Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Bisnis Affiliate Bisa Punah di Tahun (2015)

Beberapa hari yg lalu, saya membaca berita di website luar negeri. Saya lupa apa nama websitenya, kalau ngga salah Digital Community. em.., Lupa saya namanya. Soalnya pakai Bahasa Inggris sih.

Kemaren, Cuma iseng iseng aja ngebacanya. Dan sempat saya closein. Pengen nyarinya lagi. Bingung mesti ngetik apa di Google. ngga ketemu juga alamatnya dimana. Tapi beberapa hal. Saya sempat membacanya.

BISNIS AFFILIATE SEMAKIN BURAM DI 2015 KATANYA 
barang+kiriman+dari+amazon.jpeg (490×313)

Ia mengklaim bahwa Bisnis Affiliate bakalan Suram katanya. Bagi anda yg belum tahu. Affiliate adalah Model Business di Mana Anda bisa mendapatkan Imbalan berupa uang, baik dalam bentuk rupiah maupun dolar. Setiap Anda berhasil menjual 1 Product atau Barang melalui Media Internet.

Nah Ada Beberapa Pemain dalam Model ini. Yaitu :

1]. Pemilik Product
2]. Si Afiliasi (Si Pemasar, Marketing atau Pedagang online)
3]. Pembeli.

PERKEMBANGAN INTERNET
Perkembangan Internet berkembang dgn cepat, Penggunaan Smartphone Android ada dimana-mana, semakin mudahnya orang membuat Blog di Blogger atau Wordpress, orang di zaman sekarang juga udah bisa dengan mudah mendaftar di Facebook, Google, atau Instagram. Dan Terhubung ke Jutaan Orang. Hanya melalui Internet.

Bayangin aja ya, di Zaman dulu. Orang susah banget kalau pengen menjual Productnya sendiri. Mesti bekerjasama dengan Pihak ke 2 yang disebut Pedagang yg memiliki Toko. Dulu, bikin Toko-Online tu susah lho. Tapi Zaman sekarang. 5 menit aja udah jadi.

Ibarat 2 Mata Koin. Perkembangan Teknologi memang memiliki sisi Positif yg baik. Dia bisa membantu orang Gaptek bisa punya Blog, bahkan bisa juga punya Toko-Online sendiri. Tapi disisi lain. Juga memiliki sisi negatif. Salah satunya adalah bisa membuat orang orang yg bekerja sebagai Pedagang, Affiliate, Resseler, Dropship, dll. Bisa Kehilangan Pekerjaannya.  

ILUSTRASI :
Di Artikel yg saya baca tersebut. Saya ingat dia bilang kayak gini. Katanya..? Tapi biar lebih mudah aja ya. Saya ilustrasikan seperti ini kepada Anda :

juragan+kapak+dan+pisau.JPG (448×299)

Ada Seorang Kakek A dan kakek B yang memiliki usaha dalam Pembuatan sebuah Product berupa “KAPAK”.

Kakek A. Menjual Kapaknya ke Pelanggan langsung melalui Toko Online Pribadinya. Berhubung sang kakek ternyata bisa membuat Toko Online melalui Wordpress,

Kakek B. Menjual Kapaknya kepada seorang yg disebut Amir. Amir adalah pedagang Toko Online yg piawai dalam Internet Marketing. Nah, si Amir ini ternyata menjual kapaknya lagi ke pembeli melalui Toko Online-nya. Dan untuk mendapatkan keuntungan. Amir menambah selisih harga untuk Tiap Product yg berhasil ia jual.

KAPAK MANA PALING MURAH YA
Menurut Anda. Dari kedua Kakek Tersebut. Yang Mana yg Paling Murah dan menguntungkan Pembeli.

Tentu saja : Si Kakek A.

Karena Si Kakek A. Menjual Product Milik Pribadinya. Langsung kepada Pelanggan Tanpa Melewati Pihak ke 2. Sehingga Kapak yg ia jual kepada Pembeli. Bisa Berharga Murah. Karena ngga ada penambahan biaya lagi ke Pihak ke 2.

********
Maaf, saya ngga bisa sih bikin Ilustrasi Ilustrasi kayak gini. Saya harap anda memahami Tulisan saya ini ya.

MEMBAYANGKAN TAHUN 2015 :
Coba ya anda bayangkan. Apa jadinya ya Jika Semua Orang, Pemilik Produk atau Brand atau Owner Product dari sebuah Merek. Bisa membuat “Toko-Online”-nya sendiri dan bisa menjualnya langsung kepada Pelanggannya dengan harga yg lebih murah.

pasar.jpg (500×319)

Praktis, Pihak Pedagang atau Afiliasi. Kehilangan Pekerjaannya. Karena disisi Harga mereka Kalah Bersaing.

Sebaliknya nih ya, Pihak Pembuat atau Pemilik Produk atau disebut UKM. Malah Happy Happy nih. soalnya mereka bisa punya 2 Pekerjaan sekaligus ya. 



Yaitu membuat produk sendiri dan menjual produknya juga secara sendiri tanpa lagi dibantu oleh Pihak ke 2. Melalui Bantuan Pedagang Canggih nan Otomatis yg wujudnya bukan Manusia. Melainkan sebuah Pedagang canggih yg berwujud MESIN yg kita sebut dengan "INTERNET". Bahkan saat ini, Lagi ngetren. banyak UKM yg minta bantuan Pemasaran melalui sistem canggih yg disebut : GOOGLE ADWORDS dan FACEBOOK ADS

Contoh : Pemilik Produk (UKM) yg sukses saat ini tanpa menggunakan Afiliasi. adalah BRODO (Produknya berupa Sepatu Kasual), FoodPanda (Produknya berupa makanan cepat saji), Berrykitchen (Layanan Makanan Katering Online), dan masih banyak lagi. 

Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU