintah. 

~ Bayar semua biaya yang terkait BUMN perbankan milik pemerintah. 

Dll sebagainya. 

9]. Investasi SWF 

SWF adalah singkatan dari Sovereign Wealth Fund. 

SWF adalah lembaga milik negara yang mengelola dana investasi di saham, reksadana, obligasi, cryptoccurency, dan ETF. 

Cara kerjanya mirip seperti orang orang banyak berinvestasi di instrument investasi untuk mendapatkan deviden, capital gain dan melakukan trading forex. 

Ya, mirip mirip sama persis seperti anda berinvestasi di bibit.com, pluang.com, indodax.com, dll. Tetapi kali ini yang melakukannya adalah pihak negara.  

Di Indonesia. Manajemen SWF ini disebut Indonesia Investment Authority. 

Namun berhati hatilah mengelola SWF. 

Salah satu negara terbaik mengelola SWF adalah Norwegia yang rutin profit cuan cuan cuan setiap tahunnya karena kehandalan pihak Norwegia mengelola portofolio investasi miliknya. 

Sedangkan negara terburuk mengelola investasi SWF adalah salah satunya yaitu Arab Saudi. Tahun kemaren 2022, SWF Arab Saudi boncos atau rugi $ 15 miliar dolar atau rugi sekitar Rp 225 triliun rupiah karena manajer pihak kerajaan Arab Saudi salah kelola berinvestasi di tempat saham emiten yang salah alias jadinya loss doll.   

Oleh sebab itu, saya sarankan ke pihak manajer Arab Saudi coba belajar ilmu investasi terlebih dahulu dengan pihak perusahaan swasta Blackrock atau ke pihak Norwegia yang dikenal ahli berinvestasi. 

Kalau asal asalan investasi. Pangeran MBS ( Muhammad bin Salman Alu Saud ) bisa nangis darah jika ngelihat status investasi SWFnya bearish terus.

10]. Pajak bumi dan bangunan 

Pajak bumi dan bangunan adalah pajak yang dibebankan kepada seseorang atas tanah, rumah dan bangunan jenis apapun juga dengan cara wajib membayar pajak setiap tahun ke pemerintah ke dinas pajak.  

11]. Sumbangan uang gratis 

Pemerintah juga dapat menghasilkan pendapatan dari sumbangan rakyat maupun sumbangan uang dari negara lain. Namun persentase pada umumnya kecil hanya 1% bahkan kurang. Tergantung dari hubungan bilateral dan relationship politik. 

Contoh negara yang menjadi sekutu Amerika Serikat seringkali mendapatkan sumbangan uang dari pemerintah AS. 

Jadi jika negara anda ingin mendapatkan sumbangan uang dalam jumlah yang lebih besar dari 1%, cobalah untuk membuat hubungan persekutuan yang baik dengan Amerika Serikat. 

Biasannya, pemerintah Amerika Serikat memberikan sumbangan ke setiap negara sekutunya sebesar masing masing diatas $ 1 miliar pertahun atau sekitar Rp 15 triliun rupiah pertahun. Enak toh..., uang gratis. Negara lain yang tidak bersekutu dengan AS bakal dijamin iri hati. Makanya berteman baiklah dengan Amerika Serikat untuk mendapatkan zakat. he he...,   

12]. Pajak nonton di bioskop, karoake, konser musik, diskotik klub malam ( DJ ), acara balapan motor mobil, acara live olahraga lainnya, restoran, hotel, penginapan dan rumah prostitusi wik wik wik legal. 

Pajak ini dibayar secara langsung terintegrasi ke tiket atau karcis untuk anda masuk yang nanti pihak pengelola membayar tagihan setoran tersebut ke dinas pemerintah terkait. 

Tiap negara tarifnya berbeda beda. Mulai dari 10% - 25% dari harga tiket atau harga karcis masuk layanan. 

13]. Utang

Pemerintah juga dapat menghasilkan pendapatan untuk membiayai keperluaan menutupi defisit APBN dari utang. Dengan cara mengeluarkan surat utang berharga atau disebut juga obligasi. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.