Langsung ke konten utama

Israel Cyberark akuisisi perusahaan Amerika Serikat Venafi senilai $ 1,5 miliar dolar atau Rp 24 triliun rupiah [ teknologi identitas mesin pasca computer quantum di era cryptography ] ( 2024 )

Cyberark, perusahaan teknologi asal Israel mengumumkan kepada pubik internasional, investor atau stakeholder terkait bahwa telah secara resmi menandatangani perjanjian akuisisi kepada perusahaan Venafi setelah menjalani pembicaraan selama beberapa bulan. 

Akuisisi perusahaan Venafi penting untuk memberikan perluasaan diversifikasi portofolio yang beragam dan perpaduan pertumbuhan bisnis menuju ke next level berikutnya secara signifikan dan agar dapat meningkatkan nilai bisnis Cyberark ke pasar dunia internasional dari semula $ 10 miliar di harapkan pada tahun mendatang 2030 meningkat menjadi $ 60 miliar dolar. 

Dari hari ke hari transformasi digital, adopsi AI dan migrasi cloud computing terus menerus bertumbuh melebihi jumlah populasi umat manusia yang ada di planet bumi. 

1 orang individu bahkan dapat memiliki hubungan interaksi dengan 40 jenis mesin atau alat berbeda dari berbagai macam produk. Seperti smartphone, laptop, mobil, kulkas, alat kehadiran absen, aneka produk smarthome di rumah dan lain lain sebagainya. Sehingga meningkatnya jumlah identitas mesin berarti juga meningkatkan workload, code, aplikasi, perangkat IoT dan container.  

Keamanan dan sertifikat identitas mesin diperlukan pada abad modern ini untuk melindungi perangkat, apalagi kehadiran cryptoccurency menjadi sebagai titik langkah awal lalu umat manusia sedang menuju kesiapan teknologi berikutnya yang lebih canggih yaitu 'quantum computing'.  

Perusahaan Venafi memiliki hak paten di bidang teknologi PKI ( Infrastruktur key public ), sertifikat kombinasi machine dan kemampuan menghandle code kriptografi untuk mengatasi penyalahgunaan identitas mesin yang dapat diterapkan sebagai SaaS atau Hybrid. Sehingga memungkinkan mitigasi risiko dari serangan cyber security. 

Cyberark menghargai kecerdikan inovatif dan memandang usaha jerih payah, keringat dan darah dari usaha penelitian dan eksperimen membangun 'teknologi PKI' milik Venafi. Sehingga jajaran tim Cyberark memutuskan pada tahun 2024 untuk mengakuisisi atau memiliki hak paten tersebut dengan membeli sepenuhnya perusahaan Venafi.

Cyberark mengakusisi Venafi senilai $ 1,5 miliar dolar di bayar lunas tanpa utang. 

Tetapi pembayaran dalam 2 bentuk pilihan yaitu :

1]. Uang tunai cash senilai $ 1 miliar dolar atau sekitar Rp 16 triliun rupiah

2]. Peleburan saham senilai $ 540 miliar dolar. 

Setelah akuisisi, Perusahaan Venafi tetap bekerja seperti biasa, petinggi staff & karyawan tidak ada yang diubah, Venafi tetap beroperasi seperti biasa di Amerika Serikat. Tetapi status kini telah berubah menjadi anak dari induk Cyberark yang dikendalikan dari kantor pusatnya di Israel.  

Matt cohen dari Cyberark mengatakan : 

Dengan menggabungkan diri kami kekuatan bersama Venafi. Kami memperluas kemampuan untuk security identitas mesin di dunia pasca quantum yang mengutamakan cloud dan generatif AI. Sahutnya. 

Tentang Cyberark

Cyberark adalah perusahaan teknologi asal Israel yang bergerak dibidang cyber dalam mengamankan dunia dari ancaman sehingga kalangan mitra perusahaan enterprise mampu terus bergerak maju tanpa rasa takut. 

Perusahaan Cyberark turut memiliki kantor cabang di Amerika Serikat. 

Cyberark didirikan oleh 2 founder warga Israel dari lulusan universitas Jerusalem Israel. 

Yaitu Udi mokady dan Alon n cohen.

Udi mokady, berasal dari lulusan hukum dan manajemen. 

Sedangkan Alon n cohen, berasal dari lulusan ilmu komputer di Israel. Pada tahun 1999. Beliau mematenkan dan menciptakan untuk pertama kali di dunia 'Network Vault'. Yaitu sejenis mesin server digital untuk komunikasi wireless tanpa kabel yang menyerupai brankas yang aman. Dan juga mengambilalih teknologi yang disebut  'FileX' yang hingga kini digunakan oleh perusahaan IBM. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.