Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Faktor Pemicu Penyebab Terjadinya Perang (2016)

Menurut Teori Darwin Tentang Evolusi Kehidupan. Manusia Pada Zaman dulu Berasal dari Keturunan “Monyet”. Jadi, Disimpulkan Bahwa Sifat Manusia masih Melekat Erat dengan “Binatang”.

Binatang agar dapat bertahan ‘Hidup’. Mereka Melakukan Sistem Hukum Rimba. Di Mana Binatang yg Kuat Memangsa yg Lemah. Begitu juga dengan Manusia. Memiliki Sifat Dasar Ingin Bertahan Hidup dengan Cara Melakukan Persaingan dengan Manusia yg Lainnya.

Persaingan Biasanya di awali dari 1 Orang Terhadap Orang yg Lain, Lalu Berlanjut ke Persaingan Kelompok Terhadap Kelompok Lainnya. Kemudian Berlanjut Terhadap Persaingan Bangsa melawan Bangsa. Apabila Persaingan Semakin Sengit. Maka Terjadilah Pembunuhan dan Peperangan 


5 Faktor Pemicu Perang
Perang adalah Sebuah Aksi Fisik dan Non Fisik. Terhadap Manusia yg Lainnya. Di Mulai dari Kelompok-Kelompok Lalu ke Bangsa Melawan Bangsa. Awal Mula Perang adalah Dengan Cara Menggunakan Pedang, Tombak, Panah, Racun Biologi dan Melempar Batu.

Tetapi, Di Zaman Sekarang. Teknologi Industri Militer Telah Mengambil Alih dengan Penggunaan Senjata, Artileri, Tank, Rudal, dll. Di Bawah ini Afrid Dendangkan 5 Penyebab Pemicu Peperangan.

1. AGAMA
Foto : Crusader Salib
Sudah Ngga Terbantahkan Lagi ya. AGAMA adalah Salah Satu Faktor Pemicu Terjadinya Perang. Dalam Sejarah. Pada Abad ke 13. Pernah Terjadi Perang Salib antara Kristen dan Islam. Pemicunya adalah Agama.

Begitu juga Terhadap Kristen. Berperang Terhadap Agamanya sendiri Kristen Protestan VS Kristen Katholik. Hal ini Terjadi Pada Tahun 1618-1648 di Eropa. Yang Menyebabkan Seperempat Orang Eropa Tewas. Peperangan ini Berhenti Tak Kala diikralkan Perjanjian Damai yg disebut Westfalen.

Di Agama Islam juga ada yg Saling Membunuh Terhadap Sesama Muslim. Yaitu Islam Sunni dan Islam Syiah. Faktor Penyebabnya adalah Karena Perbedaan Agama.


Peperangan SYIAH VS SUNNI Sudah Terjadi di Mulai Pada Tahun 680. Perang Pertamanya di Tempat yg disebut Pertempuran Karbala.

Hingga Tahun 2016. SYIAH VS SUNNI Masih Tegang. Contohnya antara Iran Syiah VS Arab Saudi Sunni, dan Houthi Syiah VS Koalisi Islam Sunni dan Bashar Al Assad Syiah VS Pemberontak Suriah Sunni. Di Afrika. Tanggal 24 Desember 2015. Telah Terjadi Pembantaian 300 Kaum Islam Syiah Tewas di Bantai Orang-Orang Sunni.

2. Politik Haus Menguasai Pemerintahan
Foto : GAM
Biasanya dalam Hal yg Kecil disebut : “SEPARATISME”. Contoh di Indonesia Pernah Terjadi di Timor Leste yang Telah Memerdekan dirinya dari Indonesia membentuk Negara Baru. Begitu juga di Aceh. Yaitu Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan di Papua yang disebut OPM. (Organisasi Papua Merdeka) yang Ingin Melepaskan dirinya dari Indonesia dan Menjadikan Negara Papua Merdeka.

Untuk Skala Internasional. Ada Amerika Serikat yang Menyerang Negara Lain untuk Mengambil Alih Kekuasaan, Politik, dan Pemerintahan menjadi Berada di Bawah Kontrol Demokrasinya.

Contoh : AS menyerang Afghanistan untuk menghancurkan Al-Qaedah yg Berkuasa untuk membangun Ulang Pemerintahan Afghanistan dibawah Kontrol Demokrasi Undang-Undang AS. Begitu juga AS, menyerang Irak. Untuk menghancurkan Pemerintahan Saddam Hussein dan membangun Pemerintahan Irak agar dibawah Politik Kontrolnya.

3. Wilayah
Kasus Paling Terkenal Karena Pertikaian berebut WILAYAH adalah Palestina dan Israel.

Negara yang sama-sama Berdalih Wilayahnya adalah Tempat Nenek Moyang Mereka. Israel menyatakan ini Wilayahnya, Palestina juga menyatakan ini Wilayahnya. Jadi Saling Beratem ya mereka karena ngga ada yg ingin mengalah.

4. SDA : Minyak, Gas dan Tanaman
Pada Poin #4 Indonesia Pernah Merasakan Pahitnya Perang akibat di Jajah oleh Belanda selama 350 Tahun. Penyebabnya adalah Karena “TANAMAN”. Ya, Anda ngga salah baca. TANAMAN seperti Cengkih, Kayu Manis, Lada, Ketumbar, Kemiri, Kapulaga, Jahe, Kencur, Asam Jawa, Teh dan Kopi. Membuat Indonesia di Jajah oleh Belanda.

Dalam Bahasa Belanda disebut CULTUURSTELSEL. Yang artinya Sistem Tanam Paksa. Memaksa Orang-Orang Indonesia Bekerja rodi untuk Bertanam dibawah Siksaan.

Artikel Lainnya :

5. IDEOLOGI
Foto : NAZI
Terakhir adalah Ideologi. Contohnya Seperti NAZI, Korea Utara, dan ISIS.

Orang yg ngga sama seperti dirinya dianggap Musuh. Beberapa Ideologi ada juga yg agak Ekstrim. Bahwa Membunuh Orang maka akan Masuk Surga. GBU